Dompet Kustodian vs Dompet Non-Kustodian

Tidak yakin apakah akan menyimpan kunci kripto Anda sendiri atau membiarkan orang lain memegangnya untuk Anda? Panduan kami untuk dompet kustodian vs non-kustodian dapat membantu.

Feb 17, 2023
|

Dompet Kustodian Kustodian Non Kustodian Memilih

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Untuk dompet kustodian, pihak ketiga mengambil alih penyimpanan kunci pribadi, bukan pemilik kripto.
  • Untuk dompet non-kustodian, pemilik kripto memegang kunci pribadi mereka sendiri dan, oleh karena itu, dana mereka.
  • Salah satu kekurangan dari dompet non-kustodian adalah kurangnya opsi pemulihan jika pengguna kehilangan kata sandi.
  • Akan tetapi, dompet non-kustodian memberikan pengguna kepemilikan penuh atas mata uang digital mereka, membuat mereka bertanggung jawab untuk menjaga kunci dan dana pribadi mereka sendiri.
  • Crypto.com DeFi Wallet adalah dompet non-kustodian yang memungkinkan pengguna dengan mudah mengelola dan menyimpan kripto mereka dengan aman, dan menyediakan akses ke rangkaian lengkap layanan DeFi, semuanya di satu tempat.

Pendahuluan

Memilih jenis wallet terbaik untuk menyimpan dan melindungi aset digital adalah hal yang krusial dalam hal memiliki kripto. Ada banyak jenis dompet yang berbeda di pasaran, dan bisa jadi membingungkan tentang apa yang harus dipilih.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai dompet kustodian dan non-kustodian. Untuk panduan singkat mengenai apakah pengguna harus menyimpan kunci kripto mereka sendiri atau membiarkan orang lain yang bertanggung jawab, baca terus.

Panas, dingin, perangkat keras, perangkat lunak: Pelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis dompet kripto.

Perbandingan Dompet Kustodian vs Dompet Non-Kustodian

Infog Dompet Kustodian Non Kustodian Feb22

Dompet Kustodian

Untuk memahami cara kerja dompet kustodian, penting untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerja dompet kripto. Dompet kripto sebenarnya tidak berisi dana pengguna. Sebaliknya, mereka berisi kunci publik, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur transaksi, dan kunci privat, yang digunakan untuk mengesahkan transaksi.

Seperti namanya, dompet kustodian adalah tempat pihak ketiga menyimpan kunci pribadi atas nama pengguna. Pihak ketiga memiliki kontrol penuh atas aset kripto, dengan tanggung jawab mengelola kunci dompet pengguna, menandatangani transaksi, dan melindungi aset kripto pengguna.

  • Umumnya, dompet kustodian tersedia dari bursa kripto atau penyedia dompet kustodian dalam bentuk aplikasi seluler atau web. Setelah pengguna masuk ke akun dompet mereka, mereka menggunakan antarmuka penyedia dompet untuk mengelola dana dan melakukan transaksi.
  • Ini berarti pengguna harus mempercayai penyedia layanan untuk menyimpan token mereka dengan aman dan menerapkan langkah-langkah keamanan yang kuat untuk mencegah akses yang tidak sah. Langkah-langkah ini dapat mencakup otentikasi dua faktor (2FA), konfirmasi email, dan otentikasi biometrik, seperti pengenalan wajah atau verifikasi sidik jari.

Dompet Non-Kustodian

Dompet non-kustodian, atau dompet penitipan sendiri, adalah tempat pemilik kripto bertanggung jawab penuh untuk mengelola dana mereka sendiri. Pengguna memiliki kontrol penuh atas kepemilikan kripto mereka, mengelola kunci pribadi mereka sendiri, dan menangani transaksi sendiri.

  • Dompet non-kustodian dapat memiliki bentuk yang berbeda. Dompet berbasis browser adalah sebuah jenis ekstensi browser, yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan kunci pribadi mereka dan memulai transaksi. Dompet seluler hadir dalam bentuk aplikasi seluler yang dapat diunduh. Sementara itu, dompet perangkat keras adalah perangkat fisik. Karena dompet perangkat keras dapat diakses dan dikelola secara offline, banyak yang menganggapnya sebagai opsi yang paling aman.
  • Dompet non-kustodian menyediakan frasa benih bagi pengguna. Setelah membuat dompet, pengguna akan diminta untuk menuliskan dan menyimpan satu set 12 kata yang dibuat secara acak, yang dikenal sebagai frasa ‘pemulihan’, ‘benih’, atau ‘mnemonik’. Dari frasa ini, kunci publik dan privat dapat dihasilkan. Ini juga bertindak sebagai cadangan atau mekanisme pemulihan jika pengguna kehilangan akses ke perangkat aslinya. Siapa pun yang memiliki seed phrase akan dapat memperoleh kontrol penuh atas dana yang disimpan dalam dompet pengguna. Dalam skenario di mana frasa seed hilang, pengguna akan kehilangan akses ke dana mereka.
  • Pengguna bertanggung jawab untuk mengelola dan memenuhi setiap transaksi. Pengguna membutuhkan kunci pribadi mereka untuk mengirim dana dan menyelesaikan transaksi lainnya. Bergantung pada dompet non-kustodian yang digunakan, transaksi dapat direfleksikan secara real-time on-chain atau ditandatangani secara offline dan diunggah ke blockchain untuk konfirmasi di kemudian hari.
pro kontra dompet kripto non-kustodian

Dompet DeFi Crypto.com

The Crypto.com DeFi Wallet adalah dompet non-kustodian yang memungkinkan pengguna dengan mudah mengelola dan menyimpan kripto mereka, serta menyediakan akses aman ke rangkaian lengkap layanan DeFi di satu tempat. Tidak seperti solusi kustodian terpusat, pengguna memiliki kontrol penuh dan kepemilikan atas kripto mereka ketika mereka menggunakan Crypto.com DeFi Wallet. Ia juga menawarkan lapisan tambahan fitur keamanan, di mana kunci privat dienkripsi secara lokal di perangkat pengguna dengan enkripsi yang aman dan dapat dilindungi dengan otentikasi biometrik dan otentikasi dua faktor (2FA).

Selain manfaat dan keamanan yang diberikan oleh dompet non-kustodian, Dompet DeFi Crypto.com juga telah mengintegrasikan penawaran DeFi, termasuk DeFi Earn. Ia juga dilengkapi Ekstensi Dompet sehingga pengguna dapat mengakses dana mereka dengan lancar dari peramban dan melakukan transfer dari perangkat yang berbeda.

Pelajari lebih lanjut tentang Crypto.com Dompet DeFi dan cara mengaturnya.

Kesimpulan – Dompet Kustodian atau Non-Kustodian: Mana yang Harus Dipilih

Dompet kustodian dan non-kustodian memiliki manfaat dan batasan masing-masing. Untuk pengguna yang memprioritaskan kemudahan penggunaan dan opsi pemulihan cadangan, dompet kustodian adalah solusi yang masuk akal. Tetapi bagi mereka yang menginginkan kontrol penuh dan kepemilikan atas kunci pribadi mereka, dompet non-kustodian mungkin adalah yang mereka cari. Pada akhirnya, terserah pengguna, dan non-kustodian Dompet DeFi Crypto.com adalah salah satu dari sekian banyak opsi yang bisa dipertimbangkan.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

wallets

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens