Apa itu Rug Pull dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Rug pull adalah istilah untuk penipuan di dunia kripto, yaitu ketika trader dibiarkan menggantung dengan aset yang tidak berharga. Inilah cara menghindarinya.

Sep 18, 2023
|

What Is Rug Pull

Poin-poin Penting:

  • Dalam dunia mata uang kripto, penipuan bertujuan untuk mengekstraksi nilai secara curang, sering kali menggunakan taktik seperti rug pull.
  • Rug pull menciptakan sensasi luar biasa di sekitar proyek kripto atau DeFi baru, menarik para trader, hanya untuk kemudian tiba-tiba menarik dana dan membuat proyek tersebut tidak berharga.
  • Penelitian menyeluruh, skeptisisme atas tim anonim dan audit pihak ketiga, serta keterlibatan komunitas sangat penting untuk melindungi dari rug pull.
  • Walaupun mata uang kripto menawarkan potensi yang sangat besar, mata uang kripto juga memiliki risiko yang sama besarnya, dan hal ini menekankan pentingnya pengambilan keputusan yang tepat.

Apa itu Scam?

Scam adalah skema penipuan atau tipu daya yang dirancang untuk mengelabui seseorang agar memberikan uang, informasi pribadi, dan/atau aset berharga lainnya. Penipu menggunakan berbagai taktik dan strategi untuk memanipulasi korbannya agar percaya bahwa mereka berurusan dengan peluang, layanan, atau produk yang sah, padahal kenyataannya, niat mereka tidak jujur.

Penipuan datang dalam berbagai bentuk, seperti peluang investasi palsu, email phishing, skema piramida, pencurian identitas, undian berhadiah dan penipuan cepat kaya, dan banyak lagi. Mereka sering mengeksploitasi pemicu psikologis seperti urgensi, ketakutan, keserakahan, atau keinginan untuk mendapatkan keuntungan untuk memanipulasi korban agar melakukan tindakan yang menguntungkan penipu.

Apa itu Rug Pull?

Rug pull adalah istilah yang berasal dari dunia mata uang kripto dan keuangan terdesentralisasi (DeFi). Istilah ini mengacu pada tindakan jahat ketika pengembang proyek mata uang kripto atau orang dalam membuat sebuah proyek atau token, membangun hype, menarik para trader, dan kemudian tiba-tiba menarik – atau ‘pull’ – sebagian besar atau seluruh dana yang diinvestasikan untuk diri mereka sendiri, yang secara efektif membuat token atau proyek menjadi tidak berharga.

Hal ini mirip dengan menarik karpet dari bawah seseorang dan membuat orang tersebut terjatuh.

Bagaimana Cara Kerja Rug Pull Secara Detail?

Di bawah ini menunjukkan bagaimana rug pull terlihat dalam kehidupan nyata, mulai dari pengaturan hingga penipu menghilang dengan uang korbannya:

  1. Penyiapan: Para penipu membuat proyek mata uang kripto/token atau DeFi baru yang palsu. Proyek ini sering kali dilengkapi dengan semua fitur yang ditawarkan oleh proyek kripto yang nyata dan dapat dipercaya: situs web yang menarik, white paper, dan roadmap yang menjanjikan fitur-fitur inovatif.
  2. Pemasaran dan Hype: Penipu atau shiller yang terlibat kemudian secara agresif mempromosikan token atau proyek di platform media sosial seperti Telegram, Reddit, dan YouTube, atau melalui influencer dan forum online.
  3. Gelombang Pembeli: Ketika hype meningkat, trader yang tidak menaruh curiga akan berpartisipasi dalam proyek, meningkatkan nilai token atau jumlah uang yang terkunci ke dalam proyek.
  4. Penarikan: Setelah proyek mengumpulkan modal yang cukup, pelaku kejahatan tiba-tiba menarik dana dari kumpulan likuiditas atau cadangan proyek, atau menjalankan fungsi dalam kontrak pintar yang menguntungkan mereka – sehingga merugikan orang lain.
  5. Menghilang: Pengembang dan orang dalam kemudian menghilang, bahkan terkadang menghapus akun media sosial, situs web, dan jejak proyek lainnya.

Bagaimana Cara Pengguna Melindungi Diri Dari Rug Pull?

Di bawah ini adalah beberapa praktik terbaik untuk memeriksa sebuah proyek dan, ketika digunakan bersama dengan langkah-langkah perlindungan lainnya, dapat membantu pengguna menghindari tertipu ke dalam rug pull:

  1. Lakukan Penelitian: Selalu lakukan penelitian terhadap sebuah proyek sebelum berkomitmen secara finansial. Carilah transparansi mengenai siapa pengembangnya (mis., apakah tim tersebut dikenal publik?), rekam jejak proyek-proyek sebelumnya, dan reputasi mereka di komunitas.
  2. Berhati-hatilah dengan Tim Anonim: Tim yang benar-benar anonim tanpa rekam jejak bisa menjadi tanda bahaya. Meskipun tidak semua proyek dengan tim anonim adalah penipuan, namun hal ini menambah lapisan risiko.
  3. Laporan Audit: Apakah proyek memiliki audit pihak ketiga yang memiliki reputasi baik? Jika ya, baca laporannya untuk mengetahui potensi kerentanan.
  4. Libatkan Komunitas: Berpartisipasilah dengan komunitas proyek di Telegram, Discord, dan saluran lainnya. Ajukan pertanyaan dan lihat apa yang orang lain katakan tentang proyek tersebut. Jika komunitasnya tampak tertutup dan tidak mau menjawab pertanyaan, ini adalah tanda bahaya.
  5. Batasi Investasi Awal: Jika tidak yakin dengan sebuah proyek tetapi masih tergoda, pertimbangkan untuk memperjualbelikan kripto dalam jumlah yang lebih kecil pada awalnya. Ini akan membatasi potensi kerugian.
  6. Periksa Likuiditas: Untuk proyek DeFi, pastikan likuiditasnya cukup dan dana terkunci untuk waktu yang wajar, yang dapat mencegah penarikan dana secara tiba-tiba. Informasi ini biasanya terdapat di whitepaper dan kontrak pintar. Periksa juga apakah kode kontrak pintar berisi celah yang memungkinkan pengembang menarik semua dana dari blockchain tanpa peringatan.
  7. Tetap Cari Informasi Baru: Penipuan terus berkembang. Tetap cari informasi mengenai taktik terbaru agar dapat mengidentifikasi potensi ancaman.
  8. Gunakan Dosis Skeptisisme yang Sehat: Jika tampaknya terlalu muluk untuk menjadi kenyataan, mungkin saja. Janji atau imbal hasil yang tidak realistis umumnya merupakan tanda bahaya.

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel Universitas kami 7 Penipuan Umum Kripto dan Cara Menghindarinya.

Kesimpulan – Cara Tetap Aman di Dunia Kripto

Meskipun dunia mata uang kripto dan DeFi menawarkan potensi yang sangat besar untuk inovasi dan pertumbuhan, dunia ini juga memiliki risiko yang sama dengan sektor keuangan tradisional (TradFi): pelaku jahat yang ingin mengambil keuntungan dari ketidaktahuan. Dengan melakukan DYOR, terlibat dengan komunitas, dan mempertahankan tingkat skeptisisme yang sehat, trader dapat melindungi diri mereka sendiri dari rug pull dan penipuan lainnya. Sangat penting untuk mendapatkan informasi yang cukup dan berhati-hati saat trading di pasar mana pun, terutama di sektor yang berkembang pesat seperti mata uang kripto.

Baca Tips Keamanan Penting kami untuk mengetahui praktik terbaik dalam melindungi diri dari penipuan dan menjaga keamanan akun.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada hal yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

scams

security

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens