Apa itu XRP (Ripple)?

Salah satu cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, XRP digunakan oleh lembaga keuangan, perusahaan, dan pengguna akhir di seluruh dunia untuk pembayaran cepat. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang altcoin ini.

Jul 14, 2023
|

Apa itu XRP?

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Ripple menghubungkan lembaga keuangan, penyedia pembayaran, bursa, dan perusahaan melalui RippleNet.
  • XRP terutama digunakan sebagai mata uang digital di jaringan Ripple untuk memfasilitasi pembayaran dan pengiriman uang lintas batas.
  • Tidak seperti kebanyakan cryptocurrency yang memenuhi kebutuhan peer-to-peer (P2P), Ripple disusun untuk menghubungkan bank, penyedia pembayaran, dan pertukaran aset digital, memungkinkan ekspedisi penyelesaian real-time dan biaya transaksi yang lebih rendah.

Apa itu Token XRP (Ripple)?

Ripple menghubungkan lembaga keuangan, penyedia pembayaran, bursa, dan perusahaan melalui RippleNet, sistem pembayaran bruto real-time independen, untuk memberikan pengalaman tanpa hambatan saat mengirim uang secara global. Itu dibangun di atas teknologi blockchain yang dirancang untuk terdesentralisasi, dapat diskalakan, dan aman. Token asli Ripple, XRP , terutama digunakan sebagai mata uang digital di jaringan Ripple untuk memfasilitasi pembayaran dan pengiriman uang lintas negara. Total pasokan XRP dibatasi hingga 100 miliar, dan jaringan mengklaim menyelesaikan transaksi dalam tiga hingga lima detik .

Pengguna AS sekarang dapat membeli dan memperdagangkan XRP di Aplikasi Crypto.com !

Sejarah Singkat XRP

Dibuat oleh perusahaan teknologi yang berbasis di AS Ripple Labs Inc. (Ripple Labs), XRP adalah cryptocurrency asli dari XRP Ledger (XRPL), blockchain publik terdesentralisasi yang direkayasa oleh Jed McCaleb, Arthur Britto, dan David Schwartz.

XRP Ledger diluncurkan pada Juni 2012 dengan tujuan menciptakan aset digital yang lebih berkelanjutan dan dibuat khusus untuk pembayaran. Saat ini, XRP adalah salah satu cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar.

Bagaimana Cara Kerja XRP?

Alih-alih mengandalkan penambang atau validator untuk memvalidasi transaksi, Buku Besar XRP, buku besar terdistribusi sumber terbuka yang dibuat oleh Ripple Labs, menggunakan algoritme konsensus unik yang disebut XRP Ledger Consensus Protocol . Dalam sistem ini, jaringan validator tepercaya bekerja sama untuk memvalidasi transaksi dan mencapai konsensus tentang status buku besar.

Tujuan utama dari Protokol Konsensus Buku Besar XRP adalah untuk mencapai konsensus tentang serangkaian transaksi tertentu yang akan ditambahkan ke versi selanjutnya dari Buku Besar XRP. Transaksi ini kemudian diterapkan dalam urutan yang jelas, dan hasilnya diverifikasi untuk memastikan bahwa semua pihak telah sampai pada hasil yang sama. Setelah ini terjadi tanpa masalah, versi buku besar dianggap telah divalidasi dan final. Menurut Ripple Labs, jaringan dapat bekerja dengan lebih dari 80% validator tepercaya.

Setiap node validator di jaringan Ripple mempertahankan Unique Node List (UNL) miliknya sendiri, yang terdiri dari validator lain yang dianggap dapat dipercaya untuk memvalidasi transaksi. Setiap node dapat memilih UNL-nya sendiri, biasanya berdasarkan set default yang disediakan oleh penerbit tepercaya. UNL adalah komponen penting dari model keamanan jaringan Ripple, dan ini membantu memastikan bahwa XRP Ledger tetap tahan terhadap kerusakan dan tahan terhadap serangan sebanyak mungkin. Siapa pun dapat mengoperasikan validator; saat ini, lebih dari 150 validator aktif di buku besar, yang dioperasikan oleh universitas, bursa, bisnis, dan individu.

Apa itu RippleNet?

RippleNet adalah jaringan pembayaran Ripple yang dirancang untuk menyediakan cara yang cepat, aman, dan hemat biaya untuk mengirim dan menerima uang secara global. Ini terdiri dari lembaga keuangan dan penyedia pembayaran yang menggunakan teknologi Ripple untuk memfasilitasi pembayaran lintas batas, termasuk bank, penyedia pembayaran, dan lembaga keuangan lainnya dari seluruh dunia.

Untuk Apa XRP Digunakan ?

XRP digunakan sebagai mata uang digital di jaringan Ripple untuk memfasilitasi pembayaran dan pengiriman uang lintas batas. Ketika seseorang ingin mengirim uang melalui jaringan, mereka dapat menggunakan XRP untuk memfasilitasi transaksi.

Kasus penggunaan utama untuk XRP meliputi:

  • Pembayaran lintas batas: XRP dapat digunakan untuk menyelesaikan transaksi di jaringan Ripple, memungkinkan lembaga keuangan dan pengguna lain mengirim dan menerima pembayaran dalam berbagai mata uang dengan kemungkinan waktu penyelesaian hanya beberapa detik.
  • Pengiriman uang: XRP dapat digunakan untuk mengirim uang lintas batas dengan cepat — dan berpotensi murah.

Selain itu, Ripple saat ini bekerja dengan lebih dari 20 negara dalam mata uang digital bank sentral (CBDC) , telah mengembangkan platform CBDC yang memungkinkan stabilitas, keamanan, dan ketahanan berdasarkan Buku Besar XRP. CBDC Private Ledger didasarkan pada teknologi blockchain yang sama yang mendukung XRP Ledger. Itu juga memanfaatkan teknologi RippleNet dan Protokol Interledger (ILP) yang memungkinkan pembayaran di berbagai buku besar dan jaringan pembayaran.

Kesimpulan

Ripple menghubungkan lembaga keuangan, penyedia pembayaran, bursa, dan perusahaan menggunakan jaringan pembayarannya, RippleNet, untuk menyediakan cara yang cepat, aman, dan hemat biaya untuk mengirim dan menerima uang secara global. Mata uang aslinya, XRP, terutama digunakan sebagai mata uang digital di jaringan Ripple untuk memfasilitasi pembayaran dan pengiriman uang lintas negara. Selain itu, Ripple saat ini sedang mengerjakan mata uang digital bank sentral (CBDC) menggunakan platform CBDC miliknya, yang memungkinkan stabilitas, keamanan, dan ketahanan berdasarkan XRP Ledger.

Tidak seperti kebanyakan cryptocurrency yang memenuhi kebutuhan peer-to-peer (P2P), Ripple dibuat untuk memungkinkan ekspedisi penyelesaian waktu nyata dan biaya transaksi yang lebih rendah. Token aslinya, XRP, saat ini (pada saat penulisan) adalah salah satu cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. Dan pengguna AS sekarang dapat membeli dan memperdagangkan XRP di Aplikasi Crypto.com .

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

App

cryptocurrencies

Market

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens