Bitcoin sebagai Penyimpan Nilai: Perbandingan dengan Emas dan Aset Lainnya

Jelajahi potensi Bitcoin sebagai penyimpan nilai — daya tahan, portabilitas, dan karakteristik lainnya.

Aug 21, 2023
|

Bitcoin Sebagai Penyimpan Nilai Dibandingkan Emas

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Penyimpan nilai adalah aset yang mempertahankan daya belinya dari waktu ke waktu dan dapat dengan mudah ditukar dengan barang lain, seperti mata uang fiat, logam mulia, real estat, dan properti.
  • Penyimpan nilai yang baik harus tahan lama, portabel, sepadan, dapat dibagi, langka, dan dapat diverifikasi.
  • Kelangkaan digital dan sifat desentralisasi Bitcoin telah membuat beberapa orang melihatnya sebagai penyimpan nilai yang menarik.
  • Pelajari bagaimana Bitcoin dibandingkan dengan emas dalam hal daya tahan, portabilitas, dan karakteristik lainnya.

Pendahuluan

Konsep penyimpan nilai telah menjadi aspek penting dalam peradaban manusia selama ribuan tahun. Seiring berkembangnya dunia dan kemajuan teknologi, perbincangan seputar apa yang menjadikan suatu aset sebagai penyimpan nilai yang andal terus berkembang. Munculnya mata uang kripto, khususnya Bitcoin , telah memicu perdebatan mengenai apakah aset digital ini dapat dianggap sebagai penyimpan nilai yang sah.

Artikel ini menyelami karakteristik yang dapat menjadikan Bitcoin sebagai penyimpan nilai potensial dan membandingkannya dengan aset tradisional seperti emas.

Memahami Penyimpanan Nilai

Penyimpan nilai adalah aset yang mempertahankan daya belinya dari waktu ke waktu dan dapat dengan mudah ditukar dengan barang lain. Beberapa penyimpan nilai yang umum termasuk mata uang fiat , logam mulia, real estat, dan properti. Penyimpan nilai yang baik harus tahan lama, portabel, sepadan, dapat dibagi, langka, dan dapat diverifikasi.

Bitcoin sebagai Penyimpan Nilai

Volatilitas Bitcoin dan penggunaan terbatasnya saat ini sebagai alat pertukaran merupakan area yang menjadi perhatian di dunia kripto. Namun, karena merupakan teknologi yang relatif baru namun disruptif, teknologi ini telah menunjukkan potensi sebagai penyimpan nilai. Sifat Bitcoin yang terdesentralisasi, kelangkaan digital, dan aksesibilitas global menjadikannya pilihan menarik bagi mereka yang mencari alternatif terhadap aset tradisional. Berikut adalah beberapa aspek penting untuk dianalisis apakah Bitcoin memiliki potensi sebagai penyimpan nilai:

1. Daya Tahan

Bitcoin , sebagai aset digital, tidak mengalami kerusakan fisik atau degradasi. Ini akan tetap ada selama jaringan terdesentralisasi yang mendukungnya terus beroperasi, sehingga berpotensi menjadikannya penyimpan nilai yang tahan lama.

2. Portabilitas

Tidak seperti emas, yang rumit dan mahal untuk diangkut dan disimpan, bitcoin mudah dibawa-bawa: Bitcoin disimpan secara digital dan dapat dikirim ke seluruh dunia dengan cepat — pilihan yang lebih nyaman bagi banyak pengguna.

3. Kesepadanan dan Keterbagian

Setiap bitcoin dapat dipertukarkan dengan bitcoin lainnya, menjadikannya aset yang sepadan. Selain itu, bitcoin sangat mudah dibagi, masing-masing mampu dibagi hingga 1/100.000.000 unit, yang juga dikenal sebagai satoshi .

4. Kelangkaan

Pasokan Bitcoin dibatasi hingga 21 juta koin, menjadikannya aset yang langka.

5. Verifikasi dan Ketahanan Sensor

Transaksi yang dilakukan menggunakan Bitcoin dicatat pada blockchain publik yang transparan, sehingga mudah diverifikasi. Selain itu, sifat Bitcoin yang terdesentralisasi secara teoritis menyulitkan entitas mana pun untuk mengontrol atau menyensor transaksi — meskipun risiko ini memang ada (misalnya, serangan 51%, di mana sekelompok penambang menguasai lebih dari 50% hashrate penambangan suatu jaringan).

6. Likuiditas dan Utilitas

Likuiditas Bitcoin telah meningkat selama bertahun-tahun dan menjadi lebih mudah diakses oleh pengguna. Meskipun Bitcoin saat ini bukan merupakan alat pembayaran yang sah dan umumnya tidak diterima sebagai metode pembayaran di banyak tempat, beberapa bisnis sudah mulai bereksperimen dengannya.

7. Penyimpan Nilai dalam Sejarah

Emas memiliki sejarah panjang sebagai penyimpan nilai, sejak ribuan tahun yang lalu. Bitcoin, sebaliknya, diciptakan pada tahun 2009 dan memiliki sejarah yang terbatas jika dibandingkan.

Cara Memperoleh Bitcoin Dengan Crypto.com

Untuk memperoleh bitcoin, Aplikasi Crypto.com menawarkan platform yang ramah pengguna dan aman untuk membeli dan memperdagangkan mata uang kripto. Unduh Aplikasi, buat akun, selesaikan langkah-langkah verifikasi identitas yang diperlukan, dan tautkan ke metode pembayaran pilihan. Setelah akun dibuat, pengguna dapat dengan mudah membeli Bitcoin dan mata uang kripto lainnya di dalam Aplikasi.

Kesimpulan

Perdebatan seputar potensi Bitcoin sebagai penyimpan nilai masih terus berlanjut. Seiring dengan meningkatnya adopsi dan semakin banyak kasus penggunaan yang muncul, kita akan melihat apakah aset digital terus menunjukkan potensi untuk berfungsi sebagai alternatif terhadap penyimpan nilai tradisional seperti emas dan mata uang fiat.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

assets

bitcoin

cryptocurrencies

Market

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens