Cara Menggunakan DeFi – Panduan untuk Pemula

Mulailah perjalanan DeFi Anda hari ini dengan membaca buku panduan tentang keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Jun 30, 2022
|

Panduan Defi Kv

Keuangan terdesentralisasi (DeFi) adalah sistem keuangan yang baru muncul yang dibangun di atas teknologi blockchain. Sistem ini menggunakan program otomatis, yang mengambil peran yang biasanya dimainkan oleh bank dalam keuangan tradisional, atau TradFi.

DeFi adalah alternatif dari TradFi yang memungkinkan pengguna memiliki kontrol lebih besar atas dana mereka. Sistem initerdesentralisasi, yang berarti kontrol didistribusikan di antara para pemangku kepentingan dalam sistem, alih-alih tersentralisasi, yang mengacu pada satu lembaga (misalnya, bank) yang memegang kendali.

Keuntungan lain dari DeFi termasuk ketersediaan untuk hampir semua orang dengan koneksi Internet, biaya rendah, dan akses ke layanan keuangan seperti pinjam meminjam.

Anda tidak perlu menjadi trader kripto tingkat lanjut untuk menggunakan aplikasi DeFi, selama Anda memahami dasar-dasarnya. Panduan pemula untuk DeFi ini mencakup langkah-langkah awal untuk membantu Anda memulai perjalanan DeFi.

Baca ‘ Apa itu DeFi?‘ untuk memahami blok bangunan sistem DeFi.

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Pelajari bagaimana DeFi Wallet memberi Anda kendali penuh atas aset kripto Anda
  • Token dan koin yang berbeda dapat digunakan di DeFi. Pelajari tentang cara menggunakannya, biaya transaksi yang terkait, dan blockchain tempat mereka beroperasi
  • Dengan DeFi, pengguna dapat memperoleh bunga dengan menyediakan aset ke kumpulan likuiditas, yield farming, dan mempertaruhkan kripto
  • Pengantar proyek DeFi ramah pemula yang menawarkan layanan termasuk pinjam meminjam, pertanian hasil, atau jual beli NFT

Panduan Langkah-demi-Langkah untuk Memasuki DeFi

Langkah 1: Menyiapkan Dompet DeFi Anda

Dompet DeFi Crypto.com adalah cara terbaik untuk memulai perjalanan Anda ke DeFi. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan DeFi Wallet.

Setelah Anda selesai menyiapkan DeFi Wallet, Anda memiliki opsi untuk menghubungkannya ke akun Aplikasi Crypto.com melalui pengaturan DeFi Wallet. Jika Anda bertanya-tanya mengapa Anda harus memiliki dua: Keduanya berbeda dalam hal jenis – kustodian dan non-kustodian – dan menawarkan fungsi yang berbeda.

Dompet kustodian bersifat terpusat, artinya Anda hanya perlu mengatur nama pengguna dan kata sandi. Namun, ini juga berarti Anda memiliki tanggung jawab yang lebih kecil atas aset Anda, karena aset tersebut dikelola oleh pihak ketiga. (Untuk melindungi dana Anda, Crypto.com menawarkan kredensial keamanan terdepan di industri ini dan salah satu polis asuransi terbesar di industri ini senilai US $ 750 juta). Ini adalah opsi yang lebih ramah pengguna; jika Anda lupa kata sandi, tim layanan pelanggan kami dapat membantu Anda mengakses akun Anda.

Dompet non-kustodian – seperti Dompet DeFi – memberikan Anda kendali penuh atas dana dan kunci pribadi Anda. Anda membuat kode sandi dan diberikan frasa pemulihan dua belas kata. Jika Anda ingin mengamankan dompet Anda lebih jauh, siapkan biometrik dan autentikasi dua faktor. Karena Anda adalah satu-satunya penjaga aset Anda, sangat penting bagi Anda untuk menuliskan frasa pemulihan ini secara fisik dan menyimpannya dengan aman di lokasi offline (misalnya, pada selembar kertas atau flash drive).

Lihat artikel ini untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai jenis dompetserta informasi lebih lanjut mengenai cara mencadangkan frasa pemulihan Anda dengan aman.

Setelah Anda menyiapkan DeFi Wallet, Anda bisa memulai.

Langkah 2: Mendanai Dompet Anda dan Membeli Token

Cara Mendanai Dompet Anda

Selanjutnya, Anda perlu mendanai Dompet DeFi Anda. Anda dapat melakukan ini dengan:

(1) menautkan kartu kredit/debit dan menggunakan opsi ‘Beli’ di Dompet DeFi Anda, atau

(2) menggunakan dompet eksternal seperti Aplikasi Crypto.com melalui opsi ‘Kirim’/’Terima’

Harap diperhatikan bahwa jika ini adalah pertama kalinya Anda menghubungkan (atau menghubungkan kembali) Dompet DeFi Crypto.com Anda ke Aplikasi Crypto.com, Anda harus menunggu 24 jam sebelum dapat menarik kripto apa pun dari Aplikasi Crypto.com ke Dompet DeFi Crypto.com yang baru terhubung. Penguncian 24 jam ini hanya berlaku untuk penarikan dana.

Namun, Anda dapat membeli kripto dengan Dompet Crypto.com DeFi segera setelah terhubung ke akun Aplikasi Crypto.com Anda.

Cara Membeli Token dan Koin

Hal berikutnya yang Anda perlukan untuk memulai DeFi adalah token dan/atau koin. Jenis token atau koin apa yang Anda pilih sepenuhnya tergantung pada tujuan Anda. Token memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda, dan beberapa dapat digunakan di lebih dari satu blockchain.

Baca artikel ini untuk mengetahui perbedaan antara koin dan token.

Spanduk Artikel 1376x400 1

Anda dapat memperoleh dan menukar token secara langsung di Aplikasi Dompet DeFi Crypto.com. Swap berarti menukar satu token dengan token lainnya. Fitur ini berada di bawah ‘Swap‘ dan memberikan Anda opsi untuk beralih antar token di enam blockchain, termasuk Ethereum, Cronos, dan Crypto.org Chain.

Anda juga dapat mentransfer aset kripto di berbagai blockchain melalui fitur Cronos Bridge, yang saat ini mendukung transfer CRO antara Crypto.org Chain dan Cronos, serta transfer ATOM antara Cosmos dan Cronos.

Pelajari tentang jenis token pada blockchain yang berbeda.

Biaya Transaksi untuk Token

Biaya transaksi dalam kripto juga disebut biaya gas. Harap diperhatikan bahwa biaya gas selalu dibayarkan dalam token asli jaringan tempat transaksi berlangsung. Anggap saja seperti mata uang suatu negara: ETH untuk rantai Ethereum, AVAX untuk rantai Avalanche, MATIC untuk Polygon, dan seterusnya.

Kesalahan umum yang mungkin tidak disadari oleh pengguna adalah memiliki jumlah token yang tidak mencukupi untuk membayar biaya gas, terutama jika menyangkut token yang tersedia untuk transfer di lebih dari satu jaringan (juga dikenal sebagai token multi-rantai).

Dompet Crypto.com DeFi mendukung tiga aset CRO pada rantai yang berbeda, masing-masing membutuhkan token unik sebagai biaya jaringan:

  • Transaksi CRO asli di Rantai Crypto.org (CRO) membutuhkan CRO asli sebagai biaya jaringan
  • Transaksi CRO di blockchain Ethereum (ERC-20 CRO) membutuhkan ETH sebagai biaya jaringan
  • Transaksi CRO di jaringan Cronos (CRC-20 CRO) memerlukan CRC-20 CRO sebagai biaya jaringan

Waktu transaksi dan biaya jaringan untuk berbagai jenis CRO ini berbeda. Sebagai contoh, biaya gas di jaringan Cronos jauh lebih rendah daripada yang akan Anda temukan di rantai Ethereum.

Langkah 3: Mempelajari ‘Cara’ Investasi DeFi – Staking, Lock-up, Pinjam Meminjam, Farming, dan Mining

Sekarang dompet Anda sudah didanai dengan kripto, Anda bisa menggunakannya untuk DeFi. Pinjam meminjam, staking, mining, dan farming adalah cara paling umum untuk berinteraksi dengan protokol DeFi.

Berikut ini adalah arti istilah-istilah tersebut secara rinci:

Pinjam Meminjam

Pinjam Meminjam adalah salah satu elemen utama dari sistem keuangan. Dalam DeFi, pemberi pinjaman (juga disebut deposan) menyediakan dana untuk protokol dan dapat memperoleh pengembalian atas dana yang dipinjam orang.

Karena ketersediaan yang instan, peminjam bersedia membayar bunga untuk aset yang akan dipinjam. Untuk meminjam di DeFi, pengguna harus memberikan jaminan lebih. Overcollateralisation berarti nilai agunan melebihi nilai pinjaman yang dipinjam – atau sederhananya, nilai agunan yang Anda jaminkan melebihi nilai pinjaman yang Anda ambil.

Peminjam dapat menggunakan satu token sebagai jaminan dan menerima pinjaman untuk token lainnya. Dengan cara ini, pengguna dapat melakukan farming yield (lihat di bawah) dengan koin yang dipinjam dan mempertahankan kepemilikan awal mereka, yang mungkin akan meningkat nilainya seiring waktu.

Penguncian & Penguncian

Staking dan lockup adalah komitmen sementara dari aset kripto. Staking mengacu pada pengguna yang melakukan sejumlah token atau koin tertentu untuk menjadi ‘validator’ dalam jaringan blockchain Proof of Stake (PoS), sedangkan lockup mengacu pada ‘mengunci’ aset sebagai likuiditas pada platform DeFi dengan imbalan bunga.

Jika Anda tertarik dengan detail teknis validasi blok, cari tahu lebih lanjut di artikel ini tentang bagaimana konsensus Proof of Stake bekerja.

Jika Anda tidak ingin berkomitmen untuk menjadi validator sendiri, pengguna juga dapat berpartisipasi dalam staking melalui Delegated Proof of Stake (DPoS).

Staking pool memungkinkan orang untuk mengunci token ke dalam pool untuk mendapatkan bunga, berdasarkan ukuran setoran mereka di pool dalam kaitannya dengan total kepemilikan pool.

DPoS memungkinkan pengguna sehari-hari untuk berpartisipasi dalam staking dengan ‘mendelegasikan’ aset virtual mereka ke validator. Sebagai imbalannya, mereka menerima imbalan, sementara validator memenuhi persyaratan komputasi pada blockchain.

Hasil Pertanian

Bagian dari staking, yield farming mengacu pada strategi yang melibatkan meminjamkan atau mempertaruhkan aset kripto untuk mendapatkan imbalan dalam bentuk persentase hasil tahunan (APY).

Anda juga dapat menempatkan token LP, yang mewakili jumlah aset yang telah Anda kontribusikan ke dalam pool likuiditas, ke dalam ‘farm’. Ini adalah contoh lain bagaimana Anda dapat memperoleh imbalan atas penyediaan likuiditas Anda.

Penambangan Likuiditas

Di bidang keuangan, likuiditas mengacu pada seberapa cepat sebuah investasi dapat dijual dengan tetap mempertahankan nilainya. Dengan kata lain, semakin likuid sebuah investasi, semakin cepat investasi tersebut dapat dijual, dan semakin mudah untuk menjualnya dengan nilai pasar saat ini.

Penambangan likuiditas adalah subkategori dari yield farming yang menambahkan fungsionalitas pada komunitas kripto. Dengan meminjamkan aset Anda ke bursa terdesentralisasi (DEX), Anda menyediakan likuiditas dan menerima imbalan, yang biasanya berasal dari biaya perdagangan yang diakumulasikan oleh para pedagang yang menukarkan token.

Kolam Likuiditas

Sebuah pool likuiditas biasanya terdiri dari sepasang token, dengan rasio nilai yang diperlukan 1:1, dengan setiap pasangan menciptakan pasar baru. Berkontribusi pada pool ini membuat Anda menjadi LP, atau penyedia likuiditas. LP harus berkontribusi dengan nilai yang sama dari kedua token ke dalam pool.

Sebagai contoh, jika Anda menyetor CRO dan ETH ke dalam pool likuiditas, pasangan tersebut akan ditukar menjadi token CRO-ETH LP yang mewakili nilai kedua mata uang.

Setiap kali pengguna menggunakan pool likuiditas, mereka harus membayar sedikit biaya, yang secara otomatis masuk ke Automated Market Maker (AMM). Ini kemudian dibayarkan kepada LP ke pool sebagai hadiah, sebanding dengan jumlah likuiditas yang mereka sediakan.

Langkah 4: Menjelajahi Proyek DeFi

Setelah mempelajari komponen DeFi dan membeli koin yang Anda butuhkan, jelajahi proyek-proyek di mana Anda dapat menggunakannya.

Proyek-proyek ini disebut aplikasi terdesentralisasi (dapps). Proyek DeFi adalah protokol perangkat lunak yang berjalan di atas jaringan blockchain (misalnya, di Ethereum atau Cronos).

Karena itu, proyek DeFi juga sering disebut protokol DeFi. Yang mana yang menarik bagi Anda, tergantung pada tujuan Anda. DEX, platform peminjaman, dan platform pertanian hasil adalah tiga tempat awal yang baik untuk pemula.

Berikut ini adalah dua protokol DeFi yang ramah bagi pemula di jaringan Cronos:

  • Tectonic – Platform pinjam meminjam yang memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi sebagai pemasok atau peminjam likuiditas

Token asli: TONIC – token tata kelola (jenis token yang memungkinkan pemegangnya untuk memberikan suara pada perubahan potensial dan membantu membentuk masa depan protokol)

  • VVS Finance – platform DEX yang “Sangat, Sangat Sederhana” dan mudah diakses

Token asli: VVS – token utilitas dan tata kelola dengan aplikasi di seluruh platform VVS

Anda dapat mengakses dapps ini dan masih banyak lagi melalui ‘dapps browser’ di DeFi Wallet Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang kedua proyek High Yield ini di artikel ini.

Kesimpulan

DeFi adalah sistem keuangan baru dengan potensi besar yang mengharuskan pengguna untuk memahami caranya agar dapat membuat keputusan terbaik.

Anda dapat mulai menjelajahi berbagai kemungkinan dan memanfaatkan aset kripto Anda dengan mengunduh Dompet DeFi Crypto.com. Artikel Pusat Bantuan kami memberi Anda panduan terperinci tentang cara mengatur dompet untuk memulai.

Untuk gambaran umum tentang ekosistem Cronos yang menjadi tuan rumah lebih dari 60 proyek DeFi, lihat artikel ini. Dan jika Anda masih bingung dengan jargon DeFi, dapatkan kejelasan dengan penjelasan kami tentang 5 istilah umum DeFi.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset kripto apa pun. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Decentralised Finance

DeFi

DeFi Projects

DeFi Wallet

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens