Perdagangan Spot Kripto vs Perdagangan Margin: Apa Perbedaannya?

Pelajari lebih lanjut tentang apa itu trading spot dan margin, pro dan kontra, dan bagaimana Anda dapat memilih di antara keduanya.

Oct 18, 2022
|

Spotvmargin Opt

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Perdagangan spot kripto adalah membeli atau menjual aset di pasar spot dengan harga pasar saat ini untuk pengiriman segera.
  • Perdagangan margin kripto menggunakan dana pinjaman untuk membayar perdagangan. Oleh karena itu, perbedaan utama antara perdagangan margin dan perdagangan spot adalah bahwa perdagangan margin menggunakan leverage.
  • Perdagangan spot lebih sederhana, tetapi perdagangan margin dapat, dalam keadaan tertentu, memperkuat keuntungan. Namun, leverage adalah pedang bermata dua, karena dapat memperbesar kerugian.
  • Yang mana yang akan dipilih sangat bergantung pada toleransi risiko dan kondisi pribadi trader.

Apa Itu Perdagangan Spot Kripto?

Perdagangan spot terjadi di pasar spot. Pasar spot tidak hanya ada di kripto, tetapi juga di kelas aset lainnya, seperti saham, valas, komoditas, dan obligasi.

Pasar spot adalah tempat pedagang membeli dan menjual aset (dalam kasus kripto, token) di harga pasar saat ini untuk pengiriman segera atau dalam waktu dekat (yaitu dalam hitungan hari). Disebut ‘spot’ karena mengacu pada tindakan perdagangan dan penerimaan aset di tempat. Dalam perdagangan spot, ada tiga konsep utama yang harus dipahami: harga spot, tanggal perdagangan, dan tanggal penyelesaian.

Harga spot

Harga spot adalah harga pasar saat ini dari suatu aset dan, oleh karena itu, adalah harga di mana perdagangan spot dieksekusi. Pembeli dan penjual menciptakan harga spot dengan memposting order beli atau jual yang berisi harga dan kuantitas yang ingin ditransaksikan oleh pembeli atau penjual. Harga spot berfluktuasi karena pesanan yang ada dipenuhi dan pesanan baru masuk ke pasar.

Tanggal perdagangan

Ini adalah hari dimana order perdagangan dieksekusi di pasar. Pada dasarnya, ini mencatat dan memulai transaksi.

Tanggal penyelesaian

Tanggal penyelesaian (kadang-kadang disebut sebagai tanggal spot) adalah ketika aset yang terlibat dalam transaksi benar-benar ditransfer. Waktu antara tanggal perdagangan dan tanggal penyelesaian dapat bervariasi tergantung pada jenis pasar yang diperdagangkan – bisa pada hari yang sama (misalnya, untuk beberapa sekuritas pasar uang) atau beberapa hari (misalnya, biasanya dua hari untuk saham). Untuk kripto, biasanya pada hari yang sama, tetapi dapat bervariasi di berbagai bursa atau platform perdagangan.

Mengingat sifat langsung dari perdagangan spot, seorang trader harus memiliki jumlah dana penuh untuk membayar perdagangan. Sebagai contoh, jika seorang trader ingin membeli $1.000 senilai Bitcoin (BTC)mereka harus memiliki $1.000 penuh di akun mereka; jika tidak, perdagangan tidak akan dieksekusi oleh bursa atau platform perdagangan.

Apa Itu Perdagangan Margin Kripto?

Margin Call 01

Margin trading mengacu pada penggunaan dana pinjaman untuk membayar suatu transaksi. Perbedaan utama dibandingkan dengan perdagangan spot, oleh karena itu, adalah bahwa perdagangan margin memungkinkan pedagang untuk membuka posisi tanpa harus membayar jumlah penuh dari kantong mereka sendiri. Konsep utama yang perlu dipahami dalam perdagangan margin adalah leverage, margin, agunan, dan likuidasi.

Leverage

Ini mengacu pada penggunaan dana pinjaman untuk membayar perdagangan. Contohnya, jika seorang trader ingin membeli Ethereum (ETH ) senilai $1.000 dengan faktor leverage 5x (kelipatan 5), maka trader tersebut hanya perlu membayar $200, dan sisanya ($800) dipinjam dari bursa atau platform trading. Dengan kata lain, trader meminjam untuk meningkatkan posisi mereka sebesar 5x. Nilai saldo akun berdasarkan harga pasar saat ini, dikurangi jumlah pinjaman, dikenal sebagai ekuitas. Jumlah leverage yang dapat digunakan bervariasi di berbagai bursa dan platform trading.

Margin

Karena harga pasar aset berfluktuasi secara real-time, begitu pula tingkat ekuitas. Ketika tingkat ekuitas turun di bawah ambang batas tertentu (juga dikenal sebagai persyaratan margin, yang ditetapkan oleh bursa atau platform perdagangan), pedagang akan mendapatkan margin call. Pada saat itu, mereka harus menjual sebagian atau seluruh posisi mereka dan/atau memasukkan lebih banyak dana mereka sendiri ke dalam akun untuk mengembalikan nilai ekuitas ke tingkat persyaratan margin.

Agunan dan Likuidasi

Aset yang dimiliki trader di akun mereka digunakan sebagai jaminan untuk pinjaman. Jika trader gagal memenuhi margin call, bursa atau platform trading dapat menjual aset (juga disebut sebagai likuidasi) di akun dan menggunakan hasilnya untuk membayar pinjaman.

Mari kita lihat contoh margin call di bawah ini:

Margin Call B

Trader tersebut telah membeli ETH senilai $1.000 dengan menggunakan leverage 5x (yaitu, mereka meminjam $800 dan menggunakan $200 dari dana mereka sendiri). Selanjutnya, harga ETH turun 10%. Dengan asumsi margin yang dibutuhkan oleh bursa atau platform trading adalah 15% dari nilai akun, maka terjadi margin call karena tingkat ekuitas turun di bawah tingkat persyaratan margin.

Trader harus menyediakan $35 dengan menjual sejumlah ETH atau memasukkan lebih banyak uang mereka sendiri untuk mengembalikan ekuitas ke persyaratan margin. Jika mereka gagal memenuhi margin call, maka bursa atau platform perdagangan dapat menjual ETH di akun secara paksa untuk membantu membayar pinjaman.

Perdagangan Spot Kripto: Pro dan Kontra

Manfaat utama trading spot dibandingkan trading margin adalah lebih sederhana dan tidak melibatkan potensi amplifikasi kerugian yang dapat ditimbulkan oleh margin. Lebih sederhana karena trader tidak perlu berurusan dengan hal-hal seperti margin call dan memutuskan berapa banyak leverage yang akan digunakan. Selain itu, tanpa margin call, trader tidak menghadapi risiko harus memasukkan lebih banyak dana mereka sendiri dan berpotensi kehilangan lebih banyak daripada yang sudah ada di akun mereka.

Kerugian utama dari perdagangan spot adalah kehilangan potensi penguatan hasil yang dapat dihasilkan oleh penggunaan leverage, yang akan kita bahas di bawah ini.

Perdagangan Margin Kripto: Pro dan Kontra

Keuntungan terbesar dari perdagangan margin adalah menggunakan leverage memiliki potensi untuk memperkuat hasil positif. Mari kita lihat contoh trader yang membeli Ethereum (ETH) senilai $1.000 dengan harga $1.000 (yaitu, mereka membeli 1 ETH), dan kemudian, harganya naik 10% menjadi $1.100.

Di bawah ini adalah imbal hasil tanpa leverage dibandingkan dengan leverage. Dalam skenario leverage, asumsikan bahwa trader menggunakan leverage 5x (yaitu, mereka menggunakan $200 dari dana mereka sendiri dan meminjam $800 lainnya). Pengembalian 50% dari penggunaan leverage lebih besar daripada 10% tanpa menggunakan leverage.

Skenario Harga ETH naik 10%KembaliPerhitungan
Tidak ada leverage+10%(1100 – 1000) / 1000
Leverage sebesar 5x+50%(1100 – 800 – 200) / 200
Skenario Harga ETH naik 10%Tidak ada leverage
Kembali+10%
Perhitungan(1100 – 1000) / 1000
Skenario Harga ETH naik 10%Leverage sebesar 5x
Kembali+50%
Perhitungan(1100 – 800 – 200) / 200

Namun, leverage adalah pedang bermata dua, karena selain dapat memperkuat hasil positif, leverage juga dapat memperkuat hasil negatif. Mari kita asumsikan bahwa alih-alih naik, harga ETH turun 10% menjadi $900. Pengembalian -50% dari penggunaan leverage secara signifikan lebih rendah daripada -10% tanpa menggunakan leverage.

Skenario Harga ETH turun 10%KembaliPerhitungan
Tidak ada leverage-10%(900 – 1000) / 1000
Leverage sebesar 5x-50%(900 – 800 – 200) / 200
Skenario Harga ETH turun 10%Tidak ada leverage
Kembali-10%
Perhitungan(900 – 1000) / 1000
Skenario Harga ETH turun 10%Leverage sebesar 5x
Kembali-50%
Perhitungan(900 – 800 – 200) / 200

Kerugian utama lainnya dari perdagangan margin adalah risiko terkena margin call. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ini bisa berarti trader perlu memasukkan lebih banyak dana mereka sendiri ke dalam akun dan berisiko kehilangan lebih banyak daripada yang mereka masukkan.

Margin Silang dan Margin Terisolasi

Dua cara umum untuk menggunakan margin adalah margin silang dan margin terisolasi:

  • Margin silang. Hal ini memungkinkan trader untuk berbagi saldo margin di berbagai posisi, sehingga kelebihan margin (yaitu ekuitas yang melebihi persyaratan margin) dari satu posisi dapat digunakan untuk menutupi kekurangan margin dari posisi lain. Hal ini berpotensi digunakan untuk membantu mencegah margin call dan/atau likuidasi paksa dari posisi yang merugi.
  • Margin silang yang cerdas. Memungkinkan offset persyaratan margin untuk posisi yang berlawanan arah (mis., long vs short) dan di berbagai jenis produk (mis., margin spot dan futures).
  • Margin yang terisolasi. Ini adalah margin yang ditetapkan untuk satu posisi dan tidak dapat dibagi ke berbagai posisi. Biasanya, trader mungkin menggunakan ini ketika mereka tidak ingin margin call dari satu posisi mempengaruhi posisi lain dalam portofolio mereka.

Spot atau Margin: Bagaimana Anda Memilih?

Trading spot dan trading margin adalah dua cara trading yang umum digunakan, tidak hanya di pasar kripto, tetapi juga di pasar lain seperti saham, forex, komoditas, dan obligasi. Pilihan ini sangat bergantung pada toleransi risiko dan keadaan pribadi trader. Perbedaan utamanya adalah trading margin menggunakan leverage, sedangkan trading spot tidak.

Risiko dan imbalan sering kali berjalan beriringan, jadi bagi mereka yang bersedia dan mampu mengambil lebih banyak risiko untuk mendapatkan potensi keuntungan yang lebih besar, maka perdagangan margin dapat menjadi pilihan. Bagi trader yang lebih konvensional, trading spot bisa jadi lebih tidak berisiko dan lebih mudah dieksekusi.

Pelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan Bursa Crypto.com.

Cara Memulai Perdagangan Spot dan Margin Dengan Crypto.com

Pengguna dapat melakukan perdagangan spot dan perdagangan margin di Bursa Crypto.com. Perdagangan spot didukung oleh versi desktop dan Aplikasi Exchange.

Perdagangan margin di Crypto.com Exchange memungkinkan pengguna untuk meminjam aset virtual di Crypto.com Exchange untuk diperdagangkan di pasar spot. Pengguna yang memenuhi syarat dapat menggunakan pinjaman margin sebagai leverage (aset virtual yang dipinjam) untuk membuka posisi yang lebih besar dari saldo akun mereka. Di Bursa Crypto.com, pedagang diharuskan untuk mentransfer aset virtual sebagai jaminan terlebih dahulu ke dalam dompet margin mereka.

Saat meminjam aset virtual, pengguna dapat meminjam:

  • dalam jenis aset virtual yang sama dengan jaminan mereka (misalnya, jaminan mereka mungkin BTC dan mereka dapat meminjam BTC).
  • dalam jenis aset virtual yang berbeda dari jaminan mereka (misalnya, jaminan mereka adalah BTC, dan mereka meminjam USDT).

Lihat daftar pasangan perdagangan yang didukung di sini.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Margin trading

Spot Trading

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens