Apa Itu Filecoin (FIL)? Cara Kerja dan Cara Membeli Filecoin

Filecoin adalah sebuah jaringan penyimpanan terdesentralisasi yang bertujuan untuk menciptakan sebuah pasar global peer-to-peer untuk menyimpan informasi digital. Inilah cara kerjanya.

Feb 16, 2024
|

Filecoin F

Poin-poin Penting:

  • Filecoin memelopori jaringan terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual ruang penyimpanan yang tidak terpakai, mendorong pasar global yang peer-to-peer untuk penyimpanan informasi digital.
  • Dengan menggunakan bukti kriptografi seperti Proof of Replication (PoRep) dan Proof of Spacetime (PoSt), Filecoin menjamin integritas dan keandalan data yang tersimpan, meningkatkan keamanan di lingkungan yang terdistribusi.
  • Mata uang kripto native mereka, FIL, membentuk tulang punggung ekonomi Filecoin, memberikan insentif kepada pengguna untuk menyumbangkan ruang penyimpanan, menjaga integritas jaringan, dan berpartisipasi secara aktif dalam ekosistem.
  • Integrasi Filecoin dengan InterPlanetary File System (IPFS) memberikan solusi komprehensif untuk penyimpanan terdesentralisasi dan penyimpanan yang dapat dialamatkan ke konten, yang memperkuat keserbagunaan dan kegunaannya dalam berbagai aplikasi.

Apa itu Filecoin?

Filecoin adalah jaringan penyimpanan terdesentralisasi dan mata uang kripto yang bertujuan untuk menciptakan marketplace global, peer-to-peer (P2P), dan terbuka untuk menyimpan dan mengambil informasi digital. Filecoin dikembangkan oleh Protocol Labs, tim yang sama di balik InterPlanetary File System (IPFS), yang merupakan protokol yang dirancang untuk membuat metode P2P yang dapat dialamatkan untuk menyimpan dan berbagi hypermedia dalam sistem file terdistribusi.

Filecoin menggunakan teknologi blockchain untuk memungkinkan pengguna membeli dan menjual ruang penyimpanan yang tidak terpakai di jaringan komputer global. Dalam jaringan ini, pengguna dapat memperoleh Filecoin (FIL), mata uang kripto native dari jaringan Filecoin, dengan menyewakan ruang penyimpanan yang tersedia kepada pengguna lain yang membutuhkan untuk menyimpan data mereka. Sifat desentralisasi Filecoin dimaksudkan untuk memberikan solusi yang lebih efisien dan hemat biaya untuk penyimpanan data dibandingkan dengan layanan penyimpanan cloud terpusat tradisional.

Jaringan Filecoin bergantung pada kombinasi kriptografi bukti, termasuk Proof of Replication (PoRep) dan Proof of Spacetime (PoSt), untuk memastikan integritas dan keandalan data yang disimpan. Keduanya menyediakan cara bagi peserta jaringan untuk menunjukkan bahwa mereka menyimpan data yang mereka klaim sebagai data yang mereka simpan.

Pendekatan terdesentralisasi Filecoin bertujuan untuk mengatasi masalah seperti privasi data, ketahanan terhadap sensor, dan ketersediaan data. Filecoin menyediakan alternatif untuk layanan penyimpanan cloud tradisional dengan memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan ruang penyimpanan yang tidak terpakai di jaringan terdistribusi, menciptakan infrastruktur penyimpanan yang lebih tangguh dan tahan sensor.

Cara Menambang (Mining) Filecoin

Untuk menambang Filecoin, ‘penambang‘ (miner) menawarkan penyimpanan dengan imbalan token . Di bawah adalah cara kerja proses ini:

Penyimpanan Filecoin

Filecoin beroperasi sebagai pasar terdesentralisasi, tempat klien dapat menemukan penyedia penyimpanan dan menegosiasikan persyaratan untuk menyimpan data mereka. Pasar didorong oleh penawaran dan permintaan, dengan harga penyimpanan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jumlah penyimpanan yang tersedia dan urgensi pengambilan data.

Penyedia Penyimpanan

Pengguna yang memiliki kapasitas penyimpanan cadangan di komputer mereka dapat menjadi penyedia penyimpanan di jaringan Filecoin. Penyedia ini, yang sering disebut SP, menawarkan ruang disk yang tidak terpakai ke jaringan untuk menyimpan dan mengambil data. Pada gilirannya, pengguna atau organisasi yang membutuhkan ruang penyimpanan dapat menjadi klien di jaringan Filecoin. Mereka membayar penyedia penyimpanan di Filecoin (FIL) untuk menyimpan data mereka di jaringan.

Penyedia Pengambilan

Ada juga kelompok penyedia kedua: penyedia pengambilan. Sering disebut RP, mereka bertanggung jawab untuk menyediakan akses cepat ke data mereka kepada pengguna, dengan fokus pada akses cepat ke data daripada penyimpanan jangka panjang. Sering kali, penyedia penyimpanan juga menyediakan akses pengambilan kepada pengguna mereka sebagai bagian dari sistem yang sama. Namun, semakin banyak RP yang berdiri sendiri yang bergabung dengan jaringan.

Pelajari lebih lanjut tentang keduanya di sini.

Token Filecoin

FIL adalah mata uang kripto native dari jaringan Filecoin. Pengguna membayar layanan penyimpanan dan pengambilan menggunakan FIL, dan penyedia penyimpanan mendapatkan FIL dengan menawarkan ruang penyimpanan mereka. Insentif ekonomi yang diciptakan oleh FIL dirancang untuk mendorong pengguna untuk memberikan ruang penyimpanan dan menjaga integritas jaringan.

Cara Filecoin Bekerja Dengan IPFS

Seperti yang telah disebutkan di bagian pendahuluan, Filecoin dikembangkan oleh Protocol Labs, tim yang sama yang berada di balik InterPlanetary File System (IPFS). Sementara IPFS berfokus pada pembuatan metode penyimpanan dan berbagi hypermedia yang dapat dialamatkan ke konten, peer-to-peer, Filecoin menyediakan lapisan insentif bagi pengguna untuk menyimpan dan mengambil data menggunakan IPFS.

Dengan menggabungkan elemen-elemen ini, Filecoin bertujuan untuk menciptakan jaringan penyimpanan yang terdesentralisasi dan efisien yang tahan terhadap penyensoran dan memberikan alternatif yang lebih hemat biaya dibandingkan dengan layanan penyimpanan cloud tradisional. Pengguna dapat mengambil manfaat dari jaringan penyedia penyimpanan yang terdistribusi, dan penggunaan blockchain dan bukti kriptografi membantu memastikan keamanan dan keandalan data yang disimpan.

Filecoin Tokenomics

Di bawah ini adalah beberapa aspek utama dari tokenomics Filecoin:

Penawaran Koin Perdana (ICO): Filecoin melakukan ICO yang sangat dinanti-nantikan pada tahun 2017, mengumpulkan dana yang signifikan untuk pengembangannya. Para investor membeli token FIL selama ICO, dan token-token ini didistribusikan kepada para kontributor setelah jaringannya beroperasi.

Alokasi: Di bawah ini adalah rangkuman dari cara kepemilikan Filecoin didistribusikan.

Sumber: spec.filecoin.io

Periode Vesting: Reward penambangan (mining) menjalani jadwal vesting untuk mendorong penyelarasan jaringan jangka panjang. Sebagai contoh, 75% dari reward blok yang diperoleh penambang akan di-vesting secara linear selama 180 hari, sementara 25% akan segera tersedia untuk meningkatkan arus kas penambang dan profitabilitas. Token FIL yang tersisa diberikan kepada tim Protocol Labs, dengan Filecoin Foundation selama enam tahun dan investor SAFT selama tiga tahun.

Total Suplai:Total suplai Filecoin dibatasi, yang berarti ada jumlah maksimum token FIL yang akan dibuat. Total suplai awal ditetapkan selama ICO dan penjualan token selanjutnya.

Reward Penambangan:Filecoin menggunakan mekanisme konsensus Proof of Replication (PoRep), dan para penambang diberi reward berupa FIL yang baru dicetak karena telah menyediakan ruang penyimpanan dan memelihara jaringan. Ini berfungsi sebagai insentif bagi para peserta untuk menyumbangkan sumber daya ke ekosistem Filecoin.

Mekanisme Pembakaran (burn):Filecoin telah menerapkan mekanisme yang menyebabkan sebagian token yang digunakan untuk berbagai tujuan, seperti biaya jaringan atau penalti, untuk dibakar (burn). Burn melibatkan penghapusan token dari peredaran, yang berpotensi berdampak pada suplai dan kelangkaan token secara keseluruhan.

Transaksi Pasar Penyimpanan: Pengguna membayar layanan penyimpanan di jaringan Filecoin menggunakan FIL, dan penyedia penyimpanan mendapatkan FIL dengan menyewakan ruang penyimpanan mereka kepada klien. Dinamika pasar, yang dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan, menentukan harga layanan penyimpanan.

Mekanisme Insentif:Tokenomics Filecoin dirancang untuk menciptakan insentif ekonomi bagi berbagai peserta dalam ekosistem, termasuk penyedia penyimpanan, klien, dan penambang. Hal ini membantu menyelaraskan kepentingan berbagai pemangku kepentingan dan mendorong partisipasi aktif dalam jaringan.

Peningkatan Jaringan: Seperti banyak proyek blockchain lainnya, Filecoin dapat mengalami peningkatan jaringan untuk meningkatkan kinerja, keamanan, dan fungsionalitas. Mekanisme tata kelola dan keputusan yang terkait dengan peningkatan dapat memengaruhi tokenomics, dan para pemangku kepentingan biasanya memiliki peran dalam proses pengambilan keputusan.

Penting untuk dicatat bahwa tokenomics dapat berkembang seiring berjalannya waktu, dan detail spesifik dapat berubah ketika jaringan Filecoin semakin matang dan mengalami peningkatan.

Cara Membeli Filecoin

Filecoin (FIL) terdaftar di Crypto.com App dengan daftar yang terus bertambah dari 250 lebih mata uang kripto dan koin stabil yang didukung, termasuk Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Polkadot (DOT), USD Coin (USDC), dan Cronos (CRO).

Pengguna Crypto.com App sekarang dapat membeli FIL dengan USD, EUR, GBP, dan 20 lebih mata uang fiat lainnya dan membelanjakannya di lebih dari 80 juta penjual di seluruh dunia dengan menggunakan Crypto.com Visa Card.

Sebagai alternatif, pengguna juga dapat membeli Filecoin di Crypto.com Exchange. Untuk mulai membeli FIL hari ini, unduh Crypto.com App.

Kesimpulan

Filecoin (FIL) adalah sebuah jaringan penyimpanan terdesentralisasi dan mata uang kripto yang menjawab tantangan dari layanan penyimpanan awan tradisional. Dikembangkan oleh Protocol Labs, pencipta InterPlanetary File System (IPFS), Filecoin memanfaatkan teknologi blockchain untuk menciptakan sebuah pasar global untuk menyimpan dan mengambil informasi digital secara peer-to-peer dan terbuka.

Jaringan ini beroperasi sebagai pasar terdesentralisasi, yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual ruang penyimpanan yang tidak terpakai. Pengguna dengan kapasitas yang tersedia dapat menjadi penyedia penyimpanan, mendapatkan FIL dengan menawarkan sumber daya mereka, sementara klien membayar dalam FIL untuk layanan penyimpanan dan pengambilan. Desentralisasi Filecoin didukung oleh bukti kriptografi, memastikan integritas data yang tersimpan dan mengatasi masalah seperti privasi data, ketahanan terhadap sensor, dan ketersediaan data.

Bagi mereka yang tertarik untuk membeli Filecoin, Crypto.com App menawarkan platform yang nyaman untuk membeli FIL dengan berbagai mata uang fiat. Pengguna juga dapat memanfaatkan Crypto.com Exchange untuk membeli Filecoin.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada hal yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dari Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, silakan merujuk ke tautan berikut dan pastikan bahwa Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis .

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

coins & tokens

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens