Panduan Pemula untuk Pajak Kripto dan Siapa yang Perlu Membayarnya

Apa yang dimaksud dengan pajak kripto? Siapa yang perlu membayarnya – dan bagaimana caranya? Pelajari seluk beluk Pajak Crypto.com untuk mengajukan pengembalian dan dapatkan gambaran umum tentang aturan pajak untuk AS, Kanada, Inggris, dan Australia.

Mar 03, 2023
|

Bagaimana Cara Pajak Crypto Logo Otp

Pajak kripto mengacu pada pajak atas transaksi mata uang kripto, seperti membeli, menjual, menerima, atau menukar mata uang kripto seperti Bitcoin, Ethereum, atau aset digital lainnya. Peraturan dan regulasi perpajakan berbeda-beda di setiap negara; tetapi secara umum, aset kripto diperlakukan sebagai properti untuk tujuan perpajakan dan dikenai pajak capital gain ketika dijual atau diperdagangkan untuk mendapatkan keuntungan.

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Di banyak negara, mata uang kripto dianggap sebagai properti untuk tujuan perpajakan; oleh karena itu, keuntungan modal dari penjualan atau perdagangan mata uang kripto dapat dikenakan pajak.
  • Pajak kripto dapat bervariasi tergantung pada negara tempat tinggal.
  • Temukan panduan 5 langkah di bawah ini untuk melakukan pajak kripto.
  • Pelajari bagaimana alat Pajak Crypto.com dapat membantu dengan apa yang sering kali merupakan bagian tersulit: menghitung pajak.
  • Termasuk di dalamnya adalah panduan pajak untuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Australia.

Siapa yang Perlu Membayar Pajak Kripto?

Kewajiban membayar pajak atas transaksi mata uang kripto tergantung pada hukum dan peraturan negara atau negara yang berlaku bagi pengguna. Di banyak negara, mata uang kripto dianggap sebagai properti untuk tujuan perpajakan, dan keuntungan modal dari penjualan atau perdagangan mata uang kripto dapat dikenakan pajak.

Hukum pajak dapat berubah dengan cepat, dan penting bagi pengguna untuk meneliti hukum dan peraturan spesifik di yurisdiksi mereka untuk menentukan apakah, dan dengan cara apa, mereka diharuskan membayar pajak atas transaksi mata uang kripto mereka. Sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan seorang profesional pajak untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Menghitung Pajak Kripto dalam 5 Langkah:

Proses bagi pengguna untuk membayar pajak kripto berbeda-beda di setiap negara, tetapi umumnya melibatkan pelaporan transaksi mata uang kripto kena pajak pada pengembalian pajak mereka sebagai keuntungan modal atau pendapatan. Hal ini tergantung pada jenis transaksi dan yurisdiksi.

Berikut ini adalah garis besar umum langkah-langkah yang diperlukan untuk membayar pajak kripto:

  1. Kumpulkan catatan: Simpan catatan detail semua transaksi mata uang kripto, termasuk tanggal, jenis transaksi, dan basis biaya (nilai asli aset).
  1. Tentukan peristiwa kena pajak: Tinjau semua transaksi untuk menentukan transaksi mana yang dapat dikenakan pajak. Dalam banyak kasus, menjual atau menukar mata uang kripto dengan mata uang fiat, barang dan jasa, atau mata uang kripto lainnya dianggap sebagai peristiwa yang dapat dikenakan pajak.
  1. Menghitung pendapatan, keuntungan dan kerugian modal: Untuk setiap peristiwa kena pajak, pengguna harus mencatat apakah mereka telah menerima aset sebagai pendapatan atau keuntungan modal. Hitunglah setiap keuntungan modal dengan mengurangkan basis biaya dari hasil penjualan. Hitung juga kerugian modal dengan mengurangi harga beli dari harga jual.
  1. Laporkan pendapatan atau keuntungan pada pengembalian pajak: Laporkan setiap keuntungan atau pendapatan dari transaksi mata uang kripto pada SPT, biasanya di bawah bagian pendapatan atau keuntungan dan kerugian modal. Pengguna mungkin perlu mengisi formulir atau jadwal pajak tambahan untuk melaporkan transaksi mata uang kripto mereka, tergantung pada yurisdiksi mereka.
  1. Membayar pajak yang terutang: Jika pengguna berhutang pajak atas mata uang kripto mereka, mereka harus membayar jumlah yang terhutang kepada otoritas pajak di yurisdiksi mereka.

Atau, Minta Pajak Crypto.com Melakukannya Sebagai Gantinya – Gratis

Alat Crypto.com Tax membantu menghitung dan melaporkan pajak mata uang kripto. Crypto.com Tax gratis untuk siapa saja di yurisdiksi yang didukung yang perlu mempersiapkan pajak kripto mereka. Tidak peduli berapa banyak transaksi yang terjadi pada tahun pajak tertentu, alat Pajak Crypto.com akan menghitung laporan pajak tanpa biaya.

Klik untuk melihat semua bursa dan dompet yang didukung.

Inilah Cara Menggunakan Pajak Crypto.com:

  1. Daftar untuk mendapatkan akun Crypto.com. Untuk pengguna yang sudah memilikinya, masuklah.
  1. Pilih yurisdiksi dan tahun pajak yang akan dihitung.
  1. Hubungkan semua akun pertukaran mata uang kripto ke Crypto.com Tax. Hal ini memungkinkan perangkat ini untuk mengakses riwayat transaksi dan menghitung keuntungan dan kerugian modal.
  1. Tinjau dan konfirmasikan riwayat transaksi yang diimpor dari akun bursa yang terhubung.
  1. Gunakan alat ini untuk menghitung keuntungan dan kerugian modal. Alat ini memperhitungkan basis biaya, periode kepemilikan, dan informasi pajak relevan lainnya untuk menghitung pajak yang terutang.
  1. Buat laporan keuntungan dan kerugian modal yang akan digunakan untuk mengajukan pajak.
  1. Jika perlu, lakukan penyesuaian pada riwayat transaksi di alat ini.
  1. Unduh dan simpan salinan laporan untuk disimpan sebagai catatan.

Antarmukanya sederhana dan intuitif, yang bertujuan untuk menciptakan pengalaman pengguna terbaik saat berurusan dengan masalah pajak. Semua hasil transparan untuk ditinjau sebelum menghasilkan hasil akhir.

Untuk Pengarsipan Akhir, Pengguna Dapat Menghasilkan 5 Jenis Laporan Dengan Crypto.com Tax:

1. Keuntungan/kerugian modal – file CSV termasuk jumlah hasil, dasar biaya, biaya penjualan, dan keuntungan/kerugian modal

2. Riwayat transaksi – file CSV untuk menyimpan pembukuan dan catatan

3. Laporan pendapatan – untuk melacak mata uang kripto yang diterima pengguna

4. Laporan hadiah, donasi, dan pembayaran – ke menyimpan catatan semua mata uang kripto yang dikirim

5. Laporan biaya ke untuk melacak biaya-biaya tertentu (misalnya, biaya gas dari transaksi yang gagal)

Untuk Pengguna di AS, Crypto.com Tax Juga Menghasilkan Formulir Khusus dan File CSV:

1. Formulir 8949

2. Jadwal D

3. File CSV online TurboTax

4. File CSV Undang-Undang Pajak

Panduan Pajak Mata Uang Kripto menurut Negara

Di bawah ini adalah panduan masing-masing negara untuk beberapa komunitas kripto terbesar di seluruh dunia, termasuk tarif pajak saat ini (pada saat penulisan).

Namun, penting untuk diingat bahwa panduan ini hanya memberikan gambaran umum; undang-undang perpajakan seputar mata uang kripto bisa jadi rumit dan dapat berubah, sehingga pengguna harus berkonsultasi dengan profesional pajak untuk menentukan jumlah pasti pajak yang harus mereka bayarkan di yurisdiksi mereka.

Berapa Besar Pajak Kripto di AS?

Di AS, mata uang kripto dapat dikenakan pajak penghasilan atau pajak keuntungan modal, atau ketika dijual atau diperdagangkan untuk mendapatkan keuntungan. Jumlah pajak kripto yang harus dibayarkan di AS bergantung pada beberapa faktor, termasuk tarif pajak marjinal pengguna dan jenis transaksi yang dilakukan.

Infografis Pajak Kripto 01
Sumber: IRS

Pajak Keuntungan Modal

Setiap kali seseorang membuang kripto di AS, pajak keuntungan modal berlaku. Ini mengacu pada penjualan, perdagangan, atau pembelian barang dan jasa dengan mata uang kripto. Pajak hanya perlu dibayarkan atas keuntungan yang diperoleh sejak membeli kripto. Tarif pajak yang tepat tergantung pada kelompok pajak penghasilan pengguna, yang berkisar antara 10%-37% untuk keuntungan modal jangka pendek, yang dianggap sebagai apa pun yang dimiliki kurang dari satu tahun.

Keuntungan modal jangka panjang (keuntungan dari penjualan mata uang kripto yang dimiliki selama lebih dari satu tahun) dikenakan pajak dengan tarif yang lebih rendah yaitu 0%, 15%, atau 20%, tergantung pada pendapatan pengguna.

Terakhir, pengguna juga dapat mengimbangi keuntungan kripto mereka dengan kerugian mereka. Namun, berhati-hatilah karena kripto yang hilang atau dicuri tidak diakui sebagai kerugian oleh Internal Revenue Service (IRS).

Pajak Penghasilan

Dibayar dalam bentuk kripto, airdrop yang diterima, imbalan staking, imbalan bunga DeFi, imbalan penambangan, dan bahkan bonus rujukan semuanya termasuk dalam pajak penghasilan di AS.

Untuk ini, pengguna akan membayar tarif pendapatan pajak federal mereka, ditambah dengan tarif pendapatan pajak negara bagian mereka.

Kunjungi panduan mendalam tentang pajak kripto AS.

Berapa Pajak Crypto di Kanada?

Di Kanada, mata uang kripto dianggap sebagai komoditas kena pajak dan dapat dikenakan pajak penghasilan dan pajak keuntungan modal. Jumlah pajak yang harus dibayarkan pengguna atas transaksi mata uang kripto di Kanada bergantung pada beberapa faktor, termasuk tarif pajak marjinal pengguna, apakah keuntungan yang diperoleh untuk keperluan pribadi atau bisnis, dan jenis transaksi yang dilakukan.

Infografis Pajak Kripto 02
Sumber: Canada.ca

Pajak Keuntungan Modal

Di Kanada, hanya 50% keuntungan pribadi dari transaksi mata uang kripto yang dikenai pajak. Contohnya, jika seseorang membeli BTC senilai CA$10.000 tetapi kemudian menjualnya seharga CA$14.000, maka hanya setengah dari keuntungan CA$4.000 yang akan dikenakan pajak.

Menjual, memperdagangkan, memberi hadiah, dan membeli barang dan jasa dengan kripto, atau disposisi mata uang kripto lainnya, dianggap sebagai peristiwa kena pajak di Kanada.

Beberapa transaksi kripto bebas pajak, seperti membeli kripto atau memindahkannya ke dompet pribadi. Lihat tabel di atas untuk ringkasannya.

Pajak Penghasilan

Transaksi kripto dapat dikenakan pajak sebagai pendapatan jika menunjukkan tanda-tanda transaksi bisnis (misalnya, pengguna mempromosikan produk atau layanan, atau melakukan transaksi untuk alasan komersial). Menambang dan mempertaruhkan kripto juga biasanya dianggap sebagai pendapatan bisnis. Dalam hal ini, 100% pendapatan kripto akan dikenakan pajak.

Tarif pajak federal di Kanada berkisar antara 15%-33% dan mungkin lebih tinggi lagi untuk penduduk beberapa provinsi, yang juga membayar pajak provinsi.

Kunjungi panduan mendalam tentang pajak kripto Kanada.

Berapa Besar Pajak Kripto di Inggris?

Untuk tujuan pajak Inggris, mata uang kripto dapat dikenakan pajak sebagai keuntungan dan/atau pendapatan. Keuntungan modal dari transaksi mata uang kripto ditambahkan ke keuntungan modal pengguna lainnya dan dikenakan pajak sesuai dengan tarif pajak marjinal mereka. Demikian pula, mata uang kripto yang diterima sebagai penghasilan akan ditambahkan ke penghasilan kena pajak pengguna dan dikenakan pajak sesuai dengan tarif pajak marjinal mereka.

Jumlah pajak yang harus dibayarkan pengguna atas transaksi mata uang kripto di Inggris bergantung pada beberapa faktor, termasuk tarif pajak marjinal pengguna dan jenis transaksi yang dilakukan.

Infografis Pajak Kripto 03
Sumber: Gov.UK

Pajak Keuntungan Modal

Menjual, memperdagangkan, membeli barang dan jasa, dan menghadiahkan kripto adalah peristiwa kena pajak yang dapat dikenai pajak capital gain di Inggris.

Kabar baiknya: Pembayar pajak di Inggris memiliki tunjangan bebas pajak sebesar £12.300 untuk capital gain, yang juga berlaku untuk aset kripto. Untuk semua hal di atas, pengguna dikenakan pajak dengan tarif 10% atau 20%, tergantung pada golongan pajak mereka.

Namun, tidak semua transaksi kripto dikenakan pajak. Misalnya, membeli kripto dengan fiat, menyimpan kripto, mentransfer kripto antar dompet pribadi, menyumbangkan kripto untuk amal, atau menghadiahkan kripto kepada pasangan, semuanya merupakan peristiwa bebas pajak.

Pengguna juga dapat mengimbangi kerugian kripto mereka dengan keuntungan mereka – tetapi hati-hati, karena kripto yang hilang atau dicuri tidak dianggap sebagai kerugian dan harus diajukan sebagai klaim nilai yang dapat diabaikan.

Pajak Penghasilan

Untuk kripto yang dikenakan pajak sebagai pendapatan, pengguna akan membayar pajak antara 20%-45%. Ini termasuk semua pendapatan yang dibayarkan dalam bentuk kripto, serta dari penambangan, staking, dan airdrop.

Hukum masih belum jelas mengenai transaksi DeFi, seperti pendapatan dari pertanian hasil dan kumpulan likuiditas. Meskipun transaksi ini dikenakan pajak, namun tidak sepenuhnya jelas apakah ini termasuk capital gain atau pajak penghasilan.

Tunjangan bebas pajak juga dapat berlaku untuk pajak penghasilan, dan – tergantung pada kondisi individu – £12.570 pertama dari penghasilan mereka mungkin bebas pajak.

Kunjungi panduan mendalam tentang pajak kripto di Inggris.

Berapa Besar Pajak Kripto di Australia?

Di Australia, mata uang kripto dianggap sebagai aset kena pajak dan dikenai pajak keuntungan modal dan/atau pajak penghasilan. Jumlah pajak yang harus dibayarkan pengguna atas transaksi mata uang kripto di Australia bergantung pada beberapa faktor, termasuk tarif pajak marjinal pengguna dan jenis transaksi yang dilakukan.

Infografis Pajak Kripto 04
Sumber: ATO.gov.au

Pajak Keuntungan Modal

Menjual kripto dengan fiat, menukar kripto dengan kripto, membelanjakan kripto untuk barang dan jasa, serta menghadiahkan kripto adalah peristiwa kena pajak di Australia.

Keuntungan modal, termasuk yang dihasilkan dari kripto, ditambahkan ke pendapatan pengguna untuk menghitung golongan pajak mereka. Meskipun keuntungan modal berbeda dari pendapatan, keuntungan modal dikenakan pajak dengan persentase yang sama dengan kelompok pajak pendapatan pengguna. Namun, jika mereka memegang aset seperti mata uang kripto selama setidaknya satu tahun, mereka akan menerima diskon 50% dari keuntungan modal kena pajak untuk aset tersebut.

Pajak Penghasilan

Penghasilan kripto yang memenuhi syarat sebagai pendapatan dikenakan pajak dengan tarif pajak penghasilan pengguna. Tarif pajak penghasilan di Australia berkisar antara 19%-45%, mulai dari penghasilan di atas ambang batas minimum A$18.201.

Kunjungi panduan mendalam tentang pajak kripto Australia.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi umum. Perlu diingat bahwa artikel ini dan alat Pajak Crypto.com tidak boleh digunakan sebagai pengganti konsultasi dengan profesional pajak. Anda mengakui dan menyetujui bahwa Crypto.com belum memberikan nasihat pajak apa pun, Anda akan mengandalkan penasihat pajak Anda sendiri sehubungan dengan kewajiban pajak Anda, dan Crypto.com tidak membuat pernyataan atau jaminan tentang keakuratan, kelengkapan, atau penerapan informasi apa pun dalam artikel ini.

Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain dalam artikel ini sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk keuntungan modal dan/atau pajak penghasilan, di yurisdiksi Anda atau yurisdiksi tempat Anda menjadi penduduk untuk tujuan perpajakan. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

crypto tax

Crypto101

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens