Cara Membaca Grafik Kripto – Panduan untuk Pemula

Pernahkah Anda melihat grafik token dan bertanya-tanya apakah harus membeli atau menjual kripto? Pelajari cara membaca grafik kripto untuk mengambil keputusan yang tepat di artikel ini.

May 16, 2022
|

Cara Membaca Grafik Crypto Otp

Membaca grafik token kripto adalah salah satu keterampilan terpenting yang harus dimiliki saat trading kripto. Kemampuan untuk menilai pergerakan harga dan mengenali pola dalam grafik sangat penting untuk melakukan apa yang dalam dunia keuangan disebut analisis teknikal.

Jangan terintimidasi oleh istilah ini. Analisis teknikal menggunakan informasi yang digerakkan oleh pasar, seperti volume trading, pola grafik, dan indikator teknikal berbasis pasar lainnya, untuk memberi tahu trader tentang opsi terbaik yang tersedia untuk trading aset.

Dalam artikel ini, kami memulai dengan keterampilan dasar yang bisa dipelajari oleh siapa saja:

  • Bagian-bagian berbeda dari grafik token kripto
  • Kandil, bagian terpenting dari grafik token
  • Contoh umum pola grafik lilin dan grafik kripto

Pembaca yang lebih mahir juga dapat membaca artikel kami yang mendalam tentang strategi perdagangan opsi.

Bagian-bagian Individual dari Bagan Token Kripto

Bursa mata uang kripto biasanya menampilkan grafik harga yang selalu diperbarui untuk pasangan perdagangan tertentu. Biasanya, pasangan trading terdiri dari mata uang kripto yang diinginkan pengguna yang dipasangkan dengan USD. Tetapi pengguna juga dapat memasangkan dengan mata uang atau kripto lainnya.

Informasi yang disediakan dalam grafik di atas menunjukkan poin-poin data utama yang menjadi dasar berbagai indikator yang dapat digunakan oleh pelaku pasar untuk memperdagangkan mata uang kripto. Sebagai contoh, grafik yang diambil dari Crypto.com Exchange, menunjukkan pasangan perdagangan BTC/USDT (Bitcoin/Tether, stablecoin yang dipatok dengan dolar AS), dengan tujuh poin data utama:

  1. Pasangan Perdagangan: Menunjukkan mata uang dasar (BTC) dan mata uang pembanding (USDT) yang digunakan di pasar tertentu.
  1. Harga Saat Ini: Menunjukkan harga yang berlaku untuk mata uang dasar (BTC) yang dibeli atau dijual dengan mata uang pembanding (USDT). Ada juga indikator yang menunjukkan seberapa besar kenaikan harga dibandingkan dengan 24 jam sebelumnya. Angka-angka ini dapat berubah dengan cepat, tergantung pada seberapa aktif pasar tertentu.
  1. Tinggi/Rendah: Menunjukkan harga tertinggi dan terendah untuk suatu aset selama periode 24 jam.
  1. Vol 24H: Menunjukkan berapa banyak aset tertentu (BTC) yang telah diperdagangkan selama 24 jam sebelumnya. Volume ini dinyatakan dalam bentuk mata uang kutipan (USDT).
  1. Satuan Waktu: Pengguna dapat memilih kenaikan waktu yang ingin mereka refleksikan di pasar perdagangan. Peningkatan berkisar dari sesingkat satu menit hingga selama satu bulan.
  1. Grafik Harga: Memvisualisasikan naik turunnya harga mata uang selama periode waktu tertentu. Di pasar mata uang kripto, pergerakan harga untuk setiap unit waktu biasanya ditunjukkan oleh sebuah lilin. Macam-macam lilin dalam grafik akan menunjukkan tren harga terkini secara keseluruhan untuk suatu aset. Pengguna dapat mengatur kerangka waktu dari 24 jam hingga bulan dan tahun.
  1. Volume Perdagangan: Di bawah grafik utama yang menunjukkan pergerakan harga adalah grafik volume perdagangan yang lebih kecil, dengan masing-masing batang yang menunjukkan volume perdagangan aset yang sesuai dengan lilin yang ditampilkan. Bar yang lebih panjang menunjukkan volume perdagangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan periode waktu lainnya. Biasanya, bar hijau menunjukkan kenaikan harga, sedangkan bar merah menunjukkan penurunan harga. (Warna dapat diedit menurut preferensi.)

Namun, mungkin bagian terpenting dari grafik ini adalah kelompok kandil yang membentuk grafik harga.

Memahami Kandil

Kandil adalah indikator harga utama di sebagian besar grafik harga kripto. Setiap kandil mewakili aktivitas harga dalam satu unit waktu (misalnya, 30 menit), seperti yang ditunjukkan pada grafik di atas.

Kandil terdiri dari dua batang utama: badan (bagian yang lebih tebal), yang mengindikasikan harga pembukaan dan penutupan aset; dan sumbu (bagian yang lebih tipis), yang menunjukkan titik harga tertinggi dan terendah.

Pada sebagian besar grafik kripto, lilin hijau menunjukkan pergerakan bullish atau kenaikan harga, sedangkan lilin merah menunjukkan pergerakan bearish atau penurunan harga.

Di bawah ini adalah tampilan makro dari kandil – perhatikan aliran berlawanan dari bar kenaikan vs penurunan harga:

Candlestic

Berdasarkan data harga dan volume yang dihasilkan pasar dari hari ke hari, analis teknikal telah mengembangkan beberapa indikator berbasis grafik untuk membantu mereka menilai potensi pergerakan harga berikutnya dari aset yang mereka perdagangkan.

Beberapa indikator ini adalah penilaian pola dasar dari kombinasi lilin, sementara yang lain adalah garis tren dan metrik yang lebih canggih berdasarkan pergerakan harga terkini.

Mari kita bahas beberapa pola yang lebih mendasar terlebih dahulu.

Dasar-dasarnya: Grafik Umum dan Pola Kandil

Pola kandil umumnya dikategorikan ke dalam pola bullish dan bearish. Pola bullish umumnya menunjukkan pergerakan harga positif di masa depan untuk suatu aset, yang dapat mendorong pedagang untuk membeli dengan mengantisipasi bahwa token akan meningkat nilainya. Kebalikannya terjadi pada pola bearish, yang dapat mendorong beberapa trader untuk menjual sebelum potensi pergerakan harga turun.

Tentu saja, pedagang lain mungkin‘membeli penurunan’, memutuskan untuk melakukan gerakan anti-siklus dengan membeli lebih banyak ketika harga turun jika mereka mengharapkan kenaikan di kemudian hari. Perdagangan, bagaimanapun juga, adalah keputusan pribadi.

Lihat panduan mendalam kami tentang cara membaca kandil.

Di bawah ini adalah contoh-contoh yang menunjukkan kandil dan pola grafik yang digunakan oleh para pedagang untuk mengantisipasi pergerakan harga.

Kandil Bintang Jatuh

Bintang

Kandil bintang jatuh adalah pola bearish yang biasanya muncul di akhir tren naik harga. Kandil ini memiliki tubuh pendek yang terletak di dekat bagian bawah dan sumbu panjang yang memanjang ke atas. Ini menunjukkan bahwa harga aset sedikit menurun pada akhir periode perdagangan, bahkan setelah mencapai harga yang lebih tinggi di sepanjang jalan, yang menjelaskan warna merah.

Para analis menafsirkan hal ini sebagai tanda bahwa ada perlawanan terhadap kenaikan harga lebih lanjut, dan aksi jual akan segera terjadi. Dengan kata lain, banyak pedagang memutuskan untuk menjual untuk mengantisipasi bahwa harga akan turun.

Kandil Palu Terbalik

Palu Terbalik B

Kandil palu terbalik terlihat seperti kandil bintang jatuh, namun bersifat bullish, bukan bearish, seperti yang ditunjukkan oleh warna hijaunya. Di sini, kandil menunjukkan bahwa harga sedikit meningkat pada akhir periode perdagangan setelah mencapai harga yang lebih tinggi di sepanjang jalan.

Melihat kandil ini mengikuti tren penurunan harga adalah pertanda baik, menurut beberapa analis, yang menunjukkan bahwa harga mungkin akan rebound karena secara umum mengindikasikan adanya permintaan beli yang tinggi pada saat itu.

Kepala dan Bahu dalam Grafik Kripto

Bahu 2 B
Bahu 1 B

Dengan memperkecil ukuran masing-masing kandil untuk melihat grafik kripto secara umum, pengguna dapat menemukan lebih banyak pola. Salah satu susunan tersebut disebut ‘kepala dan bahu’, yang ditandai dengan tiga puncak atau lembah yang muncul bersebelahan. Dalam pola ini, puncak atau lembah kedua terlihat seperti ‘kepala’ yang menaungi tetangganya di kedua sisi (‘bahu’), sehingga pola ini dinamakan demikian.

Pola bullish head and shoulders, berwarna hijau di sisi kiri grafik, dapat mengindikasikan bahwa harga kripto akan mengalami kenaikan.

Sementara itu, pola kepala dan bahu bearish, seperti yang diarsir merah di sebelah kanan, dapat mendahului tren turun harga.

Irisan dalam Grafik Kripto

Wedges

Mirip dengan ‘head and shoulders’, pengguna juga dapat melihat ‘wedges’ sebagai pola dalam grafik kripto yang melibatkan sudut pandang yang lebih luas. Wedges dapat ditelusuri dalam grafik kripto dengan menggambar garis yang menghubungkan titik-titik bawah pergerakan harga selama periode waktu tertentu ke garis lain untuk puncak harga. Apabila kedua garis tersebut saling mendekat dari kiri ke kanan, ini disebut irisan.

Baji naik, seperti yang ditunjukkan di sebelah kanan, ditandai dengan dua garis dengan kemiringan ke bawah yang hampir membentuk segitiga yang mengarah ke bawah. Pola ini dapat mengindikasikan bahwa, karena pergerakan naik-turun harga mulai stabil di dekat bagian bawah, aset mungkin akan segera berayun ke arah yang lebih positif.

Sementara itu, bearish wedge menunjukkan dua garis dengan kemiringan ke atas dan konvergensi yang hampir terjadi pada titik tinggi. Hal ini dapat mendahului puncak harga kripto dan aksi jual berikutnya.

Pola Menunjukkan Kemungkinan, Bukan Prediksi

Seperti halnya banyak hal dalam kripto, penting bagi para pelaku pasar untuk melakukan riset sendiri mengenai beberapa topik, termasuk indikator dan strategi trading. Artikel ini sama sekali bukan saran yang harus diikuti, tetapi hanya panduan informasi tentang dasar-dasar trading. Tidak ada indikator, teknik, atau metode tunggal yang dapat memprediksi arah pasar. Hal ini terutama berlaku untuk pola grafik candlestick dan kripto.

Sebagai bagian dasar dari analisis teknikal, membaca grafik seharusnya menjadi pengantar untuk memahami pasar kripto dengan lebih baik dengan mempelajari lebih banyak teknik dan faktor pasar kripto. Membaca kandil dan grafik tidak boleh menjadi satu-satunya dasar bagi peserta untuk memprediksi pasar.

Tetap up to date di pasar dengan Harga Crypto.com. Beralih dengan mulus antara grafik TradingView dan grafik milik Crypto.com, sambil mengakses data historis, koleksi NFT teratas, dan banyak lagi.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset digital apa pun. Pengembalian atas pembelian dan penjualan aset digital dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal dan/atau pajak penghasilan, di yurisdiksi Anda atau yurisdiksi tempat Anda menjadi penduduk untuk tujuan perpajakan. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dengan Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset digital bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar dari harga pembelian Anda. Saat menilai aset digital, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas sendiri untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

beginner

candlesticks

crypto chart

cryptocurrencies

Exchange

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens