Panduan tentang Tanda Tangan Digital dalam Mata Uang Kripto

Tanda tangan digital memainkan peran penting dalam keamanan mata uang kripto. Di sini kami menjelaskan peran mereka dalam otentikasi dan bagaimana kriptografi membentuk mata uang kripto.

Jun 01, 2021
|

Tanda tangan digital memainkan peran penting dalam keamanan mata uang kripto. Di sini kami menjelaskan peran mereka dalam otentikasi dan bagaimana kriptografi membentuk mata uang kripto.

Apa yang dimaksud dengan Tanda Tangan Digital?

Jika seseorang ingin membuktikan bahwa sebuah pesan dibuat olehnya, ia dapat membuat tanda tangan digital pada pesan tersebut sehingga orang lain dapat memverifikasinya.

Apa yang dimaksud dengan Tanda Tangan Digital?

Skema tanda tangan digital biasanya menggunakan kriptosistem asimetris (seperti RSA atau ECC) dan fungsi hash. Lihat artikel tentang kriptografi ini jika Anda ingin mengetahui istilah-istilah ini.

Tanda tangan digital digunakan secara luas saat ini dalam industri bisnis dan keuangan, misalnya untuk mengesahkan pembayaran bank, bertukar dokumen elektronik yang ditandatangani, menandatangani transaksi dalam sistem blockchain publik, menandatangani kontrak digital, dan dalam banyak skenario lainnya.

Cara Kerja Tanda Tangan Digital

Mari kita bahas lagi cinta bawah tanah antara Alice dan Bob – pasangan kripto favorit kita yang ditampilkan di banyak artikel kami.

Alice akhirnya ingin putus dengan Bob karena dia tidak bisa mentolerir cinta rahasia mereka lagi. Dia telah menulis pesan ‘Mari kita putus’ (yang diterjemahkan menjadi ‘9394’ di ‘Nerd Planet’). Dia takut Bob akan berpikir bahwa pesan tersebut tidak benar-benar darinya (mungkin istri Bob mengetahui hubungan mereka dan mencuri akun Alice untuk menulis pesan tersebut). Oleh karena itu, ia ingin melampirkan pesan tersebut bersama dengan tanda tangan digital dan mengirimkannya kepada Bob sehingga Bob akan percaya bahwa pesan tersebut berasal darinya.

Cara kerja tanda tangan digital
Cara kerja tanda tangan digital

Dengan menggunakan contoh di atas, kami berharap pembaca dapat memahami untuk apa tanda tangan digital digunakan dan mengapa tanda tangan digital dapat memastikan sebuah pesan benar-benar berasal dari pengirim pesan. Tanda tangan digital dengan cerdik menggabungkan kriptografi simetris dan asimetris dengan fungsi hash, dan penemuan ini telah memungkinkan berbagai macam aplikasi yang membutuhkan komunikasi yang aman dan verifikasi identitas.

Penggunaan Kriptografi dalam Mata Uang Kripto

Mata uang kripto disebut ‘crypto’ karena menggunakan kriptografi. Pada bagian ini, dengan menggunakan bitcoin sebagai contoh, kita akan melihat bagaimana cara kerjanya.

Bagaimana cara kerja transaksi bitcoin?

Kami memiliki 101 tentang cara kerja bitcoin dan transaksinya. Di sini kita akan melihat lebih jauh apa yang terjadi di dalam transaksi untuk memahami penggunaan kriptografi dalam bitcoin.

Keluaran dalam sebuah transaksi terdiri dari dua bidang:

1) kolom nilai untuk jumlah satoshi yang ditransfer

2) skrip pubkey untuk menunjukkan kondisi apa yang harus dipenuhi agar satoshi tersebut dapat dibelanjakan lebih lanjut

Gambar di bawah ini membantu mengilustrasikan alur kerja Alice untuk mengirim Bob sebuah transaksi yang kemudian digunakan Bob untuk membelanjakan transaksi tersebut. Baik Alice maupun Bob akan menggunakan bentuk paling umum dari jenis transaksi standar Pay-To-Public-Key-Hash (P2PKH). P2PKH mengizinkan Alice membelanjakan satoshi ke alamat Bitcoin biasa dan kemudian mengizinkan Bob untuk membelanjakan satoshi tersebut dengan menggunakan pasangan kunci kriptografi sederhana.

Bagaimana cara kerja transaksi bitcoin?

Kemudian, Bob memutuskan untuk membelanjakan UTXO dari Alice:

Bagaimana cara kerja transaksi bitcoin?

Penambangan Bitcoin dan bukti kerja untuk memverifikasi transaksi

Bitcoin dibuat melalui penambangan. Saat transaksi dibuat, transaksi ditandai sebagai ‘belum dikonfirmasi’. Para penambang mengumpulkan sekumpulan transaksi yang belum dikonfirmasi dan mencoba membuat blok yang berisi transaksi. Untuk membuat sebuah blok dalam blockchain, penambang harus memecahkan masalah kriptografi yang kompleks dimana inputnya adalah blok dan solusinya adalah urutan angka di dalam blok, yang disebut dengan nonce. Proses menemukan nonce ini disebut penambangan bitcoin dan merupakan proses kompetitif yang melibatkan banyak penambang di seluruh dunia.

Ada banyak parameter tetap untuk blok dalam bitcoin, seperti hash blok sebelumnya, karakteristik transaksi dalam blok saat ini, dll. Hanya ada satu parameter yang dapat diubah, yang disebut nonce. Tugas penambang adalah menemukan nonce yang dapat membuat kandidat blok memenuhi target kesulitan. Satu-satunya cara untuk menemukan nonce adalah dengan mencoba berbagai nilai yang memungkinkan untuk nonce, menghitung hash dari blok baru (id hash blok terakhir | blok dengan transaksi | nonce, di mana ‘|’ berarti penggabungan), dan memeriksa apakah hash tersebut memenuhi target tingkat kesulitan (mendapatkan string yang memiliki sejumlah angka nol di depannya).

Tugas penambang adalah sebagai berikut:

Gambar2 5

Proof-of-work Bitcoin menggunakan dua hash SHA-256 yang berurutan dan pada awalnya mensyaratkan setidaknya 32 bit pertama dari 256 bit hash adalah nol. Akan tetapi, jaringan bitcoin secara berkala mengatur ulang tingkat kesulitan untuk menjaga tingkat rata-rata pembuatan blok pada 10 menit.

Menempatkan Kripto dalam Mata Uang Kripto

Kami berharap sekarang Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana tanda tangan digital bekerja sebagai bagian dari kriptografi dan, tentu saja, mengapa kripto disebut ‘kripto’! Dari sistem keamanannya yang sangat rumit dan dikembangkan dengan hati-hati hingga kemampuannya untuk memastikan bahwa penerima dapat mempercayai sistem tersebut, kriptografi adalah sistem yang sangat menarik, mudah dibentuk – dalam penggunaan, bukan keamanan – dan futuristik dengan begitu banyak kemungkinan untuk maju. Bitcoin hanyalah permulaan.

Jika Anda ingin mendalami topik kriptografi secara mendalamJuga baca artikel kami mengenai hal tersebut. Di sini kita akan melihat evolusi kriptografi, cara kerjanya, sistem keamanannya yang kuat, dan menyentuh potensi penggunaannya.

Referensi

1. Alrammahi, M & Kaur, H. (2014). Pengembangan Algoritma Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES) untuk Protokol Keamanan Wi-Fi. 10.13140/RG.2.2.20993.97124.
2. Sandi simetris (n.d.). Diambil dari https://www.crypto-it.net/eng/symmetric/index.html
3. Menezes, A. J., C., V. O. P., & Vanstone, S. A. (2001). Stream Ciphers. Dalam Buku Pegangan Kriptografi Terapan (hal. 191-216). Boca Raton: CRC Press.
4. Sandi simetris (n.d), Diambil dari https://www.crypto-it.net/eng/symmetric/index.html
5. Kessler G.C (Nov 2019), Tinjauan Umum Kriptografi. Diambil dari https://www.garykessler.net/library/crypto.html#types
6. Lane Wagner (Juni 2018). (Sangat) Kriptografi Kurva Eliptik Dasar. Diambil dari https://blog.goodaudience.com/very-basic-elliptic-curve-cryptography-16c4f6c349ed
7. Fungsi-fungsi Kriptografi Hash (n.d.) Diambil dari https://www.tutorialspoint.com/cryptography/cryptography_hash_functions.htm

Tag

Blockchain

crypto

Crypto101

privacy

security

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens