Frasa Benih untuk Dompet Kripto: Cara Kerjanya untuk Melindungi Aset Anda

Frasa benih (seed phrase) memastikan bahwa Anda selalu memiliki akses ke dompet mata uang kripto Anda, bahkan sekalipun Anda kehilangan kunci privat. Berikut ini cara kerjanya dan cara menggunakannya.

Mar 26, 2024
|

What Is Seed Phrase

Butir-Butir Pokok:

  • Frasa benih, juga dikenal sebagai frasa pemulihan, adalah kunci induk untuk mengakses mata uang kripto yang Anda miliki sebagai jaring pengaman jika perangkat Anda hilang, dicuri, atau tidak berfungsi.
  • Frasa benih menyediakan metode yang aman untuk memulihkan akses ke dana dengan membuat kunci privat untuk melindunginya dari kehilangan atau pencurian.
  • Jika kehilangan dompet, Anda dapat menggunakan frasa benih dengan memasukkannya ke dalam dompet baru untuk mendapatkan kembali akses ke aset digital.
  • Membuat beberapa salinan frasa benih di atas kertas dan menyimpannya di tempat yang aman dan offline akan meningkatkan keamanan berkat duplikasi.

Perbedaan antara Frasa Benih dan Kunci Privat

Frasa benih, juga dikenal sebagai frasa pemulihan, adalah kunci induk untuk mengakses mata uang kripto yang Anda miliki sebagai jaring pengaman jika perangkat Anda hilang, dicuri, atau tidak berfungsi.

Memahami perbedaan antara frasa benih dan kunci privat sangat penting. Walaupun keduanya memainkan peran penting dalam mengakses aset digital Anda, masing-masing memiliki tujuan yang berbeda. Kunci privat adalah rangkaian panjang karakter alfanumerik yang dihasilkan saat Anda membuat dompet mata uang kripto. Kunci ini merupakan kunci rahasia yang harus dijaga kerahasiaannya dan tidak boleh dibagikan kepada siapa pun.

Di sisi lain, frasa benih adalah sekumpulan kata yang berasal dari kunci privat Anda menggunakan algoritma tertentu. Frasa ini berfungsi sebagai versi kunci privat yang dapat dibaca oleh manusia sehingga memudahkan Anda untuk mencadangkan dan memulihkan dompet Anda. Frasa benih biasanya berupa kombinasi 12 atau 24 kata yang dipilih secara acak dari daftar yang sudah ditentukan sebelumnya.

Cara Frasa Benih Melindungi Aset Digital

Frasa benih melindungi aset digital Anda dengan menyediakan metode yang aman dan dapat diandalkan untuk memulihkan akses ke dana Anda. Saat membuat dompet mata uang kripto baru, Anda akan diminta menuliskan dan menyimpan frasa benih dengan aman. Frasa pemulihan ini berfungsi sebagai kunci privat cadangan.

Jika perangkat Anda hilang atau dicuri, atau jika kunci privat Anda disusupi, Anda dapat menggunakan frasa benih untuk memulihkan dompet Anda di perangkat yang baru. Dengan memasukkan urutan kata yang benar, Anda dapat membuat kunci privat yang sama dan mendapatkan kembali kendali atas aset digital Anda.

Salah Kaprah tentang Frasa Benih

Ada beberapa kesalahan umum tentang frasa benih. Salah satu yang paling umum, frasa pemulihan sama dengan kata sandi. Walaupun sama-sama digunakan untuk tujuan autentikasi, keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Kata sandi digunakan untuk melindungi dompet Anda dari akses tidak sah, sedangkan frasa benih digunakan untuk memulihkan akses ke dana Anda.

Kesalahan umum lainnya, menyimpan frasa benih secara digital sama amannya dengan menuliskannya di atas kertas. Meskipun menawarkan kenyamanan, solusi penyimpanan digital juga menimbulkan kerentanan. Menyimpan frasa pemulihan Anda di komputer atau di cloud memperbesar risiko disusupi peretas atau malware.

Sebaiknya frasa benih Anda ditulis pada secarik kertas dan disimpan di tempat yang aman.

Praktik Terbaik untuk Membuat dan Menyimpan Frasa Benih

Dalam hal membuat dan menyimpan frasa benih, ada beberapa praktik terbaik yang dapat diikuti untuk memastikan keamanan aset digital Anda. Pertama, untuk membuat frasa benih, Anda harus menggunakan dompet yang tepercaya dan aman. Jangan menggunakan dompet online atau dompet yang tidak memungkinkan Anda mengontrol kunci privat Anda.

Kedua, pastikan frasa benih Anda ditulis pada secarik kertas dan disimpan di tempat yang aman dan offline. Jangan menyimpannya dalam format digital atau memotretnya dengan ponsel Anda. Salinan frasa pemulihan dalam bentuk fisik kebal terhadap peretasan dan ancaman digital.

Terakhir, pertimbangkan untuk membuat beberapa salinan frasa benih Anda dan menyimpannya di tempat yang terpisah dan aman. Dengan begitu, Anda memiliki cadangan duplikat berlapis kalau-kalau salah satu salinan hilang atau rusak. Namun, berhati-hatilah dalam membuat terlalu banyak salinan karena justru memperbesar risiko frasa pemulihan Anda jatuh ke tangan yang salah.

Cara Memulihkan Aset Digital Menggunakan Frasa Benih

Jika kehilangan akses ke dompet mata uang kripto, Anda dapat menggunakan frasa benih untuk memulihkan aset digital Anda. Proses pemulihan dana dengan menggunakan frasa benih bermacam-macam, tergantung pada dompet yang Anda gunakan. Akan tetapi, langkah umumnya adalah menginstal dompet baru pada perangkat yang berbeda dan memilih opsi untuk memulihkan dompet menggunakan frasa pemulihan.

Selama proses pemulihan, Anda akan diminta memasukkan urutan kata yang membentuk frasa benih Anda. Anda harus memasukkan kata-kata dengan urutan yang benar dan tanpa salah tik. Setelah frasa benih berhasil dimasukkan, dompet akan menghasilkan kunci privat pasangannya, dan Anda akan mendapatkan kembali akses ke aset digital Anda.

Mengamankan Frasa Benih

Mengamankan frasa benih merupakan hal yang sangat penting untuk melindungi aset digital Anda. Perlakukan frasa pemulihan Anda dengan tingkat keamanan yang sama seperti Anda memperlakukan kunci privat atau informasi sensitif lainnya. Jangan sekali-sekali membagikan frasa benih Anda kepada siapa pun, dan waspadalah terhadap upaya phishing atau penipuan yang mencoba mengecoh Anda untuk mengungkapkannya.

Selain itu, jangan menyimpan frasa benih Anda di tempat yang mudah terlihat atau mudah diakses. Usahakan menggunakan solusi penyimpanan fisik yang aman, seperti brankas atau peti besi. Dengan tindakan pencegahan ini, kerahasiaan frasa benih Anda dipastikan tetap terjaga dan aset digital Anda tetap aman.

Pro-Kontra Frasa Benih Alternatif

Walaupun frasa benih merupakan metode yang paling umum dan direkomendasikan untuk melindungi aset digital Anda, ada beberapa metode alternatif yang tersedia.

File Pemulihan

Beberapa dompet menawarkan opsi untuk membuat kunci pemulihan atau file cadangan, yang dapat digunakan untuk memulihkan dompet Anda jika terjadi kehilangan atau pencurian. File-file ini biasanya dienkripsi dan harus disimpan dengan aman.

Dompet Perangkat Keras

Alternatif lainnya adalah penggunaan dompet perangkat keras, yaitu perangkat fisik yang menyimpan kunci privat Anda secara offline. Dompet ini menawarkan lapisan keamanan tambahan dengan menjaga kunci Anda terisolasi dari perangkat yang terhubung ke internet. Akan tetapi, Anda harus mencadangkan dan menyimpan frasa benih yang terkait dengan dompet perangkat keras Anda jika perangkat tersebut hilang atau rusak.

Setiap metode alternatif memiliki kelebihan dan kekurangan, dan sebaiknya Anda melakukan riset untuk memahami fitur-fitur spesifik dan melakukan langkah-langkah pengamanan yang disediakan dompet pilihan Anda.

Kesimpulan: Melindungi Aset Digital dengan Frasa Benih

Pentingnya frasa benih dalam melindungi aset digital Anda tidaklah berlebihan. Frasa benih menyediakan metode yang aman dan dapat diandalkan untuk memulihkan akses ke dana Anda jika perangkat Anda hilang atau disusupi. Dengan mengikuti praktik terbaik untuk membuat dan menyimpan frasa pemulihan, Anda dapat memastikan keamanan aset digital Anda dan melindunginya dari potensi kehilangan atau pencurian.

Jangan lupa, perlakukan frasa benih Anda dengan sangat rahasia dan menyimpannya di tempat offline yang aman. Dengan memahami fungsi frasa benih dan cara menggunakannya, Anda akan merasa tenang karena aset digital Anda terlindungi dengan baik.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi tersebut atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, perpajakan, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Di dalamnya sama sekali tidak terkandung ajakan, rekomendasi, dukungan, atau tawaran dari Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenai pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dengan produk yang ada di Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk serta layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada ketentuan batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, silakan merujuk ke tautan berikut dan pastikan bahwa Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis.

Kinerja masa lalu tidak menjamin atau mencerminkan kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, Anda juga bisa kehilangan semua atau sebagian besar nilai aset yang Anda beli. Ketika menilai aset kripto, Anda hendaknya melakukan riset dan uji tuntas sendiri untuk membuat penilaian terbaik, sebab setiap pembelian menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

security

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens