Apa itu Aptos (APT)?

Dalam artikel ini, kita akan mengetahui bagaimana Aptos dirancang untuk mengatasi permasalahan blockchain dan membuatnya dapat diskalakan, aman, dan hemat biaya.

Dec 08, 2023
|

What Is Aptos F

Poin-poin Penting:

  • Aptos, yang didirikan oleh Avery Ching dan Mo Shaikh pada bulan Oktober 2022, adalah sebuah blockchain Layer-1 yang didesain untuk skalabilitas, keamanan, dan keandalan.
  • Tidak seperti blockchain tradisional dengan eksekusi transaksi serial, Aptos mengadopsi mesin eksekusi paralel.
  • Move, sebuah bahasa pemrograman, memungkinkan eksekusi paralel menggunakan Block-STM, meningkatkan throughput transaksi jaringan hingga 160.000 transaksi per detik (tps).
  • Token APT berfungsi sebagai mata uang kripto native dari blockchain Aptos dan digunakan untuk biaya transaksi, validator, dan tata kelola.

Apa itu Aptos?

Didirikan oleh Avery Ching dan Mo Shaikh pada bulan Oktober 2022, Aptos adalah blockchain Layer-1 yang dirancang agar dapat diskalakan, aman, dan dapat diandalkan. Aptos menggunakan mekanisme konsensus AptosBFT yang dibangun di atas bahasa pemrograman kontrak pintar Move.

Bagaimana Cara Kerja Aptos?

Tidak seperti blockchain lain yang menggunakan eksekusi transaksi serial, Aptos memanfaatkan bahasa pemrograman kontrak pintar Move. Dikembangkan oleh tim Diem Meta, ini memungkinkan penggunaan mesin eksekusi paralel, dikenal sebagai Block-STM, untuk meningkatkan throughput transaksi dalam jaringan, yang diklaim dapat meningkatkan kemampuan hingga 160.000 transaksi per detik (tps).

Aptos mengadopsi pendekatan modular untuk pemrosesan transaksi, yang mencapai throughput tinggi dan latensi rendah. Blockchain modular mencakup komponen utama seperti eksekusi kontrak pintar, mekanisme konsensus, pemrosesan transaksi paralel, antarmuka klien, dan manajemen validator.

Mekanisme konsensus mereka menggunakan pendekatan Byzantine Fault Tolerance (BFT) dan Proof of Stake (PoS), yaitu sekumpulan validator secara kolektif memproses transaksi; klien, bertanggung jawab untuk mengirimkan transaksi atau meminta data blockchain dan dapat mengunduh serta memverifikasi bukti yang ditandatangani oleh validator.

Jaringan ini juga mencakup node penuh, mereplikasi transaksi dan status blockchain, serta klien ringan, yang mempertahankan kumpulan validator saat ini dan secara aman meminta status blockchain parsial. Desain modular dan algoritma konsensus Aptos memastikan fleksibilitas, keamanan, dan keandalan dalam memproses transaksi, memenuhi kebutuhan pengguna yang terus berkembang.

Mekanisme Konsensus Aptos

Ketika Facebook mulai membuat blockchain mreka sendiri, Libra, Facebook memodifikasi model konsensus yang disebut HotStuff untuk mengembangkan algoritma konsensus yang lebih cepat, lebih terukur, dan lebih kuat, yang pada awalnya disebut LibraBFT. Algoritma ini dikenal sebagai AptosBFT.

Aptos membutuhkan minimal 1 juta token untuk berpartisipasi dalam konsensus. Mekanisme konsensus Aptos mengintegrasikan PoS dan BFT, dan pengguna dapat berpartisipasi dengan cara staking Aptos tanpa menjalankan validator dan memilih validator tertentu untuk staking. Staking menambahkan kekuatan voting ke validator yang dipilih, yang menunjukkan kepercayaan. Pemegang token yang melakukan staking Aptos dapat memberikan suara secara on-chain untuk peningkatan jaringan yang diusulkan.

Metrik dan Pencapaian Aptos

Aptos mengeklaim memiliki biaya yang sangat rendah, terutama dibandingkan dengan Ethereum. Biaya ini ditentukan oleh jenis interaksi dengan jaringan. Di bawah ini adalah metrik dan pencapaian yang telah dicapai Aptos:

  • Aptos mencapai 160.000 tps, dengan penyelesaian blok kurang dari satu detik.
  • Aptos telah menghasilkan lebih dari 100 juta blok, dengan kecepatan transaksi waktu blok lima detik, yang berarti transaksi baru ditambahkan ke blockchain setiap lima detik.
  • Transfer koin di Aptos dapat dikenakan biaya sekitar 0,00055 APT, token native Aptos, dan operasi keuangan terdesentralisasi (DeFi) dapat dikenakan biaya hingga 0,005 APT, yang secara signifikan mengurangi biaya per transaksi menjadi kurang dari US$ 0,01.
  • Aptos mencapai desentralisasi dengan memiliki 117 validator di 26 negara dan 51 kota, per Desember 2023.

Apa itu Token APT?

APT adalah token native dari blockchain Aptos dan digunakan untuk membayar biaya transaksi dan jaringan di jaringan Aptos.

Fitur dan Kegunaan Token APT

  1. Membayar biaya transaksi dan jaringan di jaringan Aptos.
  2. Memberi insentif kepada node validator dan memberi reward kepada pengguna yang berpartisipasi dalam proyek Aptos. Untuk menjadi validator, diperlukan jumlah minimum 1 juta token APT.
  1. Pemegang APT dapat berpartisipasi dalam tata kelola on-chain.

Tokenomics dari Token APT

  • Suplai Awal: Token APT diluncurkan pada 12 Oktober 2022, dengan total suplai awal sebesar 1 miliar token. Suplai yang beredar saat ini adalah 276,1 juta token.
  • Distribusi: Token APT didistribusikan sebagai berikut:
  1. Komunitas: 51,02%
  2. Kontributor Inti: 19%
  3. Yayasan: 16.50%
  4. Investor: 13.48%

Cara Memperjualbelikan APT

Token Aptos (APT) terdaftar di Crypto.com App, tergabung dengan daftar 250 lebih mata uang kripto dan koin stabil yang didukung, termasuk Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Polkadot (DOT), USD Coin (USDC), dan Cronos (CRO).

Pengguna Crypto.com App sekarang dapat membeli APT dengan harga asli menggunakan USD, EUR, GBP, dan 20 lebih mata uang fiat lainnya dan membelanjakannya di lebih dari 80 juta merchant di seluruh dunia dengan menggunakan Kartu Visa Crypto.com.

Sebagai alternatif, pengguna juga dapat memperjualbelikan APT di Crypto.com Exchange.

Kesimpulan

Diluncurkan pada tahun 2022, Aptos adalah blockchain Layer-1 dengan fokus yang kuat pada skalabilitas, keamanan, dan keandalan. Fitur-fiturnya yang unik, seperti mekanisme konsensus AptosBFT (PoS) dan bahasa pemrograman kontrak pintar Move, memungkinkan eksekusi paralel dan menghasilkan throughput transaksi hingga 160.000 tps.

Aptos merupakan tambahan yang menjanjikan untuk lanskap blockchain, menawarkan solusi inovatif untuk tantangan industri yang sudah berlangsung lama.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada hal yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dari Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

coins & tokens

cryptocurrencies

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens