Apa itu 2FA? Bagaimana Autentikasi Dua Faktor Dapat Melindungi Mata Uang Kripto Anda

Tingkatkan keamanan online Anda dengan autentikasi dua faktor (2FA). Pelajari apa itu 2FA, bagaimana cara kerjanya, dan mengapa fitur ini sangat penting untuk melindungi akun online Anda.

Jan 24, 2024
|

What Is A 2fa F 1

Poin-poin Penting:

  • Autentikasi dua faktor (2FA) secara signifikan meningkatkan keamanan online dengan membutuhkan dua jenis identifikasi yang berbeda, menambahkan lapisan perlindungan ekstra pada akun online.
  • 2FA melibatkan penggabungan faktor-faktor seperti sesuatu yang Anda ketahui (kata sandi) dengan sesuatu yang Anda miliki (perangkat seluler), sehingga mengurangi risiko akses yang tidak sah meskipun kata sandi dibocorkan.
  • Metode yang berbeda dari 2FA termasuk autentikasi SMS, aplikasi otentikasi seluler, dan token perangkat keras, masing-masing dengan kekuatan dan kelemahan yang berbeda.
  • Crypto.com menawarkan 2FA untuk keamanan tambahan, menggunakan Kata Sandi Sekali Pakai (TOTP) berbasis Waktu.
  • Dapatkan petunjuk langkah demi langkah untuk mengaktifkan 2FA dan praktik terbaik untuk menggunakannya secara efektif di semua akun.

Pengantar

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan keamanan online saat jual-beli Bitcoin dan mata uang kripto lainnya adalah dengan menggunakan autentikasi dua faktor (2FA). Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu 2FA, bagaimana cara kerjanya, dan mengapa 2FA sangat penting untuk melindungi akun online Anda.

Bagaimana Cara Kerja Autentikasi Dua Faktor?

2FA adalah sebuah langkah keamanan yang menambahkan lapisan perlindungan ekstra pada akun online dengan meminta dua jenis identifikasi yang berbeda sebelum memberikan akses.

Kedua faktor ini terbagi dalam tiga kategori:

  • sesuatu yang Anda ketahui (misalnya, kata sandi)
  • sesuatu yang Anda miliki (misalnya, perangkat seluler)
  • sesuatu yang menunjukkan diri Anda (misalnya, sidik jari)

Dengan menggabungkan dua faktor ini, 2FA secara signifikan mengurangi risiko akses yang tidak sah, bahkan jika kata sandi diretas. Implementasi 2FA yang paling umum melibatkan kode unik yang sensitif terhadap waktu yang dikirim ke perangkat seluler Anda setelah memasukkan kata sandi. Kode ini harus dimasukkan selain kata sandi Anda untuk mendapatkan akses ke akun Anda.

Gagasan di balik ini adalah, meskipun seseorang berhasil mendapatkan kata sandi Anda, mereka masih perlu memiliki perangkat seluler Anda secara fisik untuk mendapatkan akses masuk, sehingga secara signifikan mempersulit peretas untuk membobol akun Anda.

Pentingnya 2FA

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah insiden serangan siber dan peretasan data meningkat. Peretas terus menemukan cara-cara baru untuk mengeksploitasi kerentanan dalam sistem online, mengekspos pengguna pada pencurian identitas, penipuan keuangan, dan aktivitas berbahaya lainnya. Di sinilah 2FA berperan, bertindak sebagai tindakan yang ampuh untuk melawan akses yang tidak sah.

Dengan membutuhkan bentuk autentikasi tambahan, 2FA menambahkan lapisan keamanan ekstra pada akun online. Ini bertindak sebagai penghalang, memastikan bahwa meskipun kata sandi dibobol, kemungkinan peretas mendapatkan akses ke akun Anda berkurang secara signifikan.

Dengan meningkatnya jumlah pelanggaran data tingkat tinggi, jelas bahwa mengandalkan kata sandi saja tidak lagi memadai. Menerapkan 2FA adalah langkah proaktif yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat keamanan online.

Baca kiat keamanan penting untuk menjaga keamanan akun Anda.

Metode 2FA Umum

Ada beberapa metode untuk menerapkan 2FA, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Metode yang paling umum meliputi:

1. Autentikasi SMS: Metode ini melibatkan penerimaan kode unik melalui SMS pada perangkat seluler setelah memasukkan kata sandi Anda, kemudian Anda kemudian memasukkan kode ini untuk menyelesaikan proses autentikasi. Meskipun autentikasi SMS mudah dilakukan, metode ini bukanlah metode yang paling aman, karena peretas dapat mencegat kode tersebut melalui berbagai cara.

2. Aplikasi Autentikasi Seluler: Aplikasi otentikasi seluler, seperti Authy, menghasilkan kode unik yang diperbarui setiap beberapa detik. Aplikasi ini memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan autentikasi SMS, karena kode tidak dikirim melalui SMS dan juga tidak rentan terhadap penyadapan.

3. Token Perangkat Keras: Token perangkat keras adalah perangkat fisik yang menghasilkan kode unik. Token ini biasanya berukuran kecil dan portabel, membuatnya nyaman untuk dibawa-bawa, dan sering digunakan oleh perusahaan sebagai bagian dari keamanan perusahaan. Token perangkat keras dianggap sebagai salah satu bentuk 2FA yang paling aman, karena tidak rentan terhadap peretasan atau penyadapan. Namun, token perangkat keras dapat dengan mudah hilang atau dicuri, sehingga menimbulkan risiko.

Pelajari lebih lanjut tentang penipuan mata uang kripto yang umum terjadi dan cara menghindarinya di artikel ini.

Menjaga Akun Crypto.com Anda Tetap Aman Dengan 2FA

Crypto.com menawarkan 2FA untuk semua produknya untuk menjaga keamanan pengguna — selalu.

Crypto.com menggunakan Kata Sandi Sekali Pakai Berbasis Waktu (TOTP) untuk 2FA, yang melibatkan pembuatan kode enam digit sementara yang unik dan hanya berlaku selama 30 detik. Untuk melakukan tindakan tertentu yang akan memengaruhi aset Anda, Anda harus memasukkan kode ini selain kata sandi.

Tindakan-tindakan ini meliputi:

  • Mengirim mata uang kripto ke pengguna aplikasi lain
  • Penarikan mata uang kripto
  • Penarikan Fiat
  • Whitelist alamat dompet

Cara Mengaktifkan 2FA di Crypto.com App

  1. Dari menu di Crypto.com App, ketuk Pengaturan > Keamanan > Autentikasi 2 Faktor > Aktifkan 2FA.
  2. Masukkan kode sandi Anda.
  3. Pindai kode QR dengan aplikasi autentikasi atau salin kode untuk menambahkannya secara manual dengan menekan ikon kertas kecil.
  4. Kecilkan Crypto.com App dan buka aplikasi Authenticator.
  5. Di aplikasi Authenticator, pilih opsi untuk menambahkan akun lain.
  6. Kemudian pilih opsi untuk memasukkan kunci rahasia secara manual (kode panjang yang telah Anda salin).
  7. Tempel kode tersebut pada kolom teks dengan menekan dan menahannya (Anda akan melihat opsi untuk menempel).
  8. Simpan perubahan.
  9. Aplikasi Authenticator akan mulai menghasilkan kode 2FA dengan waktu kedaluwarsa 30 detik. Ingatlah bahwa kode tersebut hanya terdiri dari angka.
  10. Tekan dan tahan kode enam digit yang dihasilkan di aplikasi Authenticator untuk menyalinnya. (Pastikan Anda dapat menyelesaikan langkah 9 dalam waktu 30 detik).
  11. Buka Crypto.com App.
  12. Setelah memasukkan kode sandi normal Anda lagi, klik tombol biru ‘Lanjutkan untuk memverifikasi’ dan kemudian tempelkan kode enam digit dari aplikasi Authenticator.

Untuk informasi lebih lanjut, baca panduan kami tentang cara menyiapkan 2FA:

Cara Mengatur 2FA Crypto.com App Anda

Cara Mengatur 2FA Crypto.com Exchange Anda

Semua Tentang 2FA di Dompet DeFi Crypto.com

Cara mengatur 2FA untuk Crypto.com NFT Marketplace

Praktik Terbaik untuk Menggunakan 2FA

Untuk memaksimalkan keefektifan 2FA, penting untuk mengikuti beberapa praktik terbaik, termasuk:

  1. Aktifkan 2FA di semua akun: Terapkan 2FA untuk semua platform dan layanan yang mendukungnya, termasuk media sosial, email, dan akun keuangan.
  2. Simpan kode cadangan di lokasi yang aman: Simpan kode cadangan yang disediakan oleh platform dan layanan di lokasi yang aman, seperti pengelola kata sandi atau dokumen terenkripsi. Kode-kode ini akan sangat berharga jika Anda kehilangan akses ke metode 2FA utama Anda.
  3. Tinjau pengaturan 2FA Anda secara teratur: Periksa pengaturan 2FA Anda secara berkala untuk memastikan semuanya sudah diperbarui. Hapus metode autentikasi yang sudah lama atau tidak digunakan dan tambahkan metode baru jika perlu.

Dengan mengikuti praktik terbaik ini, Anda bisa memanfaatkan 2FA secara maksimal dan meningkatkan keamanan online Anda secara signifikan.

Seperti inilah upaya phishing terlihat dalam kehidupan nyata.

Kesimpulan — Haruskah Anda Menggunakan 2FA?

Autentikasi dua faktor (2FA) memberikan lapisan perlindungan yang kuat terhadap akses tidak sah ke akun online. Dengan mewajibkan bentuk autentikasi tambahan, 2FA secara signifikan mengurangi risiko pencurian identitas, penipuan keuangan, dan aktivitas berbahaya lainnya.

Dengan mengaktifkan 2FA di semua akun Anda, memilih metode autentikasi yang aman, dan mengikuti praktik terbaik, Anda dapat meningkatkan keamanan online dan memanfaatkan ruang mata uang kripto dengan lebih tenang.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada hal yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar dari harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

security

Security features

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens