Tarif Pendanaan Kripto 2023: Memahami Dampaknya terhadap Perdagangan dan Mengapa Penting

Pahami seluk-beluk tarif pendanaan kripto dan bagaimana pengaruhnya terhadap strategi perdagangan pada tahun 2023 — ditambah tarif baru untuk Crypto.com Exchange.

Aug 10, 2023
|

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Tingkat pendanaan di pasar kripto memainkan peran penting dalam menjaga keselarasan antara kontrak berjangka abadi dan harga aset dasar.
  • Dengan memberikan insentif pada perilaku perdagangan tertentu, tingkat pendanaan membantu menyatukan harga kontrak abadi dengan harga spot aset.
  • Memahami tingkat pendanaan dapat memberikan wawasan tentang sentimen trader dan membantu membuat keputusan perdagangan yang tepat.
  • Mendanai arbitrase dan memanfaatkan perbedaan tingkat pendanaan di seluruh bursa dapat menawarkan strategi berisiko rendah untuk menghasilkan keuntungan.
  • Meskipun tingkat pendanaan adalah alat yang berharga, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor dan melakukan analisis menyeluruh sebelum membuat keputusan perdagangan.

Berapa Tarif Pendanaan?

Pembayaran pendanaan adalah mekanisme yang digunakan dalam kontrak berjangka abadi untuk mendorong harga pokok kontrak abadi agar selaras dengan harga indeks yang mendasarinya. Ketika tingkat pendanaan positif, pemegang posisi long membayar pendanaan kepada pemegang posisi short . Ketika tingkat pendanaan negatif, pemegang posisi short membayar pendanaan kepada pemegang posisi long.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai pembayaran pendanaan, perhitungan, dan waktu penyelesaian, silakan kunjungi halaman FAQ kami .

Bagaimana Cara Kerja Tarif Pendanaan?

Tingkat pendanaan mengharuskan satu pihak membayar sedikit biaya kepada pihak lain. Mekanisme spesifik tingkat pendanaan mungkin berbeda-beda di setiap bursa, namun prinsip umumnya tetap sama. Mari kita pertimbangkan skenario di mana harga kontrak berjangka abadi diperdagangkan di atas harga spot aset dasar.

Dalam hal ini, tingkat pendanaan disesuaikan untuk memberi insentif pada penjualan atau penutupan posisi buy, dimana trader yang memegang posisi long pada kontrak abadi harus membayar biaya pendanaan kepada trader yang memegang posisi short. Biaya pendanaan umumnya merupakan persentase kecil dari ukuran posisi, dihitung secara berkala, misalnya setiap delapan jam.

Sebaliknya, jika harga kontrak abadi perlu disesuaikan ke bawah, tingkat pendanaan memberikan insentif untuk membeli atau menutup posisi short, di mana pemegang posisi short harus membayar biaya pendanaan kepada pemegang posisi long. Dengan menerapkan tingkat pendanaan dengan cara ini, bursa bertujuan untuk mempersempit kesenjangan antara harga kontrak abadi dan harga spot aset.

Signifikansi Tingkat Pendanaan dalam Perdagangan

Memahami tingkat pendanaan memberikan wawasan berharga mengenai sentimen trader dan dinamika pasar. Tingkat pendanaan yang tinggi sering kali menunjukkan minat yang tinggi terhadap perdagangan jangka panjang pada leverage, yang menunjukkan sentimen pasar yang bullish . Sebaliknya, tingkat pendanaan yang rendah atau negatif menunjukkan posisi short yang ramai dan sentimen pasar yang bearish . Dengan memantau tingkat pendanaan, pedagang dapat mengukur sentimen yang ada dan berpotensi menggunakannya sebagai faktor dalam mengidentifikasi peluang perdagangan.

Memanfaatkan Tingkat Pendanaan sebagai Indikator

Untuk menggunakan tingkat pendanaan sebagai indikator secara efektif, penting untuk memahami hubungannya dengan tren pasar dan pergerakan harga. Meskipun tingkat pendanaan memberikan wawasan mengenai sentimen, penting untuk menganalisisnya bersama dengan indikator lain untuk memvalidasi keputusan perdagangan.

Di bawah ini adalah lembar contekan untuk membantu pedagang menafsirkan tingkat pendanaan:

  • Tingkat pendanaan tinggi dengan kenaikan harga: Skenario ini menunjukkan perdagangan panjang yang ramai dan mungkin mengindikasikan potensi pembalikan atau koreksi di pasar.
  • Menurunnya tingkat pendanaan seiring dengan kenaikan harga: Situasi ini mungkin mengindikasikan bahwa mayoritas investor menentang kenaikan harga.
  • Tingkat pendanaan rendah atau negatif dengan harga yang turun: Hal ini menunjukkan perdagangan pendek yang ramai dan mungkin mengindikasikan potensi pembalikan atau koreksi di pasar.

Penting untuk dicatat bahwa tingkat pendanaan tidak boleh menjadi satu-satunya faktor yang memandu keputusan perdagangan. Meskipun indikator ini dapat berfungsi sebagai indikator sentimen, hanya mengandalkan tingkat pendanaan mungkin tidak memberikan hasil yang konsisten. Penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor — seperti analisis teknis , tren pasar, dan indikator fundamental — sebelum membuat keputusan perdagangan.

Tarif Pendanaan di Crypto.com

Untuk mendorong besarnya tingkat pendanaan, Crypto.com Exchange meluncurkan mekanisme tingkat pendanaan baru pada Juli 2023. Perhitungan baru ini memberikan besaran tingkat pendanaan yang lebih bermakna. Meskipun diperkenalkan oleh sebagian besar bursa kripto, publikasi tingkat pendanaan Crypto.com versus jadwal pembayaran bersifat unik: mekanismenya memberikan prediktabilitas tingkat penyelesaian pendanaan sekaligus menciptakan insentif arbitrase.

Perubahan Penting

Tingkat Pendanaan Baru
Interval Tingkat PendanaanDiterbitkan setiap empat jam
Tingkat Pendanaan = Rata-rata Tingkat Premi
Penyelesaian PendanaanPenyelesaian setiap jam: Di akhir setiap empat jam berikutnya
Pembayaran Pendanaan = Tingkat Pendanaan / 4 * Nilai Posisi (USD)
Interval Tingkat Pendanaan
Tingkat Pendanaan BaruDiterbitkan setiap empat jam
Tingkat Pendanaan = Rata-rata Tingkat Premi
Penyelesaian Pendanaan
Tingkat Pendanaan BaruPenyelesaian setiap jam: Di akhir setiap empat jam berikutnya
Pembayaran Pendanaan = Tingkat Pendanaan / 4 * Nilai Posisi (USD)
Interval Perhitungan Tingkat Pendanaan: 00:00–04:00, 04:00–08:00, 08:00–12:00, 12:00–16:00, 16:00–20:00, 20:00– 00.00 UTC

Mulai 31 Juli 2023, 08:00 UTC, pengguna yang memenuhi syarat untuk memperdagangkan derivatif akan melihat indikator berikut di halaman Perdagangan :

  • Pendanaan Saat Ini:
    • Tingkat pendanaan per jam (dihitung dari interval sebelumnya) yang ditetapkan pada akhir setiap jam dari interval empat jam akan ditampilkan. Misalnya, jika kita sekarang berada dalam interval 00:00–04:00 UTC, kurs yang sama yang ditampilkan akan digunakan untuk melakukan penyelesaian pendanaan pada pukul 01:00, 02:00, 03:00, dan 04:00 UTC.
  • Perkiraan Pendanaan Berikutnya:
    • Perkiraan tingkat pembayaran pendanaan per jam pada akhir setiap jam dalam interval empat jam berikutnya ditampilkan (dalam UTC).

Contoh

Dengan asumsi waktu penyelesaian sesi adalah 02:00 UTC, pedagang dengan posisi terbuka di BTCUSD Perpetuals harus menafsirkan indikator pendanaan sebagai berikut:

  • Tingkat Pendanaan Per Jam Saat Ini: -0,00150% (00:00–04:00 UTC)
    • 02:00 UTC termasuk dalam interval 00:00–04:00 UTC. Ini adalah kurs yang sama yang digunakan untuk menyelesaikan pendanaan pada setiap posisi terbuka pada akhir setiap jam dalam interval empat jam ini.
  • Perkiraan Tingkat Pendanaan Berikutnya: -0,0060% (04:00–08:00 UTC)
    • Hal ini tidak berlaku untuk penyelesaian akhir sesi pukul 02:00, karena tarif hanya berlaku selama interval pukul 04:00–08:00 UTC.

Penambahan API

Langganan Websocket Data Pasar berikut tersedia untuk pengguna Crypto.com Exchange API:

  • Pendanaan: {instrument_name}
    • Saluran yang ada yang mengembalikan tarif tetap per jam, yang diselesaikan pada akhir jam.
  • Perkiraan Pendanaan: {instrument_name}
    • Saluran baru yang mengembalikan perkiraan tarif per jam, yang dimulai pada interval berikutnya.

Silakan merujuk ke dokumentasi API untuk detail selengkapnya.

Kesimpulan

Tingkat pendanaan kripto memainkan peran penting dalam menjaga keselarasan antara kontrak berjangka abadi dan harga aset dasar. Dengan memberi insentif pada perilaku perdagangan tertentu, tingkat pendanaan membantu mengarahkan konvergensi harga kontrak dengan harga spot.

Memantau tingkat pendanaan memberikan wawasan berharga mengenai sentimen trader, namun penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor, melakukan analisis menyeluruh, dan menerapkan strategi perdagangan komprehensif untuk mencapai hasil yang konsisten.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dengan Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Bursa Crypto.com, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis untuk Perdagangan Spot dan Perdagangan Margin.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Crypto.com Exchange

cryptocurrencies

funding rates

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens