Skalabilitas Bitcoin: Tantangan dan Solusi

Artikel ini membahas berbagai tantangan yang terkait dengan masalah skalabilitas Bitcoin, dengan solusi potensial dengan tetap menjaga keamanan jaringan.

Jun 22, 2023
|

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Masalah skalabilitas Bitcoin muncul karena kemampuan jaringan yang terbatas untuk memproses transaksi dengan cepat dan efisien.
  • Solusi untuk masalah skalabilitas Bitcoin termasuk meningkatkan mekanisme konsensus, mengimplementasikan sharding, dan memanfaatkan blockchain bersarang.
  • Tantangan tetap ada dalam menyeimbangkan desentralisasi, keamanan, dan skalabilitas, dengan trade-off yang sering kali diperlukan.
  • Solusi Layer-2, seperti Lightning Network, menawarkan peningkatan yang menjanjikan dalam hal kecepatan dan biaya transaksi.
  • Crypto.com menyediakan platform yang mudah digunakan untuk trading Bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Pendahuluan

Masalah skalabilitas Bitcoin telah menjadi perhatian penting sejak awal kemunculan mata uang kripto pertama di dunia. Seiring dengan berkembangnya jaringan dan meningkatnya jumlah transaksi, kapasitas blockchain Bitcoin yang terbatas untuk memproses transaksi menjadi semakin cepat dan efisien.

Artikel ini mengeksplorasi tantangan yang terkait dengan masalah skalabilitas Bitcoin dan mendiskusikan solusi potensial untuk mengatasi masalah ini sambil mempertahankan keamanan dan desentralisasi jaringan.

Latar Belakang

Popularitas Bitcoin dan peningkatan adopsi telah menyebabkan meningkatnya jumlah transaksi di jaringannya. Akan tetapi, kapasitas blockchain Bitcoin saat ini hanya dapat memproses sekitar 7 hingga 10 transaksi per detik (tps), jauh lebih sedikit dibandingkan sistem pembayaran tradisional seperti Visa, yang dapat menangani ribuan transaksi per detik.

Keterbatasan ini berasal dari desain jaringan, dengan waktu pembuatan blok rata-rata 10 menit dan ukuran blok dibatasi hingga 1 MB. Akibatnya, pengguna sering kali menghadapi peningkatan biaya transaksi dan penundaan waktu pemrosesan selama periode puncak.

Apa itu Bitcoin? Baca kami Panduan Lengkap untuk Pemula Kripto.

Trilema Skalabilitas

Untuk mengatasi masalah skalabilitas Bitcoin, sangat penting untuk menemukan keseimbangan antara desentralisasi, keamanan, dan skalabilitas – tantangan yang sering disebut sebagai ‘trilema skalabilitas’. Trilema ini menunjukkan bahwa jaringan blockchain hanya dapat mengoptimalkan dua dari tiga sifat penting ini secara bersamaan, sehingga membutuhkan trade-off untuk meningkatkan skalabilitas.

Solusi Skalabilitas Bitcoin

Beberapa solusi telah diusulkan untuk mengatasi masalah skalabilitas Bitcoin, termasuk yang berikut ini:

Mekanisme Konsensus yang Lebih Baik

Salah satu pendekatan untuk meningkatkan skalabilitas Bitcoin adalah dengan memperbarui mekanisme konsensus jaringan. Saat ini, jaringan Bitcoin menggunakan protokol konsensus Proof of Work (PoW ), yang menawarkan keamanan tetapi relatif lambat.

Sebuah mekanisme konsensus alternatif, Proof of Stake (PoS), telah diusulkan untuk meningkatkan skalabilitas tanpa mengorbankan keamanan atau desentralisasi. Dengan memilih validator berdasarkan taruhan mereka di jaringan, PoS memungkinkan pemrosesan transaksi yang lebih cepat dan mengurangi konsumsi energi dibandingkan dengan PoW.

Pecahan

Sharding adalah solusi lain yang diusulkan untuk masalah skalabilitas Bitcoin, yang melibatkan pembagian transaksi ke dalam kumpulan data yang lebih kecil, yang disebut ‘pecahan’. Pecahan ini dapat diproses secara bersamaan dan paralel, sehingga memungkinkan peningkatan hasil transaksi. Dengan memecah transaksi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, sharding dapat menghemat ruang penyimpanan dan waktu pemrosesan di jaringan.

Blockchain Bersarang (Nested Blockchains)

Blockchain bersarang adalah jaringan terdesentralisasi yang memanfaatkan blockchain utama untuk menetapkan parameter untuk jaringan rantai sekunder yang lebih besar yang saling terhubung. Dengan mengizinkan transaksi dieksekusi melalui rantai sekunder ini, blockchain bersarang dapat meningkatkan skalabilitas tanpa mempengaruhi keamanan atau desentralisasi blockchain utama.

Solusi Lapisan-2: Jaringan Petir

Solusi Layer-2, seperti Lightning Network, menawarkan peningkatan yang menjanjikan dalam hal kecepatan dan biaya transaksi. Lightning Network adalah protokol off-chain yang memungkinkan transaksi instan dan berbiaya rendah dengan membangun saluran pembayaran antar pengguna. Transaksi kemudian dapat disalurkan melalui saluran ini tanpa memerlukan konfirmasi di blockchain utama, menghasilkan waktu pemrosesan yang lebih cepat dan mengurangi biaya.

Pelajari lebih lanjut tentang Lightning Network dan potensi dampaknya terhadap skalabilitas Bitcoin.

Cara Membeli Bitcoin Dengan Crypto.com

Crypto.com menyediakan platform yang mudah digunakan untuk trading Bitcoin dan mata uang kripto lainnya. Aplikasi Crypto.com memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan Bitcoin dengan cepat dan aman, dengan kenyamanan tambahan untuk mengelola aset kripto mereka dari satu lokasi. Untuk memulai membeli Bitcoin di Crypto.com, pengguna cukup mengunduh Aplikasi, membuat akun, dan menyelesaikan langkah-langkah verifikasi yang diperlukan.

Kesimpulan

Meskipun tidak ada solusi yang cocok untuk semua masalah skalabilitas Bitcoin, berbagai pendekatan telah diusulkan untuk meningkatkan kapasitas jaringan dalam memproses transaksi. Menyeimbangkan desentralisasi, keamanan, dan skalabilitas masih menjadi sebuah tantangan, tetapi inovasi seperti mekanisme konsensus yang lebih baik, sharding, blockchain bersarang, dan Lightning Network menawarkan jalan yang menjanjikan untuk mengatasi masalah ini.

Karena bidang ini terus berkembang, sangat penting bagi pengguna untuk tetap mendapat informasi tentang perkembangan terbaru dan mengeksplorasi potensi manfaat dari solusi ini untuk kebutuhan mereka sendiri.

Siap berdagang Bitcoin? Unduh Aplikasi Crypto.com hari ini dan mulailah berdagang dengan mudah.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

bitcoin blockchain

Blockchain

crypto research

scalability

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens