Apa Itu DAO dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pandangan mendalam tentang cara kerja organisasi otonom yang terdesentralisasi dan apa artinya bagi masa depan bisnis

Sep 10, 2022
|

apa itu DAO

Hal-hal Penting yang Dapat Dipetik

  • DAO adalah entitas yang dirancang untuk sepenuhnya otonom dan dapat dioperasikan tanpa titik pusat kendali
  • DAO biasanya didefinisikan oleh lima karakteristik berikut: organisasi datar, transparansi, akses terbuka, demokrasi, dan desentralisasi
  • Aturan DAO dibuat oleh tim inti yang terdiri dari anggota komite dan dieksekusi melalui kontrak pintar
  • Untuk mendapatkan hak suara atau keanggotaan di DAO, pengguna biasanya diharuskan memiliki token tata kelolanya
  • Contoh yang terkenal termasuk DAO, Uniswap, dan ConstitutionDAO

Apa itu DAO?

Konsep organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) pertama kali diusulkan pada tahun 2015 oleh Dan Larimer, pendiri BitShares, Steemit, dan EOS (Block.one). Namun, metode tata kelola ini baru mendapatkan perhatian utama setelah salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, menyempurnakan teorinya.

Menurut definisi, DAO adalah entitas yang dirancang untuk sepenuhnya otonom dan dapat dioperasikan tanpa titik pusat kendali. Sebaliknya, ini terdiri dari komite yang setuju untuk mematuhi aturan tertentu untuk tujuan bersama. Para anggota komite ini secara kolektif memiliki dan mengelola DAO melalui token aslinya dan membantu DAO bekerja menuju tujuan yang terpadu.

DAO biasanya didefinisikan oleh lima karakteristik ini:

  • Organisasi datar DAO tidak memiliki hirarki, dan keputusan dibuat oleh pemangku kepentingan atau anggotanya, bukan oleh pemimpin atau manajer; meskipun demikian, bidang pengambilan keputusan tertentu dapat didelegasikan kepada tim inti atau tim terpilih
  • Transparansi DAO harus bersifat open-source, dan siapa pun dapat memeriksa kode pada smart contract atau melihat riwayat transaksi DAO di blockchain
  • Akses Terbuka Siapa pun dapat, secara teori, menjadi anggota DAO, selama mereka memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, seperti memegang token tata kelola
  • Demokrasi Tidak ada satu pihak pun yang dapat memveto permintaan setelah melewati proses pemungutan suara
  • Desentralisasi DAO mengandalkan kontrak pintar untuk eksekusi. Terkadang, anggota DAO dapat mempekerjakan sumber daya manusia untuk memperbaiki masalah seperti bug atau pembaruan

Bagaimana Cara Kerja DAO?

Tata Kelola Melalui Kontrak Cerdas

Aturan DAO dibuat oleh tim inti yang terdiri dari anggota komite dan dieksekusi – setidaknya secara teori – melalui penggunaan smart contract.

Kontrak pintar merupakan cetak biru dasar dari mana DAO beroperasi. Setelah selesai, kontrak-kontrak ini dipublikasikan di blockchain. Mereka sangat terlihat, dapat diverifikasi, dan dapat diaudit oleh publik; setiap anggota yang ada atau calon anggota dapat membaca dengan teliti kode tersebut dan memastikan kontrak pintar selaras dengan tujuan DAO.

Pada prinsipnya, DAO tidak dapat diubah atau diubah kecuali mayoritas anggota mencapai konsensus tentang masalah tersebut. Demikian pula, karena perbendaharaan (dana) dalam DAO dilindungi oleh smart contract, tidak ada satu pihak pun yang dapat mengakses aset tanpa persetujuan dari mayoritas anggota DAO.

Penerapan kontrak pintar dalam DAO memungkinkan organisasi untuk tidak terlalu bergantung pada input manusia untuk beroperasi. Sebaliknya, keputusan dibuat secara kolektif melalui proses pemungutan suara dan dieksekusi secara otomatis oleh smart contract.

Kekuatan Pemungutan Suara

DAO dianggap partisipatif dan demokratis. Dengan kata lain, jika mayoritas anggota mendukung sebuah keputusan, maka keputusan tersebut akan diambil.

Untuk mendapatkan hak suara atau keanggotaan di DAO, pengguna biasanya diharuskan memiliki token tata kelola. Lebih lanjut, kekuatan voting sering kali didistribusikan di antara para anggotanya berdasarkan jumlah token yang dimiliki setiap anggota.

Sebagai gambaran, seorang anggota yang memiliki 100 token di DAO mungkin memiliki kekuatan suara dua kali lipat dibandingkan dengan anggota yang hanya memiliki 50 token. Keyakinan di balik distribusi umum hak suara ini adalah bahwa pengguna yang telah mengalokasikan lebih banyak modal ke DAO memiliki lebih banyak pengaruh dalam pengambilan keputusan, karena mereka diberi insentif untuk bertindak dengan itikad baik terhadap DAO.

Contoh-contoh DAO

Kasus penggunaan untuk DAO berkisar dari tujuan tunggal yang sederhana hingga proyek jangka panjang yang kompleks. Bergantung pada tujuannya, kasus penggunaan DAO dapat menyerupai perusahaan tradisional di industri apa pun.

Jenis-jenis DAO

DAO dibentuk untuk berbagai alasan, sering kali – tetapi tidak selalu – untuk mendapatkan keuntungan finansial.

Berikut adalah beberapa cara yang saat ini digunakan oleh DAO:

Protokol DAO: Salah satu penggunaan utama DAO saat ini adalah DAO protokol yang mengatur protokol yang terdesentralisasi. Sebagai contoh, MakerDAO mempertahankan patokan stablecoin DAI terhadap dolar.

DAO kolektor: Tujuan dari DAO kolektor adalah untuk memperoleh token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT). Anggota DAO akan mengumpulkan uang mereka dan membeli NFT yang dipilih oleh anggota DAO. PleasrDAO, salah satu DAO kolektor paling terkenal, membeli album Wu-Tang Clan “Once Upon a Time in Shaolin” pada tahun 2021 di lelang pemerintah. ConstitutionDAO berusaha membeli salinan Konstitusi AS di sebuah lelang, mengumpulkan US$47 juta dalam bentuk Ether untuk melakukannya.

DAO sosial: Sebagian besar DAO memiliki semacam aspek sosial, tetapi DAO sosial murni dibuat dengan tujuan eksplisit untuk mengumpulkan orang-orang dengan minat yang sama.

Oleh karena itu, karena sebagian besar DAO membutuhkan kepemilikan token tata kelola, mereka dapat mulai terlihat seperti country club. Sebagai contoh, Friends with Benefits mengharuskan anggota penuh untuk membeli 75 token FWB. Yang terkenal, koleksi Bored Ape NFT memberikan pemiliknya akses ke saluran perselisihan Bored Ape Yacht Club dan acara khusus anggota.

DAO investasi: Anggota DAO investasi – juga dikenal sebagai DAO ventura – mengumpulkan aset mereka dan memberikan suara tentang bagaimana dan di mana menginvestasikannya menggunakan token tata kelola. Keuntungan dan kerugian dibagi oleh semua anggota secara proporsional sesuai dengan kepemilikan mereka.

Organisasi Filantropi (DAO): DAO ini bertindak sebagai badan amal yang dipimpin oleh komunitas, mengumpulkan dana dan secara kolektif memutuskan organisasi mana yang akan disumbangkan. Cara kerjanya mirip dengan DAO hibah, yang memilih proyek-proyek keuangan terdesentralisasi(DeFi) untuk didukung.

Contoh DAO Terkenal Termasuk:

DAO

DAO, yang pertama dari jenisnya, diciptakan sebagai bentuk dana modal ventura yang diarahkan oleh investor. Ini dikembangkan oleh Slock.it, sebuah perusahaan yang berbasis di Jerman yang dibangun di atas blockchain Ethereum, dengan tujuan mengintegrasikan transaksi dunia nyata ke dalam blockchain.

Pada awal tahun 2016, perusahaan ini sedang mencari metode untuk mengumpulkan dana untuk proyeknya, dimana pendirinya, Christoph Jentzsch, merujuk pada konsep crowdfunding dan menerapkannya pada blockchain. Oleh karena itu, lahirlah ide DAO.

Selama masa pembuatannya, DAO menjadi sukses yang tak terduga, karena berhasil mengumpulkan sekitar US$150 juta pada saat itu dari lebih dari 11.000 peserta, menjadikannya sebagai crowdfunding terbesar yang pernah ada.

Uniswap

Uniswap adalah bursa mata uang kripto yang berjalan pada protokol jaringan terdesentralisasi. Organisasi ini bertujuan untuk memfasilitasi transaksi otomatis antara token mata uang kripto pada blockchain Ethereum menggunakan kontrak pintar.

Mirip dengan DAO pada umumnya, Uniswap mengandalkan token tata kelolanya, UNI, sebagai sarana untuk mengembalikan kontrol protokol kepada para anggotanya. Token UNI memberikan kemampuan kepada komunitas Uniswap untuk memberikan suara pada proposal yang berdampak pada operasi dan pengembangan proyek Uniswap sehari-hari.

Token UNI memiliki pasokan maksimum 1 miliar yang dibagi di antara kontributor inti platform, termasuk tim pengembangan, anggota komunitas Uniswap, investor eksternal, dan penasihat.

Uniswap dapat diakses melalui Dompet DeFi Crypto.com.

KonstitusiDAO

ConstitutionDAO dibentuk pada November 2021 dengan tujuan membeli salinan asli Konstitusi Amerika Serikat. DAO dengan tujuan tunggal ini mengumpulkan lebih dari 17.000 orang dan mengumpulkan dana sebesar US$47 juta. Namun, ConstitutionDAO akhirnya kalah dalam penawaran tersebut dari Ken Griffin, pendiri Citadel, dan semua aset dikembalikan kepada peserta DAO.

Meskipun demikian, acara ini merupakan langkah penting yang memamerkan kekuatan DAO.

Kesimpulan

DAO terhubung erat dengan evolusi Web3 dan ruang kripto. Dengan hanya beberapa tahun sejarah operasional, penyempurnaan pada strukturnya dapat diharapkan, dan mungkin akan segera menjadi lebih umum di dalam dan di luar dunia blockchain.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Blockchain

dao

smart contracts

utility tokens

Web3

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens