Mengelola Risiko dalam Opsi Kripto Dengan Orang Yunani

Orang Yunani terbiasa mengelola berbagai dimensi risiko yang terlibat dalam opsi kripto. Berikut ini cara menggunakannya.

Jan 13, 2022
|

Mengelola Otp Yunani

Pendahuluan

Dipinjam atau terinspirasi dari alfabet Yunani, ‘Yunani’ adalah alat manajemen risiko yang penting untuk opsi kripto. Variabel-variabel ini digunakan di pasar opsi untuk menggambarkan berbagai dimensi risiko yang terlibat saat mengambil posisi opsi.

Setiap variabel risiko adalah hasil dari asumsi atau hubungan yang tidak sempurna dari suatu opsi dengan variabel lain yang mendasarinya. Pedagang menggunakan nilai Yunani yang berbeda untuk memberi label risiko opsi dan mengelola portofolio opsi.

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Delta (Δ) mengukur tingkat perubahan harga opsi sehubungan dengan perubahan harga aset acuan.
  • Gamma (Γ) mengukur tingkat perubahan Delta sehubungan dengan perubahan harga aset acuan.
  • Theta (Θ) mengukur perubahan harga opsi untuk setiap penurunan satu hari dari waktu jatuh tempo.
  • Vega (ν) mengukur sensitivitas terhadap volatilitas – seberapa besar perubahan harga opsi berdasarkan perubahan 1% dalam volatilitas aset dasarnya.
  • Rho (ρ) menunjukkan tingkat perubahan antara nilai opsi dan perubahan 1% dalam tingkat suku bunga (misalnya, tingkat suku bunga obligasi AS).

Apa Itu Orang Yunani dan Bagaimana Cara Kerjanya Dengan Opsi Kripto?

Lima Orang Yunani Utama Jun6

Singkatnya, opsi Yunani berasal dari persamaan matematis yang disebut model Black-Scholes-Merton (BSM), yang secara luas digunakan untuk menentukan harga kontrak opsi. Berdasarkan model, harga opsi call ditentukan oleh harga aset acuan saat ini (misalnya, mata uang kripto) (S), harga kesepakatan (K), tingkat suku bunga bebas risiko (r), dan waktu jatuh tempo (t). Perlu diingat bahwa model ini memiliki beberapa asumsi dan dibangun di atas ‘dunia yang ideal’, sehingga trader perlu menyesuaikan diri dengan situasi real-time.

Variabel Yunani meliputi Delta, Gamma, Theta, Vega, Rho, dan variabel lainnya. Setiap variabel ini memiliki nomor yang terkait dengannya, dan nomor tersebut memberikan informasi kepada pedagang tentang bagaimana opsi bergerak atau risiko yang terkait dengannya. Tabel di bawah ini berisi daftar mata uang Yunani utama yang cenderung dipertimbangkan oleh para trader sebelum membuka posisi option.

Delta

Delta (Δ) mengukur tingkat perubahan harga opsi sehubungan dengan perubahan harga aset acuan. Dengan kata lain, Delta menunjukkan seberapa besar harga opsi diperkirakan akan berubah berdasarkan perubahan $1 pada aset acuan. Contohnya, Delta 0,50 berarti harga opsi secara teoritis akan bergerak $0,50 untuk setiap pergerakan $1 pada harga aset acuan.

Delta memiliki karakteristik sebagai berikut:

Karakteristik Delta 13 April

Delta sering digunakan ketika menentukan risiko arah. Ketika membeli opsi call, trader akan cenderung memperhatikan Delta positif karena harga akan meningkat seiring dengan harga aset acuan. Sebaliknya, ketika membeli opsi put, trader cenderung menginginkan Delta negatif, di mana harga akan naik jika harga aset acuan turun.

Delta juga dapat dianggap sebagai probabilitas opsi berakhir In-the-Money (ITM). Memiliki portofolio Delta-netral dapat menjadi cara yang bagus untuk mengurangi risiko terarah dari pergerakan pasar. Berdasarkan contoh yang sama yang diberikan di atas, Delta 0,50 berarti bahwa opsi memiliki peluang sekitar 50% untuk menjadi ITM pada saat kedaluwarsa.

Tiga hal yang perlu diingat dengan Delta:

  1. Cenderung meningkat mendekati kedaluwarsa untuk opsi dekat atau At-the-Money (ATM).
  2. Selanjutnya dievaluasi oleh Gamma, yang merupakan ukuran tingkat perubahan Delta.
  3. Dapat juga berubah sebagai reaksi terhadap perubahan volatilitas tersirat.

Gamma

Gamma (Γ) mengukur tingkat perubahan Delta sehubungan dengan perubahan harga aset acuan. Dengan kata lain, Gamma menunjukkan jumlah perubahan dalam Delta suatu opsi terhadap perubahan $1 pada harga saham acuan. Gamma adalah angka yang berkisar dari 0 hingga 1,00.

Gamma adalah alat yang sangat membantu karena nilai Delta suatu opsi dapat berubah seiring waktu. Jadi, ketika melihat dua opsi dengan Delta yang sama, tidak diketahui mana yang lebih mungkin untuk tetap berada di Delta yang sama. Gamma membantu menentukan seberapa stabilnya Delta. Contohnya, misalkan dua opsi memiliki nilai Delta yang sama yaitu 0,5, tetapi satu opsi memiliki Gamma 0,1 (artinya Delta berubah 0,1 per $1 pergerakan harga aset acuan), dan opsi lainnya memiliki Gamma 0,3 (artinya Delta berubah 0,3 per $1 pergerakan harga aset acuan). Opsi dengan Gamma yang lebih tinggi (0,3) akan memiliki risiko yang lebih tinggi karena pergerakan yang tidak menguntungkan pada aset acuan akan menyebabkan dampak yang terlalu besar. Nilai Gamma yang tinggi berarti bahwa opsi cenderung mengalami perubahan yang tidak stabil, yang mungkin tidak disukai oleh sebagian besar pedagang yang mencari peluang yang dapat diprediksi.

Hedging Gamma mencoba mempertahankan Delta yang konstan dengan membeli dan menjual opsi sedemikian rupa untuk mengimbangi satu sama lain, sehingga menghasilkan Gamma bersih sekitar 0.

Theta

Theta (Θ) mengukur perubahan harga opsi untuk setiap penurunan satu hari dari waktu jatuh tempo. Theta memberi tahu pedagang berapa banyak harga opsi yang akan turun saat opsi mendekati kedaluwarsa, yang dikenal sebagai ‘peluruhan waktu’.

Peluruhan waktu menunjukkan erosi nilai atau harga opsi karena berlalunya waktu. Seiring berjalannya waktu, peluang profitabilitas opsi atau ITM akan berkurang. Peluruhan waktu cenderung semakin cepat ketika tanggal kedaluwarsa opsi semakin dekat karena waktu yang tersisa untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan semakin sedikit.

Theta selalu negatif untuk satu opsi karena waktu bergerak ke arah yang sama. Segera setelah sebuah opsi dibeli oleh seorang pedagang, jam mulai berdetak, dan nilai opsi segera mulai berkurang.

Vega

Meskipun Vega (ν) bukan huruf Yunani yang sebenarnya, Vega mengukur seberapa besar perubahan harga opsi berdasarkan perubahan 1% pada volatilitas aset acuannya. Vega adalah pengukuran yang penting karena volatilitas adalah salah satu faktor yang lebih penting yang mempengaruhi nilai opsi. Penurunan Vega biasanya akan menyebabkan opsi call dan put kehilangan nilainya, sedangkan peningkatan Vega biasanya akan menyebabkan opsi call dan put mendapatkan nilai.

Semua faktor lain dianggap sama, dari sudut pandang strategis, pedagang dapat mempertimbangkan opsi beli ketika Vega berada di bawah level ‘normal’ dan mempertimbangkan opsi jual ketika Vega berada di atas level ‘normal’.

Rho

Rho (ρ) menunjukkan tingkat perubahan antara nilai opsi dan perubahan 1% dalam tingkat suku bunga (misalnya, tingkat suku bunga obligasi AS).

Ketika suku bunga meningkat, nilai opsi call umumnya akan meningkat, sedangkan opsi put umumnya akan menurun. Karena alasan ini, opsi call memiliki Rho positif, dan opsi put memiliki Rho negatif. Sebagai contoh, asumsikan sebuah opsi panggilan memiliki Rho 0,05 dan harga $1,25. Jika suku bunga naik 1%, nilai opsi call akan meningkat menjadi $1,30, dengan semua hal lain dianggap sama.

Pelajari Lebih Lanjut Tentang Opsi Kripto dan Yunani

Segarkan kembali pengetahuan dasar opsi Anda dengan artikel pengantar opsi kami, atau pelajari lebih dalam mengenai trading opsi dan pelajari 10 strategi teratas kami untuk trading opsi yang sesuai dengan kepribadian dan sentimen setiap pelaku pasar.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset digital apa pun. Pengembalian atas pembelian dan penjualan aset digital dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal dan/atau pajak penghasilan, di yurisdiksi Anda atau yurisdiksi tempat Anda menjadi penduduk untuk tujuan perpajakan. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dengan Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Bursa Crypto.com, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis untuk Perdagangan Spot dan Perdagangan Margin.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset digital bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar dari harga pembelian Anda. Saat menilai aset digital, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas sendiri untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

crypto

DeFi

DYOR

investments

options

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens