Apa itu NFT? Penjelasan Token Non-Fungible

Cari tahu informasi lengkap tentang bagaimana token yang tidak dapat dipertukarkan – NFT – digunakan sebagai aset dalam game, seni digital, dan barang koleksi.

Jan 27, 2022
|

Apa itu Nfts Otp

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • NFT adalah aset digital yang unik dan tak tergantikan yang dicetak di atas blockchain. Ini terdiri dari seni digital, barang koleksi, dan bahkan aset dalam game untuk game blockchain.
  • NFT memiliki beberapa karakteristik yang menentukan, termasuk keunikan digital, kepemilikan yang dapat diverifikasi dan dilacak secara publik, dan tingkat kelangkaan.
  • Barang koleksi digital memiliki potensi untuk mendukung ekonomi kreator, dengan individu yang dapat membangun royalti saat membuat NFT mereka.
  • Perusahaan-perusahaan telah mulai melibatkan NFT, juga, dengan rumah lelang Christie’s dan Sotheby’s yang merangkul ruang tersebut, bersama dengan platform media sosial TikTok.

Apa itu NFT?

NFT adalah singkatan dari ‘non-fungible token’ – aset otentik dan tak tergantikan yang hidup di blockchain. Setiap NFT adalah unik, bahkan jika beberapa NFT mewakili item yang sama. Kasus penggunaan yang menonjol untuk NFT saat ini termasuk aset dalam game, seni digital, dan barang koleksi. Sebagai perbandingan, aset yang dapat dipertukarkan – seperti Bitcoin (BTC) atau dolar AS – memiliki unit yang dapat dipertukarkan satu sama lain.

NFT memasuki arus utama pada tahun 2021, dengan barang koleksi digital yang terjual seharga jutaan dolar di pelelangan dan mendapatkan perhatian dari media di seluruh dunia. Sebuah karya seni digital karya seniman Beeple berjudul ‘Everydays: the First 5000 Days’ terjual dengan harga US$69,3 juta dalam lelang online yang diadakan oleh rumah lelang Inggris, Christie’s.

Pada Juni 2021, salah satu rumah lelang tertua di dunia, Sotheby’s, membuka galeri virtual di Decentraland untuk melelang NFT. Penjualan yang paling terkenal hingga saat ini, ‘CryptoPunk #7523’, terjual seharga $11,75 juta di lelang Natively Digital.

Meskipun karya seni NFT sangat beragam dan berlimpah, aspek revolusioner yang membedakan NFT dengan yang lain adalah teknologi di baliknya. NFT adalah metode untuk memberikan kepemilikan unik atas aset digital kepada orang-orang dengan mendaftarkannya di blockchain. Hal ini memungkinkan kerangka kerja yang jelas untuk nilai dalam pertukaran virtual. Ini adalah solusi yang mengubah permainan dengan implikasi yang signifikan untuk masa depan interaksi manusia.

Karakteristik NFT

  • NFT bersifat unik secara digital: Karena setiap NFT memiliki pengenalnya sendiri, mendaftarkan aset digital di blockchain memberikan kepemilikan unik kepada pemegangnya.
  • NFT memiliki kepemilikan yang dapat diverifikasi dan dilacak secara publik: Token di dompet kripto pemilik membuktikan bahwa salinan file digital mereka adalah yang asli, sementara kunci pribadi mereka adalah bukti kepemilikan atas NFT asli. Mereka yang mencoba menyalin file yang diwakili oleh NFT tidak akan menerima manfaat yang didasarkan pada kepemilikan NFT yang sebenarnya.
  • NFT mungkin langka: Pencipta NFT dapat memutuskan berapa banyak edisi yang dicetak. Hal ini mirip dengan seniman yang menciptakan cetakan seni fisik dalam jumlah terbatas.

Ekonomi Pencipta

Saat ini, pembuat konten sering kali tidak mendapatkan bayaran penuh atas karya mereka, karena kepemilikannya sering kali dibagi dengan platform pihak ketiga.

NFT dapat mendukung ekonomi kreator baru, di mana para kreator sendiri tidak perlu menyerahkan kepemilikan konten mereka ke platform yang mereka gunakan. Hal ini karena kepemilikan sudah tertanam dalam konten itu sendiri. Selain itu, pembayaran royalti dapat sepenuhnya diotomatisasi jika pencipta mengaturnya sebelumnya.

NFT di Metaverse

NFT memungkinkan individu untuk membangun identitas digital mereka dengan aman di Metaverse dan melintasi ekosistem yang berbeda. Walaupun kata sandi dapat dicuri dan biometrik dapat diretas, identitas yang diamankan di blockchain lebih sulit untuk dipalsukan dan dicuri. Dengan menciptakan cara bagi individu untuk memiliki dan mengontrol identitas digital mereka, NFT dapat sangat meningkatkan lingkungan virtual ‘loop terbuka’, seperti dalam game atau di media sosial.

Salah satu contoh game NFT adalah Axie Infinity, di mana pemain dapat memiliki, membeli, menjual, dan memperdagangkan sumber daya melalui sistem play-to-earn (P2E) dan pasar sekunder. Sumber daya ini kemudian dapat digunakan dalam permainan untuk menyelesaikan misi dan mengalahkan bos.

GameFi dan Penggunaan Lain untuk NFT

  • Memiliki aset video game: Beberapa NFT dapat diperdagangkan di dunia video game, di mana item sepenuhnya dimiliki oleh pemain dan dapat dijual atau diperdagangkan. Ini adalah langkah besar lainnya dalam dunia desentralisasi yang difasilitasi oleh teknologi blockchain.
  • Cara baru untuk menskalakan NFT: TikTok, platform media sosial yang telah melampaui popularitas Instagram, bermitra dengan ImmutableX untuk mengabadikan momen terpopulernya sebagai NFT. Perusahaan sebesar TikTok yang menggunakan teknologi Layer-2 – lapisan kedua dari blockchain yang berfungsi untuk mem-bypass beberapa hambatan yang ada – memberikan gambaran sekilas tentang bagaimana NFT dapat berkembang.

Fasilitas NFT

Beberapa koleksi NFT, seperti ‘Bored Ape Yacht Club (BAYC)’, juga memberikan manfaat dunia nyata. BAYC membangun komunitas melalui pertemuan dan pesta untuk para kolektor, dengan selebriti termasuk Eminem, Jimmy Fallon, Stephen Curry, dan Snoop Dogg yang memiliki NFT dari koleksinya.

Cara Membeli NFT

Crypto.com NFT Marketplace menampilkan NFT yang dikurasi dari dunia seni, musik, dan olahraga, termasuk Formula 1, UFC, dan Philadelphia 76ers. Pengguna dapat menemukan koleksi dari para kreator populer, memperdagangkan NFT di Marketplace dengan pengguna lain, dan membagikan kreativitas mereka kepada dunia dengan mencetak koleksi mereka sendiri.

Cara Menjual NFT

Pengguna sekarang dapat mencetak dan menjual NFT di Crypto.com NFT Marketplace melalui proses aplikasi kreator yang sederhana. Kunjungi Crypto.com NFT dan klik ‘Buat’ pada bilah navigasi untuk diarahkan ke halaman aplikasi. Para kreator harus merinci perjalanan mereka dan memberikan contoh konkret dari pengalaman mereka di masa lalu. Selain itu, mereka harus mencatat jenis NFT yang ingin mereka buat dan cetak di platform.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

NFT

non-fungible tokens

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens