Apa Itu Dominasi Bitcoin?

Perkaya pengetahuan kripto Anda dengan panduan pemula tentang dominasi Bitcoin, cara mengukurnya, dan cara menggunakannya dalam jual-beli.

Feb 13, 2024
|

Btc Dominance F

Poin-poin Penting:

  • Dominasi Bitcoin adalah rasio kapitalisasi pasar Bitcoin terhadap kapitalisasi pasar mata uang kripto secara keseluruhan.
  • Ini berfungsi sebagai metrik yang digunakan oleh para trader kripto dalam mencoba mendapatkan denyut nadi pasar, melihat kemungkinan tren dan peluang jual-beli, dan memahami tren di pasar altcoin.
  • Dominasi Bitcoin yang berfluktuasi dari waktu ke waktu dapat membantu para trader memutuskan bagaimana memosisikan diri mereka di pasar.
  • Perlu dicatat bahwa dominasi Bitcoin atas kapitalisasi pasar tidak mencerminkan nilai sebenarnya, dan juga tidak berarti masuknya uang secara tiba-tiba ke pasar.
  • Kenaikan atau penurunan dominasi Bitcoin tidak selalu merupakan hal yang baik atau buruk; ini hanya berfungsi sebagai alat yang dapat memberikan perspektif yang lebih baik kepada para pelaku pasar tentang bagaimana ruang kripto berkembang.

Pendahuluan

Secara sederhana, dominasi Bitcoin adalah rasio kapitalisasi pasar Bitcointerhadap kapitalisasi pasar global mata uang kripto. Namun, bagi mereka yang baru mengenal dunia kripto, apa sebenarnya artinya, dan bagaimana cara menggunakannya? Di bawah ini kami menguraikan seluk beluk metrik penting ini.

Apa itu Dominasi Bitcoin?

Secara lebih rinci, dominasi Bitcoin adalah nilai persentase yang dihitung berdasarkan kapitalisasi pasar Bitcoinsaat ini dibagi dengan kapitalisasi pasar kripto global. Sebagai contoh, pada saat artikel ini ditulis, kapitalisasi pasar Bitcoin adalah $539 miliar, sedangkan kapitalisasi pasar kripto global adalah $1,16 triliun. Membagi $539 miliar dengan $1,16 triliun sama dengan 46% — ini adalah bagian dari kapitalisasi pasar Bitcoin.

Kapitalisasi pasar Bitcoin dihitung dengan mengalikan jumlah bitcoin yang beredar dengan harga pasar per koin saat ini. Hingga saat ini, ada sekitar 19,3 juta bitcoin yang beredar (dengan persediaan maksimum 21 juta), diperjualbelikan pada harga US$27.800 — kapitalisasi pasar pada saat artikel ini ditulis adalah ~US$539 miliar.

Bagaimana Trader Kripto Menggunakan Dominasi Bitcoin

Rasio ini berasal dari hubungan Bitcoin dengan pasar kripto lainnya. Rasio ini berfungsi sebagai metrik yang dapat digunakan oleh para trader kripto untuk mengetahui denyut nadi pasar, mengelola risiko, dan membantu menemukan kemungkinan tren dan peluang trading, biasanya bersama dengan kumpulan data lainnya.

Melihat data historis, sebagian besar pasar kripto secara umum mengikuti bentuk dan arah yang diambil Bitcoin (lihat diagram di bawah). Karena Bitcoin mendominasi mayoritas kapitalisasi pasar kripto secara keseluruhan, Bitcoin secara historis berkorelasi tinggi dan positif dengan mayoritas altcoin, yang kemudian bereaksi besar terhadap pergerakan harganya. Dengan korelasi ini, beberapa orang berpendapat bahwa dominasi Bitcoin juga dapat membantu dalam memahami tren di pasar altcoin.

Kapan Dominasi Bitcoin Berubah?

Untuk memahami apa yang memengaruhi perubahan dominasi Bitcoin, mari kita lihat dua faktor yang membentuk rasio tersebut: Kapitalisasi pasar Bitcoin dan kapitalisasi pasar kripto global.

  • Sebagai contoh, karena jumlah bitcoin yang beredar tidak akan meningkat secara signifikan dalam waktu singkat, harga Bitcoin dianggap memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kapitalisasi pasar dibandingkan dengan jumlah koin yang beredar. (Hanya ada sekitar 1,7 juta Bitcoin yang tersisa untuk ditambang, dan tingkat inflasi tahunan, atau tingkat kenaikan harga selama 12 bulan terakhir, adalah ~1,5% pada saat artikel ini ditulis). Secara historis, seiring dengan meningkatnya harga Bitcoin dari waktu ke waktu, ada kecenderungan dominasi pasarnya juga meningkat secara proporsional. Namun, seiring dengan kemajuan dan inovasi baru dalam altcoin, tren dominasi Bitcoin ini mungkin tidak akan bertahan dalam jangka panjang.
  • Kapitalisasi pasar Bitcoin hanyalah salah satu bagian dari persamaan: Meskipun tidak ada ilmu pasti tentang hal ini, faktor-faktor lain juga dapat memengaruhi dominasi Bitcoin, seperti aktivitas pasar altcoin dan kondisi pasar yang pada akhirnya dapat memengaruhi total kapitalisasi pasar kripto.

Dominasi Bitcoin mungkin akan terus menurun seiring dengan bertambahnya jumlah altcoin dan semakin beragamnya pasar kripto dari waktu ke waktu. Namun, tergantung pada bagaimana kinerja pasar altcoin secara keseluruhan, dominasi Bitcoin dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu. Perubahan dan fluktuasi menengah inilah yang menarik bagi para trader karena dapat bertindak sebagai indikator mengenai fase pasar saat ini, yang dapat membantu trader untuk memutuskan, ketika melihat sejumlah metrik yang berbeda, bagaimana mereka ingin memosisikan diri mereka.

Dominasi Bitcoin dari Waktu ke Waktu

Bitcoin memiliki sekitar 99% pangsa kapitalisasi pasar kripto ketika pertama kali diluncurkan pada tahun 2009. Lanskap kripto masih lebih kecil, dan belum banyak mata uang kripto lainnya saat itu. Empat tahun kemudian, Bitcoin memiliki dominasi sebesar 94%, karena hanya ada beberapa altcoin yang bersaing dengannya di pasar. Bahkan ketika Ethereum memasuki pasar pada tahun 2015, dominasi Bitcoin masih berada di kisaran 90%.

Dominasi 2017

Keadaan mulai berubah pada tahun 2017: Dominasi Bitcoin turun dari 96% pada Februari 2017 ke titik terendah 37% pada awal 2018. Selama periode ini, Ethereum mengalami kesuksesan awal, ditopang oleh mania penawaran koin perdana (ICO) dan lahirnya koin dan token baru. Terjadi peningkatan antusiasme terhadap altcoin, dan spekulasi pelaku pasar menjadi tinggi. Pergeseran ini menyebabkan dominasi Bitcoin merosot.

Namun, mania ICO ini tidak berlangsung lama, karena harga Bitcoin untuk sementara mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada akhir Desember 2017 sebelum jatuh pada bulan-bulan berikutnya. Sementara harga Bitcoin terus merosot, dominasinya juga tetap rendah. Menurunnya kepercayaan dan meningkatnya sentimen negatif yang dialami oleh pasar secara keseluruhan pada akhirnya menyebabkan jatuhnya mata uang kripto pada tahun 2018 dan pasar bearish berikutnya, yang berlangsung selama sekitar satu tahun.

Baca selengkapnya tentang analisis terperinci kami mengenai pasar bearish.

Dominasi 2019-2020

Sekitar tahun 2019, pasar kripto mereda dan terkoreksi, dan harga Bitcoin terus pulih seiring dengan dominasinya. Menjelang halving Bitcoin pada tahun 2020, dominasinya melonjak, memantul di suatu tempat pada rentang 60%–70%.

Meskipun halving mendorong dominasi Bitcoin ke level tinggi pada Mei 2020, dominasinya turun secara signifikan dari ~66% menjadi ~55% karena musim panas DeFi, ketika banyak token DeFi muncul dan mendapatkan banyak perhatian.

Dominasi 2021

Harga Bitcoin mulai naik dengan cepat lagi pada tahun 2021, ketika kapitalisasi pasarnya melonjak ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu 700% sejak Maret 2020, melampaui level tertinggi sepanjang masa sebelumnya dengan jumlah yang signifikan.

Pada periode ini, ada peningkatan minat terhadap kripto dari klien institusional dan selebriti. Inovasi baru memberi jalan bagi munculnya DeFi dan token non-fungible (NFT), dan klien ritel mulai masuk ke altcoin. Kepercayaan terhadap pasar kripto kembali meningkat, tetapi relatif menurun untuk Bitcoin . Hal ini mengakibatkan Bitcoin secara bertahap kehilangan lebih banyak pangsa pasarnya ke altcoin, dan dominasinya tetap di bawah 40% sejak saat itu (pada saat artikel ini ditulis).

Mengapa Dominasi Bitcoin Masih Penting Saat Ini

Dominasi Bitcoin adalah salah satu sumber data yang menjadi dasar dari Indeks Ketakutan dan Keserakahan — sebuah indikator sentimen pasar utama yang bertujuan untuk mengukur apakah pasar atau aset tertentu diperjualbelikan di atas atau di bawah nilai yang seharusnya sebagai akibat dari sentimen pasar secara keseluruhan; indikator ini melihat apakah rasa takut atau keserakahan lebih dominan di pasar. Peningkatan dominasi Bitcoin biasanya menandakan ketakutan.

Dalam beberapa skenario, rasio ini juga dapat menandakan permulaan musim altcoin, yang mengacu pada periode ketika sejumlah altcoin dengan cepat mengalami kenaikan harga terhadap dolar dan Bitcoin secara bersamaan. Dominasi Bitcoin adalah salah satu metrik yang paling relevan untuk musim altcoin, ketika altcoin populer mendapatkan dukungan pasar, dan kinerjanya biasanya lebih baik daripada Bitcoin, sehingga mengurangi pangsa pasar dan dominasi Bitcoin di pasar kripto.

Selain itu, ada beberapa cara lain yang digunakan oleh para pelaku pasar untuk menggunakan dominasi Bitcoin dalam membuat keputusan trading. Salah satunya adalah strategi yang memberikan sinyal beli dan jual, yang menggunakan dominasi Bitcoin untuk menentukan tren terkuat.

Singkatnya:

Kesimpulan — Seberapa Besar Pengaruh Dominasi Bitcoin?

Meskipun dominasi Bitcoin dapat menjadi alat yang berguna bagi para pedagang, namun ada beberapa penafiannya sendiri. Salah satunya adalah bahwa Bitcoin mulai menunjukkan perilaku yang belum pernah terjadi sebelumnya, bisa dibilang perlahan-lahan kehilangan perannya sebagai pengukur sentimen.

Beberapa orang di dunia kripto mempertanyakan keandalannya sebagai indikator pasar, mengingat kompleksitas yang melekat dalam ekosistem kripto. Ada juga faktor lain yang tidak diperhitungkan dalam rasio, seperti bitcoin yang hilang dan likuiditas pasar, yang dapat memengaruhi kapitalisasi pasar Bitcoin dan, dengan demikian, membuat metrik menjadi tidak tepat.

Dunia kripto sangat kompleks dan sulit diprediksi. Para trader perlu mencari banyak sinyal untuk menentukan strategi jual-beli yang tepat. Dominasi Bitcoin hanyalah salah satu dari sinyal-sinyal tersebut, dan hanya mengandalkannya tidaklah ideal.

Perlu juga dicatat bahwa dominasi Bitcoin atas kapitalisasi pasar tidak mencerminkan nilai sebenarnya, dan juga tidak berarti masuknya uang secara tiba-tiba ke pasar. Sebaliknya, ini adalah metrik yang didasarkan pada suplai yang beredar dan harga pasar saat ini, yang dapat mengindikasikan sentimen pasar.

Selain itu, dengan semakin banyaknya altcoin yang memasuki pasar, dominasi Bitcoin diperkirakan akan terus menurun. Karena ekosistem altcoin terus berkembang, sulit untuk mengatakan seberapa besar manfaat dominasi Bitcoin sebagai indikator untuk pasar yang lebih luas pada masa depan. Kenaikan atau penurunan dominasi Bitcoin tidak selalu merupakan hal yang baik atau buruk; ini berfungsi sebagai alat yang dapat memberikan perspektif kepada para pedagang tentang bagaimana ruang kripto berkembang.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada hal yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

bitcoin

cryptocurrencies

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens