Penjelasan ETF Bitcoin Spot dan Futures

Pelajari perbedaan antara ETF spot BTC vs ETF futures — dan mengapa ETF spot Bitcoin belum disetujui oleh SEC.

Nov 29, 2023
|

Spot Vs Future Etfs F

Poin-poin Penting:

  • Reksa dana, dikenal sebagai ETF, adalah sarana investasi populer yang menawarkan eksposur terdiversifikasi ke berbagai aset dan sektor, dan dapat diperjualbelikan seperti saham.
  • ETF Bitcoin memungkinkan investor mendapatkan eksposur ke Bitcoin tanpa memiliki mata uang kripto yang sebenarnya; ada dua jenis utama: ETF spot dan ETF futures.
  • ETF spot dirancang untuk menyimpan Bitcoin aktual, memberikan eksposur langsung ke pergerakan harganya, tetapi belum disetujui oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) karena kekhawatiran mengenai manipulasi pasar dan risiko keamanan.
  • ETF futures melacak harga Bitcoin melalui kontrak berjangka, yang menawarkan fleksibilitas, tetapi ETF futures memiliki masa berlaku kontrak, rollover, dan risiko lain yang terkait dengan pasar berjangka.
  • Saat ini, beberapa ETF futures telah disetujui untuk pasar AS, sementara banyak aplikasi untuk ETF spot masih menunggu persetujuan.

Apa itu ETF?

Reksa dana (ETF) telah menjadi sarana investasi yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. ETF pada dasarnya adalah dana investasi yang diperjualbelikan di bursa saham, menawarkan eksposur ke portofolio aset yang terdiversifikasi kepada investor.

ETF dirancang untuk melacak performa indeks, sektor, atau kelas aset tertentu, dan ETF memberi investor fleksibilitas dan kenyamanan trading layaknya saham, sekaligus menawarkan manfaat diversifikasi.

Beberapa ETF keuangan tradisional (TradFi) yang populer antara lain:

SPDR S&P 500 ETF (SPY): Melacak kinerja Indeks S&P 500, yang mencakup 500 perusahaan publik terbesar di AS.

Invesco QQQ Trust (QQQ): Melacak kinerja Indeks Nasdaq-100, yang mencakup 100 perusahaan nonkeuangan terbesar yang terdaftar di pasar saham Nasdaq.

iShares Russell 2000 ETF (IWM): Melacak kinerja Indeks Russell 2000, yang mencakup 2.000 perusahaan AS terkecil berdasarkan kapitalisasi pasar.

Pengenalan Tentang ETF Bitcoin

Dengan munculnya mata uang kripto, ETF Bitcoin muncul sebagai opsi investasi populer bagi mereka yang ingin mendapatkan eksposur ke pasar mata uang digital. ETF Bitcoin memungkinkan investor memperjualbelikan Bitcoin tanpa harus memiliki aset yang mendasarinya.

Alih-alih membeli BTC secara langsung, untuk ETF Bitcoin spot, investor akan membeli saham ETF, yang mewakili kepemilikan proporsional dalam Bitcoin yang dipegang oleh reksa dana.

Untuk ETF futures, dana ini tidak memiliki Bitcoin satu pun, tetapi mendapatkan eksposur sintetis ke Bitcoin melalui pasar berjangka.

Perbedaan Antara ETF Bitcoin Spot dan Futures

Perbedaan utama antara ETF spot dan futures ini terletak pada cara mereka melacak harga Bitcoin dan aset dasar yang mereka miliki. Begini caranya:

ETF Spot

ETF Spot, juga dikenal sebagai ETF fisik, bertujuan untuk melacak harga Bitcoin dengan memegang mata uang kripto yang sebenarnya. Namun, belum ada ETF spot yang sudah disetujui. Pengaturan teoretis dari ETF ini adalah membeli Bitcoin dan menerbitkan saham kepada trader berdasarkan nilai Bitcoin yang dimiliki. Dengan kata lain, ETF Spot dirancang untuk memberikan eksposur langsung kepada investor terhadap pergerakan harga Bitcoin.

ETF Spot akan menawarkan beberapa manfaat bagi investor, karena ETF ini memberikan cara yang sederhana dan mudah untuk memperjualbelikan Bitcoin tanpa harus berurusan dengan kerumitan membeli dan menyimpan mata uang kripto. Selain itu, ETF spot adalah sarana investasi yang teregulasi, memberikan tingkat transparansi dan pengawasan yang mungkin tidak ada pada bentuk investasi Bitcoin lainnya.

Namun, ETF spot juga memiliki risiko tersendiri. Salah satu risiko utama adalah potensi pencurian atau kehilangan Bitcoin yang disimpan oleh ETF. Karena aset dasar disimpan di dompet kripto, ada risiko peretasan atau masalah keamanan lainnya. Selain itu, ETF spot akan bergantung pada volatilitas dan fluktuasi harga Bitcoin.

Pada November 2023, belum ada ETF spot Bitcoin di pasar, tetapi beberapa aplikasi untuk ETF tersebut sedang menunggu keputusan. Satu-satunya ETF Bitcoin yang tersedia adalah ETF berbasis futures.

ETF Futures

Di sisi lain, ETF futures, juga dikenal sebagai ETF berbasis derivatif, tidak memiliki mata uang kripto yang sebenarnya. Sebaliknya, ETF ini melacak harga Bitcoin melalui kontrak berjangka, yang memungkinkan trader berspekulasi tentang harga aset pada masa depan tanpa benar-benar memilikinya. ETF futures membuat kontrak untuk membeli atau menjual Bitcoin dengan harga dan tanggal yang telah ditentukan berdasarkan pergerakan harga kontrak berjangka Bitcoin.

ETF futures menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan ETF spot, karena ETF futures sangat berguna di pasar yang bergejolak, tempat para trader mengantisipasi penurunan harga Bitcoin. Selain itu, ETF futures menyediakan cara yang lebih efisien untuk mendapatkan eksposur ke Bitcoin.

Namun, ETF futures juga memiliki risiko tersendiri. Salah satu risiko utama adalah potensi berakhirnya kontrak dan rollover. Kontrak berjangka memiliki tanggal berakhir, dan ketika mendekati tanggal berakhir, ETF harus menjual kontrak tersebut dan membeli kontrak baru. Proses ini, yang dikenal sebagai rollover, dapat menyebabkan peningkatan biaya dan potensi kesalahan pelacakan.

Pelajari cara kerja futures di artikel pengantar ini.

ETF Futures Bitcoin yang Saat ada Ini di Pasaran

ETF Bitcoin yang saat ini tersedia per November 2023 hanyalah ETF berbasis futures. Ini termasuk:

ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO)

ProShares Short Bitcoin Strategy ETF (BITI)

VanEck Bitcoin Strategy ETF (XBTF)

Valkyrie Bitcoin Strategy ETF (BTF)

Simplify Bitcoin Strategy PLUS Inc ETF (MAXI)

Global X Blockchain & Bitcoin Strategy ETF (BITS)

Penting untuk dicatat bahwa meskipun telah ada upaya untuk memperkenalkan ETF Bitcoin spot atau mengubah beberapa ETF berjangka (di atas) menjadi ETF spot, tetapi belum disetujui oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Mengapa ETF Spot Belum Disetujui untuk Bitcoin?

ETF Spot saat ini sedang ditinjau oleh SEC, yang mengelola sekuritas — kategori produk keuangan — di AS. Namun, pada November 2023, ETF Bitcoin spot belum disetujui oleh SEC.

SEC telah mengutip kekhawatiran tentang kurangnya pasar kripto yang cukup teregulasi untuk mencegah manipulasi. Namun, ada perkembangan terbaru dari keputusan yang mendukung Grayscale, yang meningkatkan kemungkinan ETF Bitcoin disetujui. Pengadilan AS telah mengkritik SEC karena menyetujui produk Bitcoin berbasis futures sementara menolak ETF Bitcoin spot.

SEC sekarang harus memutuskan apakah akan menyetujui salah satu dari 12 aplikasi untuk ETF Bitcoin spot. Perusahaan yang telah mengajukan ETF spot Bitcoin termasuk VanEck, ProShares, Invesco, Valkyrie Digital Assets, Galaxy Digital, Fidelity, WisdomTree, NYDIG Asset Management, dan Grayscale Investments.

Membandingkan ETF Bitcoin Spot dan Futures

Saat mempertimbangkan apakah akan berinvestasi di ETF Bitcoin spot atau berjangka, penting untuk memahami perbedaan utama di antara keduanya. ETF spot bertujuan menawarkan eksposur langsung ke harga Bitcoin, karena ETF ini memegang mata uang kripto yang sebenarnya. Di sisi lain, ETF futures melacak harga Bitcoin melalui kontrak berjangka.

Perbedaan lain antara ETF spot dan ETF futures adalah cara mereka menangani pembelian dan penjualan Bitcoin. ETF spot akan membeli dan menyimpan Bitcoin di dompet kustodian, sedangkan ETF future masuk ke dalam kontrak berjangka untuk melacak harga Bitcoin.

Selain itu, ETF spot akan memberi investor kepemilikan Bitcoin yang mendasarinya, sedangkan ETF future memberikan eksposur ke Bitcoin melalui kontrak derivatif.

Kesimpulan

ETF Bitcoin spot dan futures menawarkan cara berbeda bagi investor untuk mendapatkan eksposur ke pasar mata uang digital. ETF spot memberikan kepemilikan langsung atas Bitcoin dan merupakan sarana investasi yang teregulasi, menawarkan kesederhanaan dan transparansi. Sebaliknya, ETF futures melacak harga Bitcoin melalui kontrak berjangka.

Saat memutuskan antara ETF Bitcoin spot dan futures, trader harus mempertimbangkan tujuan pribadi, toleransi risiko, dan pandangan pasar. Setiap jenis ETF memiliki manfaat dan risikonya masing-masing, dan pilihan pada akhirnya akan bergantung pada preferensi dan kondisi individu.

Apa pun jenis ETF-nya, penting untuk melakukan riset menyeluruh dan mengevaluasi risiko dengan cermat sebelum mengambil keputusan investasi.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada hal yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar dari harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

BTC Futures

Spot Trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens