5 Istilah DeFi yang Harus Anda Ketahui

Dari dapps hingga DEX, panduan ini adalah pengenalan Anda terhadap jargon DeFi

Jul 15, 2022
|

5 Hal yang Perlu Diketahui

Ada kemungkinan besar Anda telah menemukan istilah ‘DeFi’ di media antara tahun 2019 dan sekarang. Sejak kemunculan pertamanya, istilah ini telah menjadi terkenal bahkan di luar komunitas kripto.

DeFi adalah singkatan dari desentralisasi keuangan, dan dengan industri baru ini juga memiliki jargon tersendiri.

Berikut ini adalah lima istilah penting dalam DeFi yang harus Anda ketahui.

Ikhtisar Artikel:

  • Apa yang dimaksud dengan Dapp?
  • Apa yang dimaksud dengan DEX?
  • Apa yang dimaksud dengan Biaya Gas dan Bahan Bakar ?
  • Apakah yang dimaksud dengan Impermanent Loss (IL)?
  • Apa yang dimaksud dengan Pendapatan Pasif?

1) Apa yang dimaksud dengan Dapp?

Ulasan tentang aplikasi tradisional

DeFi berjalan pada aplikasi terdesentralisasi (dapps). Sebelum membahas lebih jauh tentang arti dapp, mari kita tinjau kembali apa itu ‘aplikasi’.

Aplikasi (kependekan dari ‘aplikasi’), seperti yang terinstal di ponsel Anda, biasanya bersifat ‘terpusat’, yang berarti aplikasi ini dibuat, dipelihara, dan dikendalikan oleh pihak yang terpusat, biasanya perusahaan. Contoh aplikasi terpusat adalah Instagram, yang diproduksi oleh Meta, yang mengontrol server tempat data aplikasi berada.

Bagaimana cara kerja dapps

Dalam kasus dapp, alih-alih data aplikasi berada dalam database di server yang dikendalikan oleh perusahaan yang memproduksi aplikasi, data tersebut berada di blockchain, yang berarti data tersebut terdesentralisasi sampai tingkat tertentu.

Melanjutkan tema media sosial kami, aplikasi media sosial terpusat seperti Twitter biasanya dirancang agar pengembang aplikasi dapat mengontrol pengguna mana yang dapat menggunakan platform dan konten apa yang dapat diposting di sana.

Sebagai perbandingan, struktur yang terdesentralisasi memungkinkan desain di mana akses ke aplikasi tidak dapat dibatasi, dan pengguna dapat memoderasi konten yang mereka lihat tanpa memengaruhi apa yang dilihat orang lain.

Namun, desentralisasi tidak monolitik, dan ada beberapa desain dengan tingkat desentralisasi yang berbeda, yang berarti bahwa beberapa dapps sebenarnya dikontrol dan dikelola oleh pihak ketiga.

Contoh dapps DeFi

Ada banyak contoh dapps (misalnya, Tectonic dan VVS Finance) yang menawarkan berbagai fitur keuangan.

Anda dapat menemukan dapps ini dan banyak lagi di Dompet DeFi Crypto.com.

2) Apa yang dimaksud dengan DEX?

Dalam DeFi, dapp sering kali berbentuk pasar keuangan terdesentralisasi, seperti bursa terdesentralisasi (DEX), di mana perdagangan antar pengguna dilakukan secara otomatis. Blockchain memungkinkan buku besar terdesentralisasi dari transaksi yang dipesan untuk diputuskan secara independen dari otoritas terpusat.

Bagaimana teknologi blockchain mengelola DEX

Dengan kata lain, daripada sebuah perusahaan menjamin bahwa serangkaian transaksi keuangan terjadi dalam urutan tertentu (pada dasarnya mengharuskan pengguna untuk mempercayai bahwa penilaian mereka akurat), blockchain memungkinkan serangkaian node terdesentralisasi untuk menentukan urutan transaksi melalui salah satu dari berbagai mekanisme konsensus (sebagai contoh, Bitcoin menggunakan mekanisme konsensus yang dikenal sebagai Proof of Work, atau PoW).

Jaringan blockchain juga biasanya memungkinkan transaksi untuk disesuaikan melalui bahasa pemrograman bawaan; program khusus ini biasanya dikenal sebagai ‘kontrak pintar’, dan inilah yang memungkinkan platform DeFi berfungsi.

DEX menggunakan kontrak pintar untuk memungkinkan pengguna meminjamkan dan meminjam dana kepada dan dari satu sama lain melalui kumpulan likuiditas, di mana dana ‘dikumpulkan’ untuk diperdagangkan.

DEX vs CEX

Daripada mencatat transaksi dalam database internal seperti bursa terpusat (CEX), transaksi pada DEX diselesaikan di blockchain. DEX dapat dirancang sebagai proyek sumber terbuka, yang berarti bahwa kode bebas untuk dilihat oleh semua orang, sehingga pengguna dapat mengaudit basis kode untuk diri mereka sendiri jika mereka menginginkannya.

Hal ini berbeda dengan CEX, yang biasanya dibangun menggunakan sumber tertutup, basis kode eksklusif yang dikembangkan oleh perusahaan yang mengoperasikan bursa. DEX memiliki keuntungan dengan menghilangkan beberapa ukuran kepercayaan dari transaksi pertukaran, dalam arti bahwa seseorang hanya perlu mempercayai kode yang menjalankan pertukaran daripada perusahaan orang, yang sangat sesuai dengan semangat kripto.

Namun, hal ini dapat dimengerti bahwa jika sesuatu yang tidak terduga terjadi, mungkin atau mungkin tidak ada dukungan pelanggan yang dapat diandalkan, seperti yang akan terjadi pada pertukaran terpusat, seperti Crypto.com.

Contoh populer dari DEX adalah MM Finance. DEX ini menawarkan beberapa biaya terendah bagi pengguna untuk melakukan hodl, farming, dan perdagangan mata uang kripto di blockchain Cronos.

3) Apa yang dimaksud dengan Biaya Gas dan Bahan Bakar?

Dalam dunia kripto, gas mengacu pada biaya yang diperlukan untuk berhasil melakukan transaksi di blockchain Ethereum.

Biasanya, kita berbicara tentang biaya bensin dalam hal berapa ‘gwei’ biayanya. Seperti halnya dolar yang memiliki nama berbeda untuk satuan dasar terkecilnya (sen), mata uang kripto biasanya juga mengadopsi nama baru untuk satuan terkecilnya.

Dalam kasus Bitcoin, kita berbicara tentang ‘sats’ (singkatan dari ‘satoshi’, yang dinamai sesuai nama samaran pendiri proyek), sedangkan Ethereum dikenal sebagai ‘wei’ (singkatan dari Wei Dai, yang memformulasikan konsep semua mata uang kripto modern). Karena ini adalah denominasi Ether yang sangat kecil (10^18), kami menggunakan jumlah yang lebih kecil, yaitu 0.000000001 ETH, yang kami sebut sebagai Giga Wei, atau disingkat gwei.

biaya gas‘ adalah jumlah gwei yang harus dikeluarkan pengguna untuk sebuah transaksi, yang bervariasi tergantung pada seberapa sibuk jaringan.

Alat untuk membantu Anda menghemat biaya bensin

Karena jumlah gas yang mungkin harus Anda keluarkan untuk memproses transaksi dapat bervariasi, Dompet Crypto.com DeFi menyediakan opsi untuk menetapkan batas harga gas maksimum yang ingin Anda keluarkan untuk suatu transaksi. Transaksi kemudian akan dieksekusi ketika lalu lintas telah turun cukup untuk memungkinkan harga biaya gas yang Anda targetkan.

Untuk menghindari penghitungan total biaya transaksi dalam ETH sendiri, ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa harga gas. Dompet Crypto.com DeFi menawarkan Pengukur Gas ETH yang memungkinkan Anda memeriksa volume lalu lintas jaringan Ethereum saat ini dan biaya gas yang diperlukan.

Selain alat ini, ketika jaringan padat, pengguna dapat mengatur peringatan harga gas dan menerima notifikasi aplikasi ketika biaya gas turun.

4) Apakah yang dimaksud dengan Kerugian Tidak Permanen (IL)?

Kerugian Tidak Permanen (IL) adalah salah satu risiko DeFi. Ini mengacu pada kerugian yang belum direalisasikan yang terjadi saat menyediakan likuiditas pada platform DeFi, jika nilai token yang disediakan berubah.

Kerugian Tidak Permanen dapat terjadi pada pool likuiditas

Kumpulan likuiditas adalah salah satu elemen inti dari setiap platform DeFi. Penyedia likuiditas (LP) mendepositkan aset ke dalam kumpulan likuiditas, yang kemudian menambahkan likuiditas, ketersediaan dana untuk perdagangan, ke platform. Kumpulan likuiditas paling sering terdiri dari dua aset – pasangan – tetapi dapat berisi lebih banyak. Pengguna biasanya menjadi LP dengan harapan mendapatkan biaya pool likuiditas.

Kumpulan likuiditas mewakili berbagai aset yang disetorkan ke dalamnya, dan pengguna dapat berinteraksi dengan kumpulan tersebut melalui peminjaman, peminjaman, dan staking. Pasangan token akan lebih terdampak jika satu token mengalami kenaikan harga sementara yang lain mengalami penurunan.

Kami menyebutnya ‘tidak permanen’ karena, asalkan kerugian tidak direalisasikan dengan mengonversi token LP kembali ke token yang mendasarinya, harga token dapat bergerak kembali ke arah keuntungan.

Untuk menghindari Kerugian Tidak Permanen, banyak pengguna mencoba berinvestasi di pool likuiditas dengan token dengan volatilitas rendah atau melakukan diversifikasi di beberapa pool likuiditas untuk melindungi risiko mereka.

5) Apa yang dimaksud dengan Pendapatan Pasif?

DeFi menarik bagi banyak pemegang kripto karena peluang untuk meningkatkan kepemilikan token mereka: memperoleh bunga atas aset kripto yang disimpan tanpa perlu melakukan aktivitas.

Di DeFi, ada beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan pasif, yang meliputi:

  • Pinjaman
  • Mengintai & Mengunci
  • Hasil Pertanian

Baca lebih lanjut tentang bagaimana opsi pendapatan pasif dalam panduan pemula kami untuk DeFi.

Hasilkan Dengan Dompet DeFi

Anda dapat menemukan opsi yang tercantum di atas di DeFi Earn, tersedia di Dompet DeFi Crypto.com. DeFi Earn memungkinkan Anda menyetor aset kripto untuk mendapatkan bunga di lebih dari 20 protokol DeFi yang terintegrasi langsung di aplikasi.

Artinya, Anda memiliki akses langsung ke berbagai dapps melalui pintasan di fungsi DeFi Earn, yang memungkinkan Anda memantau dana, pergerakan harga, dan bunga yang diperoleh secara langsung di tab DeFi Earn, tanpa harus mengunduh banyak dapps.

Ekosistem Crypto.com DeFi Wallet telah mengintegrasikan Compound Lending, Yearn Earn V2, Crypto.org Chain Lock-up, protokol Aave Lending V2, dan VVS Finance – memberi Anda akses ke 29 aset kripto, termasuk token populer seperti ETH, VVS, MMF, TONIC, dan BIFI.

Unduh Dompet Crypto.com DeFi.

Opsi penghasilan pasif mana yang tepat untuk Anda?

Protokol dan kolam yang tersedia bervariasi dalam pengaturannya. Beberapa menawarkan imbal hasil persentase tahunan yang tinggi (juga dikenal sebagai APY), sementara yang lain menawarkan volatilitas yang lebih rendah atau periode penguncian dana yang lebih pendek, sehingga pengguna dapat memilih salah satu yang sesuai dengan tujuan mereka.

Kata Penutup

Jika Anda tidak sabar untuk menjelajahi DeFi lebih jauh, Dompet DeFi Crypto.com adalah titik awal yang bagus. Sementara Anda mengendalikan dana Anda, kami akan menjaganya tetap aman. DeFi Wallet menawarkan akses ke beberapa platform DeFi dalam satu aplikasi dan menyederhanakan proses pengaksesannya.

Saat ini, Crypto.com DeFi Wallet mendukung:

  • Lebih dari 700 token
  • 20 rantai
  • NFT di blockchain Ethereum, Cronos, dan Crypto.org

Untuk pengenalan tentang cara menyiapkan dan menggunakan DeFi Wallet, lihat panduan mendalam kami untuk pemula.

Dan untuk detail lebih lanjut tentang ekosistem Cronos dan proyek-proyek DeFi yang ditampungnya, lihat pengantar kami tentang Cronos.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset kripto apa pun. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

dapp

DeFi

DEX

gas

gas fees

impermanent loss

passive income

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens