Cara Membayar Dengan Crypto

Panduan komprehensif ini menunjukkan cara membayar online dengan mata uang kripto menggunakan berbagai metode seperti Crypto.com Pay dan solusi pembayaran kripto lainnya.

Jun 19, 2023
|

Cara Membayar Dengan Crypto Online

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Cara membayar online dengan kripto menjadi mudah dengan platform seperti Crypto.com Pay dan solusi pembayaran lainnya.
  • Mendapatkan mata uang kripto adalah langkah pertama dalam menggunakan kripto untuk pembayaran online.
  • Daftar peritel online dan toko fisik yang menerima mata uang kripto sebagai pembayaran terus bertambah.
  • Membayar dengan kripto dapat menawarkan keuntungan seperti anonimitas, transaksi peer-to-peer, dan biaya yang lebih rendah, tergantung pada solusi pembayaran yang digunakan.
  • Uji tuntas dan penelitian yang tepat diperlukan saat menggunakan kripto untuk transaksi online.

Pengantar Pembayaran Online Dengan Crypto

Mata uang kripto semakin populer, dan membayar dengan kripto kini menjadi proses yang relatif mudah, berkat platform seperti Crypto.com Pay dan berbagai dompet kripto serta solusi pembayaran. Pada artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk membayar online dengan kripto dan mendiskusikan manfaat menggunakan mata uang kripto untuk transaksi online.

Memperoleh Mata Uang Kripto

Sebelum mempelajari cara membayar dengan kripto secara online, pengguna harus memiliki mata uang kripto. Cara termudah untuk mendapatkan kripto adalah dengan membelinya di bursa mata uang kripto dengan uang fiat. Bursa yang memiliki reputasi baik memungkinkan pengguna untuk membuat akun dan mendanainya untuk pembelian kripto mereka. Pengguna mungkin tidak dapat membeli seluruh koin, tetapi ketika mereka membeli mata uang kripto, mereka akan menerima bagian yang sama dengan jumlah dolar yang dibayarkan.

Dompet untuk Pembayaran Kripto

Untuk melakukan pembayaran menggunakan mata uang kripto, pengguna membutuhkan dompet kripto, yang dapat diinstal di komputer atau perangkat seluler mereka dan bertindak sebagai antarmuka untuk mengakses kepemilikan kripto mereka. Untuk lebih jelasnya, dompet tidak menyimpan kripto itu sendiri; dompet menyimpan kunci pribadi pengguna yang diperlukan untuk mengakses dana mereka. Ada ratusan dompet yang tersedia, masing-masing dengan fitur yang berbeda. Beberapa kompatibel dengan hampir semua mata uang kripto, sementara yang lain mungkin hanya berfungsi dengan beberapa mata uang kripto.

Sebagian besar bursa mata uang kripto menyediakan dompet untuk para penggunanya, yang memungkinkan mereka untuk mentransfer dana ke pengguna bursa lain atau melakukan pembayaran menggunakan layanan yang kompatibel. Bagi mereka yang memilih untuk tidak menggunakan dompet dari bursa, pertimbangkan dompet populer seperti Crypto.com App atau Crypto.com DeFi Wallet.

Pelajari perbedaan antara berbagai dompet.

Cara Membayar Online Dengan Crypto Menggunakan Crypto.com Pay

Crypto.com Pay adalah solusi pembayaran yang mendukung berbagai skenario pembayaran, memberikan pengalaman pembayaran instan dan memungkinkan pelanggan untuk menikmati potongan harga hingga 10% melalui Program Pay Rewards.

Untuk melakukan pembelian dengan Crypto.com Pay, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi merchant yang menerima Crypto.com Pay.
  • Pilih barang atau layanan yang akan dibeli dan lanjutkan ke pembayaran.
  • Pilih Crypto.com Pay sebagai metode pembayaran.
  • Pindai kode QR atau masukkan alamat dompet secara manual.
  • Konfirmasikan transaksi dan tunggu konfirmasi pembayaran.

Untuk informasi lebih lanjut tentang penggunaan Crypto.com Pay, lihat halaman FAQ.

Membayar Dengan Dompet Kripto

Bagi mereka yang lebih suka menggunakan dompet mata uang kripto, proses pembayaran online dengan kripto pada umumnya serupa.

Untuk melakukan pembayaran, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi dompet.
  • Klik ‘Kirim Pembayaran’ atau tombol serupa.
  • Masukkan jumlah yang akan dikirim.
  • Masukkan alamat dompet penerima atau pindai kode QR mereka.
  • Klik ‘Kirim’ atau tombol serupa untuk mengonfirmasi transaksi.

Tempat Membayar Dengan Mata Uang Kripto

Seiring dengan meningkatnya adopsi mata uang kripto, daftar peritel online dan toko fisik yang menerima kripto sebagai pembayaran pun bertambah. Banyak bisnis yang menerima mata uang kripto melakukannya melalui gateway pembayaran, yang secara umum menjamin konversi mata uang kripto ke fiat pada saat transaksi untuk mencegah selisih harga.

Beberapa bisnis terkenal yang menerima kripto termasuk:

  • Microsoft
  • PayPal
  • Kelebihan stok
  • Starbucks
  • Newegg
  • Bioskop AMC
  • AT&T

Manfaat Membayar Dengan Crypto

Pembayaran online dengan kripto menawarkan beberapa keuntungan, seperti:

  • Nama samaran: Dompet kripto non-kustodian yang terdesentralisasi tidak memerlukan informasi pengguna. Hal ini dapat memberikan pengguna beberapa tingkat pseudonimitas ketika melakukan transaksi kripto. Namun, alamat dompet pengguna dapat ditautkan ke identitas asli mereka.
  • Transaksi peer-to-peer: Kripto dirancang untuk transaksi peer-to-peer (P2P), dengan keterlibatan pihak ketiga yang terbatas.
  • Biaya lebih sedikit: Transaksi kripto mungkin, dalam konteks tertentu, melibatkan lebih sedikit biaya dibandingkan dengan layanan keuangan tradisional (TradFi).
  • Aksesibilitas global: Crypto memungkinkan pengguna untuk melakukan atau menerima pembayaran dari hampir semua tempat dengan koneksi internet.

Tantangan Membayar Dengan Crypto

Terlepas dari manfaatnya, ada juga beberapa kekurangan dalam membayar online dengan kripto:

  • Biaya transaksi: Transaksi kripto mungkin memiliki biaya jaringan, yang bisa jadi tinggi dalam beberapa kasus. Crypto.com Pay menawarkan penyelesaian instan tanpa biaya gas.
  • Volatilitas harga: Harga mata uang kripto bersifat fluktuatif, yang dapat menyebabkan fluktuasi nilai kepemilikan pengguna. Hal ini berpotensi dimitigasi dengan menggunakan mata uang stablecoin untuk pembayaran kripto.
  • Transaksi tidak dapat dibatalkan: Transaksi kripto, setelah selesai, tidak dapat dibatalkan. Oleh karena itu, banyak pengguna memilih untuk membayar dengan kripto melalui pedagang tepercaya yang menawarkan perlindungan dan pengembalian dana.

Kata-kata Terakhir tentang Pembayaran dengan Crypto

Membayar secara online dengan mata uang kripto tidak pernah menjadi pengalaman yang lebih ramah pengguna dan mulus seperti sekarang ini, berkat solusi inovatif seperti Crypto.com Pay. Dengan pengalaman pembayaran instan dan program hadiah yang menarik, Crypto.com Pay menawarkan opsi menarik bagi individu yang ingin mendapatkan manfaat dari pembayaran kripto, baik secara online maupun offline.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

App

crypto

Crypto.com Pay

cryptocurrencies

Exchange

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens