Apa Pembaruan EIP-4844 Ethereum? Bagaimana Proto-Danksharding Dapat Mengurangi Biaya Bahan Bakar

Pelajari tentang pemutakhiran Ethereum di Cancun-Deneb, pembaruan protokol utama untuk mengurangi biaya bahan bakar dan meningkatkan skalabilitas melalui Proto-Danksharding.

Sep 27, 2023
|

Apa Itu Pembaruan Ethereum 4844 F

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Peningkatan Ethereum di Cancun-Deneb mencakup EIP-4844, juga dikenal sebagai Proto-Danksharding, yang bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas dan mengurangi biaya bahan bakar.
  • Sharding adalah teknik yang membagi jaringan blockchain menjadi unit-unit yang lebih kecil, yang dikenal sebagai ‘pecahan’.
  • Danksharding, yang memanfaatkan ‘gumpalan’ data besar untuk meningkatkan throughput transaksi, adalah proposal desain saat ini untuk sharding di Ethereum.
  • Proto-Danksharding adalah langkah sementara menuju Danksharding penuh, yang bertujuan untuk mengurangi biaya transaksi dan meningkatkan throughput.
  • EIP-4844 juga menyertakan pembaruan penting lainnya, yang meletakkan dasar untuk peningkatan jaringan Ethereum di masa mendatang.

Tinjauan Singkat tentang Peningkatan Ethereum Cancun

Peningkatan Ethereum Cancun, juga dikenal sebagai EIP-4844, adalah perkembangan yang sangat dinantikan dalam jaringan Ethereum. Hal ini bertujuan untuk mengatasi salah satu hambatan utama dalam adopsi massal Ethereum – tingginya biaya bahan bakar blockchain. Peningkatan di Cancun memperkenalkan Proto-Danksharding, sebuah metode untuk mengurangi biaya transaksi dan meningkatkan hasil transaksi, yang siap untuk membuat peningkatan signifikan dalam skalabilitas Ethereum.

Apa itu Sharding?

Sharding adalah metode yang digunakan untuk meningkatkan kapasitas dan kinerja jaringan blockchain. Hal ini dicapai dengan mempartisi jaringan menjadi unit-unit yang lebih kecil, yang disebut ‘pecahan’, yang mampu memproses transaksi secara mandiri.

Pemrosesan paralel ini secara signifikan meningkatkan efisiensi jaringan, menurunkan kemacetan jaringan dan selanjutnya mengurangi biaya bahan bakar. Sharding adalah langkah penting untuk membuat jaringan Ethereum lebih terukur dan mudah diakses.

Apa itu Danksharding?

Danksharding adalah proposal desain saat ini untuk sharding di Ethereum. Ini menggunakan Objek Besar Biner (‘blob’) — sejumlah besar data yang membantu meningkatkan throughput transaksi lebih lanjut — dan dirancang untuk membantu menurunkan biaya transaksi pada jaringan Ethereum.

Sering disebut sebagai ‘pembunuh skalabilitas’, Danksharding diharapkan dapat meningkatkan kecepatan pemrosesan transaksi Ethereum menjadi sekitar 100,000 transaksi per detik (tps) . Ini berfungsi sebagai realisasi penuh tentang bagaimana rollup Ethereum akan mencapai skalabilitas.

Apa itu Proto-Danksharding?

Rollup Layer-2 (L2) telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan hal ini berkontribusi pada perubahan pilihan desain seputar implementasi awal sharding. Pada akhirnya, rollup direvisi dari sharding eksekusi penuh (di mana setiap shard memproses semua transaksi) menjadi Danksharding (di mana shard hanya menyimpan data transaksi yang dieksekusi oleh rollup).

Proto-Danksharding, fokus dari peningkatan Ethereum Cancun, adalah fase transisi menuju Danksharding penuh. Dengan memperkenalkan jenis transaksi baru yang menerima ‘gumpalan’ data, Proto-Danksharding bertujuan untuk mempersiapkan jaringan Ethereum untuk Danksharding penuh di masa depan.

Informasi yang terkandung dalam blob data secara otomatis dihapus setelah jangka waktu tertentu (biasanya satu hingga tiga bulan) dan tidak dapat diakses oleh Ethereum Virtual Machine (EVM). Hal ini membantu rollup mengirimkan datanya dengan biaya lebih rendah, sehingga mengurangi biaya transaksi bagi pengguna akhir.

Metode ini diharapkan dapat mengurangi biaya bahan bakar secara signifikan dan meningkatkan hasil transaksi, menjadikan jaringan selangkah lebih dekat dalam mengelola kapasitas jaringan transaksi global.

Bagaimana EIP-4844 Bertujuan Mengurangi Biaya Gas

EIP-4844 mengusulkan jenis transaksi baru, yang dikenal sebagai transaksi pembawa blob , yang bertindak seperti ‘sespan’ yang dapat dilampirkan ke transaksi Ethereum tetapi menyertakan informasi tambahan. Gumpalan ini berukuran besar (hingga 128 KB) namun murah dibandingkan dengan data panggilan saat ini, menjadikannya solusi hemat biaya untuk mengurangi biaya bahan bakar.

Dengan menyimpan sementara blob ini pada lapisan konsensus Ethereum, EIP-4844 bertujuan untuk secara signifikan mengurangi biaya data dari rollup ke lapisan dasar Ethereum, sehingga menurunkan biaya transaksi.

Pembaruan Tambahan dalam Peningkatan Cancun

Selain memperkenalkan transaksi pembawa blob, pemutakhiran Ethereum Cancun juga mencakup pembaruan penting lainnya: penerapan logika lapisan eksekusi, aturan verifikasi, dan pasar biaya dua dimensi — semuanya diperlukan untuk Danksharding penuh di masa depan.

Dengan menerapkan sebagian besar logika yang diperlukan untuk Danksharding penuh, EIP-4844 memberikan batu loncatan penting untuk membuat jaringan Ethereum dapat diskalakan sepenuhnya.

Kapan EIP-4844 Tayang?

Pada saat penulisan, Ethereum Foundation belum menentukan tanggal peluncuran untuk EIP-4844. Namun, peningkatan tersebut diperkirakan akan terjadi pada paruh kedua tahun 2023.

Kesimpulan: Pentingnya Peningkatan Ethereum Cancun

Peningkatan Ethereum Cancun, atau EIP-4844, adalah perkembangan penting dalam evolusi jaringan Ethereum . Dengan memperkenalkan Proto-Danksharding, peningkatan ini diatur untuk secara signifikan mengurangi biaya bahan bakar Ethereum dan meningkatkan hasil transaksi, membuka jalan bagi Danksharding penuh di masa depan.

Seiring dengan terus berkembang dan membaiknya jaringan Ethereum, peningkatan seperti EIP-4844 akan memainkan peran penting dalam meningkatkan kemampuan jaringan seiring dengan perluasannya yang semakin mendekati platform transaksi global. Dengan potensinya untuk menjadikan Ethereum lebih kompetitif di dunia mata uang kripto, peningkatan Ethereum Cancun menandai langkah maju yang signifikan dalam perjalanan menuju jaringan Ethereum yang sepenuhnya skalabel dan dapat diakses.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Blockchain

Ethereum

proto-danksharding

sharding

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens