FUD atau HODL? Akronim Kripto Teratas yang Perlu Diketahui

Dunia kripto terkadang terasa seperti berada di dunianya sendiri. Biasakan diri Anda dengan akronim kripto ini untuk lebih memahami apa yang dikatakan orang.

Nov 04, 2022
|

Gambar 2

Dunia kripto bisa menjadi tempat yang menakutkan. Dengan berbagai macam istilah asing dan akronim yang berbeda, sulit untuk mengikuti dan mendapatkan informasi kripto yang Anda cari. Itulah mengapa kami telah menyusun daftar akronim kripto teratas untuk membantu Anda tetap mengikuti perkembangannya.

ATH

ATH adalah kependekan dari ‘all-time high’ dan mengacu pada harga tertinggi yang pernah dicapai suatu aset secara historis dalam kapitalisasi pasar sejak pertama kali terdaftar. ATH dapat dianggap sebagai harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk aset tertentu.

BTD

BTD adalah istilah yang sering digunakan untuk mendorong pembelian aset setelah penurunan harga pasar. Akronim ini adalah singkatan dari ‘buy the dip’, yang merupakan singkatan dari ‘buy the dip’, yang berarti mengambil keuntungan dari peluang yang dirasakan untuk mengunci aset dengan harga diskon, dengan gagasan bahwa harga aset tersebut pada akhirnya akan meningkat nilainya.

DAO

Organisasi otonom terdesentralisasi(DAO), pada prinsipnya, adalah sebuah kelompok yang dirancang untuk menjadi otonom dan dapat beroperasi tanpa titik kontrol pusat. Biasanya terdiri dari komunitas yang mendelegasikan manajemen sehari-hari kepada komite yang setuju untuk mematuhi aturan tertentu untuk tujuan bersama. Komunitas, secara teori, dengan demikian secara kolektif memiliki dan mengelola DAO melalui token aslinya dan membantu DAO bekerja menuju tujuan yang terpadu.

Dapp

Aplikasi terdesentralisasi (dapp) adalah sebuah aplikasi yang berjalan di atas blockchain. Antarmuka dapp pada umumnya terlihat tidak berbeda dengan situs web atau aplikasi seluler mana pun, kecuali bahwa pengguna mungkin diminta untuk menghubungkan dompet kripto mereka untuk menggunakan berbagai fitur dapp. Dapps dapat memberikan dukungan yang sama dengan aplikasi biasa, tetapi mereka memiliki karakteristik tambahan untuk menikmati keuntungan dari desentralisasi.

DeFi

Keuangan terdesentralisasi(DeFi), terinspirasi oleh layanan keuangan terpusat standar, adalah perangkat lunak yang dibangun di atas blockchain yang memungkinkan pembuatan layanan dengan karakteristik tambahan yang dijalankan pada buku besar yang didistribusikan. Pengguna berinteraksi – sering kali secara tidak langsung, melalui pengalaman pengguna front-end – dengan kontrak pintar dan kode daripada otoritas pusat atau perantara, seperti bank.

DYOR

DYOR adalah singkatan dari ‘do your own research’. Dalam dunia kripto, istilah ini biasanya digunakan untuk mengingatkan investor untuk memeriksa sebuah proyek sebelum berinvestasi.

FOMO

Kependekan dari ‘takut ketinggalan’, dalam dunia kripto, FOMO mengacu pada ketakutan trader atau investor bahwa mereka mungkin kehilangan peluang yang berpotensi menguntungkan. FOMO dipandang sebagai kekuatan pendorong utama di balik naik turunnya harga Bitcoin yang cepat pada tahun 2017.

Ketakutan ini dapat mendorong individu untuk bertindak impulsif dan membuat keputusan investasi berdasarkan emosi, bukan logika dan penalaran. FOMO dapat sangat memengaruhi harga mata uang kripto dan menyebabkan volatilitas besar di pasar kripto. Hal ini juga dapat menyebabkan investor mengalami kerugian finansial yang jauh lebih besar.

FUD

FUD adalah istilah pemasaran dan komunikasi yang merupakan singkatan dari ‘ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan’. Ini adalah taktik psikologis untuk memengaruhi orang agar memiliki persepsi negatif terhadap sesuatu – seperti produk, pasar, atau merek – umumnya dengan menyebarkan informasi yang salah atau menghasut rasa takut.

Dalam kripto, FUD biasanya terbagi dalam dua kategori:

  1. Upaya yang disengaja untuk memicu ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan yang meluas tentang proyek tertentu untuk memanipulasi harga ke bawah.
  1. Skeptisisme umum tentang kripto sebagai kelas aset yang dapat mengakibatkan penyebaran negatif yang berlebihan atau ‘berita palsu’ tentang topik tersebut.

FUD, baik disengaja maupun tidak, dapat memengaruhi nilai pasar sebuah koin, perusahaan, atau proyek – dan bahkan seluruh pasar. Hal ini dapat dianggap sebagai kebalikan dari FOMO. Saat pasar sedang naik, individu mungkin akan merasa FOMO; saat pasar sedang turun, FUD dapat menyebar dengan lebih mudah.

GM

Singkatan GM adalah singkatan dari ‘Selamat Pagi’. Dalam kripto, ini digunakan untuk mempromosikan hal-hal positif, menyapa orang lain, dan membangun persahabatan secara online. Anggota komunitas Twitter, khususnya, secara teratur memulai hari mereka dengan tweet GM, dan para pengikutnya sering kali membalas tweet tersebut dengan balasan GM.

HODL

Singkatan dari ‘hold on for dear life’, istilah HODL sebenarnya berasal dari kesalahan ejaan ‘hold’, yang telah melekat dan sekarang berarti ‘menjaga’. Ini mengacu pada strategi beli dan tahan. Dengan demikian, seorang pedagang kripto yang membeli koin dan tidak berencana menjualnya di masa mendatang disebut sebagai ‘hodler’ koin.

Istilah ini berasal dari sebuah posting online tahun 2013 di forum Bitcointalk, di mana kesalahan ketik pertama kali muncul. Pada dasarnya, tujuan seorang hodler adalah untuk menghadapi berbagai pasang surut pasar dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.

Pergerakan pasar jangka pendek tidak akan mempengaruhi seorang hodler, atau bahkan jika seluruh pasar jatuh atau menjadi sangat tidak stabil. Sebaliknya, para hodler akan mempertahankan posisi mereka terlepas dari harga karena percaya diri dengan nilai jangka panjang kripto.

IYKYK

IYKYK adalah kependekan dari ‘jika Anda tahu, Anda tahu’. Ini menyiratkan bahwa sebuah postingan atau pesan hanya akan masuk akal bagi beberapa orang saja. Akronim ini juga bisa digunakan untuk mengejek seseorang yang membagikan informasi yang sudah diketahui secara umum.

KYC

KYC adalah singkatan dari ‘kenali pelanggan Anda’ dan digunakan oleh lembaga keuangan untuk memverifikasi identitas individu yang menggunakan layanan mereka. Dalam dunia kripto, KYC biasanya digunakan oleh bursa-bursa besar yang tersentralisasi dan merupakan praktik standar di antara banyak institusi. Dalam konteks kripto, ini biasanya berarti dimintai nama lengkap yang sah dan dokumen identifikasi yang dikeluarkan pemerintah ketika mendaftar ke sebuah platform. Ini bisa berupa paspor, SIM, atau bentuk identifikasi serupa lainnya.

LFG

LFG adalah kependekan dari ‘ayo kita pergi!” dan digunakan untuk mengekspresikan kegembiraan tentang sebuah proyek.

NGMI/WAGMI

NGMI adalah singkatan dari ‘tidak akan berhasil’. Dalam dunia kripto, NGMI sering digunakan sebagai prediksi kegagalan di masa depan sebagai akibat dari keputusan yang buruk (seperti menjual bagian bawah meskipun ada indikasi pasar yang menunjukkan bahwa nilai token sedang dalam tren naik). Ini juga dapat digunakan sebagai label untuk mengejek orang-orang yang telah mengambil sikap menentang kripto atau yang gagal memahami konsep dasar kripto.

WAGMI, di sisi lain, adalah singkatan dari ‘kita semua akan berhasil’. Akronim ini banyak digunakan oleh komunitas kripto untuk menginspirasi kepositifan dan kepercayaan diri dalam sebuah proyek. Akronim ini juga digunakan untuk mendorong komunitas untuk saling mendukung dan tidak kehilangan harapan.

Kesimpulan

Dunia kripto terus berkembang, dan dengan demikian, penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang beberapa akronim populer agar Anda dapat mengetahui apa yang sedang dibicarakan. Setelah Anda mengetahui akronim-akronim ini, mengapa tidak membaca 7 Penipuan Kripto Umum dan Cara Menghindarinya untuk mempelajari trik-trik para penipu dan cara mengenali proyek-proyek yang dapat dipercaya.

Uji Tuntas dan DYOR

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

crypto 101

crypto terms

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens