Cara Menghitung ROI untuk Kripto

Apa yang dimaksud dengan ROI kripto? Pelajari cara menghitung ROI untuk aset kripto Anda dan gunakan sebagai alat untuk mengevaluasi performa investasi Anda.

Feb 26, 2024
|

How To Calculate Roi In Crypto Trading

Hal-Hal Penting:

  • Return of Investment (ROI) membandingkan nilai aset saat ini dengan nilai aslinya untuk menentukan kinerjanya.
  • Menghitung ROI untuk aset kripto melibatkan pengurangan nilai awal dari nilai saat ini, membaginya dengan nilai awal, dan mengalikannya dengan 100.
  • ROI positif menunjukkan keuntungan, sedangkan ROI negatif menunjukkan kerugian.
  • ROI adalah metrik yang berharga untuk mengevaluasi kinerja aset kripto, tetapi memiliki keterbatasan.
  • Metrik alternatif untuk ROI seperti Internal Rate of Return (IRR) atau Risk-Adjusted Return mempertimbangkan faktor tambahan seperti waktu, arus kas, dan risiko, sehingga memberikan penilaian yang lebih komprehensif terhadap kinerja investasi.

Apa itu ROI dalam Kripto?

Jika Anda memperjualbelikan mata uang kripto, sangat penting untuk secara teratur menilai kinerja aset dibandingkan dengan pasar yang lebih luas. Alat dasar yang sudah teruji dan tepercaya untuk hal ini adalah Return on Investment (ROI), sebuah metrik keuangan yang banyak digunakan yang membandingkan nilai aset saat ini dengan nilai aslinya.

ROI dapat digunakan untuk real estat dan keuangan tradisional (TradFi), juga untuk kripto dan keuangan terdesentralisasi (DeFi). Ini memungkinkan pengguna untuk menilai apakah aset kripto mereka terapresiasi atau terdepresiasi nilainya (mis., apakah aset tersebut menghasilkan keuntungan?). Di sini, kita pelajari bagaimana ROI dihitung, bagaimana manfaatnya, serta cara-cara alternatif untuk mengukur keberhasilan aset kripto.

Cara Menghitung ROI untuk Mata Uang Kripto

Menghitung ROI untuk mata uang kripto sangatlah mudah:

Persentase Pengembalian Investasi (ROI) = [(Nilai investasi saat ini – Biaya awal investasi) / Biaya awal investasi] x 100

Contoh:

Misalkan Anda membeli satu Bitcoin seharga US$10.000, dan nilainya saat ini adalah US$40.000.

Untuk menghitung ROI-nya, gunakan rumus di atas:

ROI = [(40.000 – 10.000) / 10.000] x 100

Kita akan mendapatkan ROI sebesar 300%, sebuah keuntungan positif yang signifikan atas investasi tersebut.

Sekarang, anggaplah Anda membeli Bitcoin seharga US$60.000, dan nilainya saat ini adalah US$40.000.

Terapkan kembali rumus ROI:

ROI = [(40.000 – 60.000) / 40.000] x 100

Kita akan mendapat ROI sebesar -33%. Ini menunjukkan keuntungan negatif atas investasi tersebut (kerugian).

Kalkulator ROI

Jika Anda bukan penggemar perhitungan, ada banyak sekali kalkulator ROI yang tersedia di internet, seperti yang satu ini.

Mengapa Menghitung ROI untuk Aset Kripto?

Menghitung ROI untuk mata uang kripto Anda memiliki beberapa manfaat:

  • Evaluasi Kinerja: ROI membantu memberikan penilaian profitabilitas atas aset kripto. Membandingkan berbagai mata uang kripto yang berbeda dapat membantu mengidentifikasi mata uang kripto mana yang saat ini berhasil, guna mengambil keputusan yang tepat saat membeli aset kripto.
  • Optimalisasi Portofolio: Memahami ROI aset membantu mengoptimalkan portfolio kripto Anda. Banyak metode pengoptimalan portofolio membutuhkan hasil yang diharapkan (misalnya, ROI) sebagai input untuk menghitung bobot ideal (yaitu, berapa banyak yang harus dimiliki) dari setiap aset dalam portofolio.
  • Penilaian Arus Kas: Banyak trader menggunakan strategi arus kas positif untuk memperluas portofolio mereka. Menghitung ROI memberikan wawasan tentang arus kas yang dihasilkan oleh aset Anda, memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang tepat mengenai berapa banyak modal yang berpotensi untuk digunakan dalam akuisisi baru.

Lihat bagian jual-beli Universitas untuk artikel lain tentang strategi jual-beli, analisis teknis, dan indikator kripto.

Alternatif untuk ROI Kripto

ROI adalah metrik dasar yang berharga. Dengan kata lain, untuk analisis yang lebih kompleks terhadap portofolio jual-beli Anda, Anda perlu menggunakan lebih banyak alat.

Di bawah ini adalah metode alternatif yang dapat dipertimbangkan untuk menilai keberhasilan aset kripto:

ROI yang Disetahunkan

Perhitungan ROI dasar tidak mempertimbangkan berapa lama investasi dipegang untuk mencapai hasil. Ini adalah hal yang penting jika sebuah aset membutuhkan waktu 1 atau 10 tahun sebelum mencapai ROI 100%. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk membandingkan sebuah aset yang menghasilkan ROI 50% dalam dua tahun dengan aset lain yang menghasilkan 50% dalam 10 tahun.

Berikut adalah rumus yang telah disesuaikan:

ROI yang disetahunkan = [(1 + ROI)1/n – 1] x 100

Dengan n = jumlah tahun aset dimiliki

Dalam contoh kita, aset dengan ROI 50% dalam dua tahun memiliki ROI tahunan 22%, seperti yang dihitung dengan:

[(1 + 0,5)1/2 – 1] x 100 = 22%

Sedangkan jika membutuhkan waktu 10 tahun, maka ROI tahunan adalah 4%, seperti yang dihitung dengan:

[(1 + 0,5)1/10 – 1] x 100 = 4%

Internal Rate of Return (IRR)

Seperti yang sudah disebutkan, ROI dasar tidak mempertimbangkan berapa lama mata uang kripto dipegang untuk mendapatkan keuntungan/hasil. IRR adalah metrik pengembalian yang mempertimbangkan nilai waktu dari uang (mis., konsep bahwa satu dolar hari ini bernilai lebih dari satu dolar kapan saja pada masa depan karena dolar dapat menghasilkan bunga, yang akan bertambah seiring berjalannya waktu). Dengan kata lain, IRR memberikan tingkat pertumbuhan tahunan.

Seiring berjalannya waktu, IRR suatu aset menurun dibandingkan dengan ROI yang tetap konstan. IRR juga memperhitungkan arus kas masuk dan keluar dari portofolio. Perhitungan IRR cukup rumit, jadi sebaiknya gunakan kalkulator IRR seperti ini untuk menghitungnya.

Analisis Perbandingan

Membandingkan kinerja aset kripto dengan indeks populer atau tolok ukur industri memberikan wawasan yang berharga. Pengguna dapat membandingkan ROI aset kripto dengan kinerja mata uang kripto lain atau kelas aset lain, seperti saham, reksa dana biasa, atau reksa dana yang diperjualbelikan di bursa (ETF).

Alpha Navigator bulanan Crypto.com menampilkan kinerja BTC terhadap kelas aset lain seperti emas, yang menunjukkan apakah kinerja Bitcoin mengungguli atau lebih buruk dibandingkan dengan aset populer. Jenis analisis ini juga dikenal sebagai kinerja relatif.

Pengembalian yang Disesuaikan dengan Risiko

Ingat bahwa ROI tidak memperhitungkan risiko. Jika satu aset menghasilkan ROI yang lebih tinggi tetapi memiliki risiko yang jauh lebih tinggi, sementara yang lain menghasilkan ROI yang lebih rendah tetapi memiliki risiko yang lebih rendah — manakah yang Anda anggap sebagai pilihan yang lebih baik? Metrik yang disesuaikan dengan risiko, seperti rasio Sharpe atau rasio Sortino, menilai trade-off risiko-imbal hasil aset kripto dan dapat membantu memilih mata uang kripto yang sesuai dengan selera risiko dan filosofi investasi Anda.

Lihat laporan Alpha Navigator untuk mendapatkan informasi terbaru secara berkala mengenai performa aset kripto dibandingkan dengan kelas aset lainnya.

Kesimpulan

Menghitung ROI untuk aset kripto sangat penting untuk mengevaluasi profitabilitas dan mengoptimalkan portofolio investasi. Dengan memahami rumus dan penerapannya, pemegang mata uang kripto dapat menilai keberhasilan aset mereka dan membuat keputusan berdasarkan wawasan berbasis data.

Namun, penting untuk mengenali keterbatasan ROI dan mempertimbangkan metrik alternatif seperti IRR dan langkah-langkah yang disesuaikan dengan risiko untuk evaluasi aset kripto yang lebih komprehensif. Tetap terinformasi dan secara teratur menilai kinerja kripto adalah kunci kesuksesan jangka panjang dalam dunia mata uang kripto yang dinamis.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan/hasil atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar dari harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

crypto

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens