Bahasa Gaul Kripto untuk Hari yang Buruk – 12 Istilah Kripto yang Perlu Diketahui

Ada saat-saat yang baik dan ada saat-saat yang buruk. Teruslah membaca untuk melihat daftar istilah kripto yang mungkin Anda lihat pada hari kripto yang buruk.

Jan 27, 2023
|

Bahasa Gaul Untuk Pilihan Hari Buruk

Dunia mata uang kripto dapat berubah-ubah, berayun dengan cepat ke arah atas atau ke arah bawah. Seperti halnya setiap pasar, ada saat-saat yang baik dan buruk. Teruslah membaca untuk melihat daftar istilah kripto yang mungkin Anda lihat di hari kripto yang buruk sehingga Anda dapat tetap mengikuti perkembangannya dan bergabung dalam diskusi.

Pemegang tas

Bagholder adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang mempertahankan aset mereka meskipun nilainya terus menurun atau turun drastis. Mereka mungkin mempertahankan posisi mereka bahkan ketika nilai aset jatuh ke titik nol, terkadang dengan harapan bahwa harga aset tersebut pada akhirnya akan bangkit kembali.

Dalam kasus lain, pelaku pasar akan dianggap sebagai bagholder jika, misalnya, mereka melewatkan kejatuhan harga aset, di mana harga aset turun begitu cepat sehingga mereka tidak punya waktu untuk melakukan perdagangan.

Situasi lain di mana trader dapat menjadi bagholder potensial adalah ketika mereka kehilangan minat dan benar-benar melupakan mata uang kripto mereka, tanpa menyadari bahwa harga mata uang kripto tersebut telah turun secara signifikan. Pada saat itu, setelah mereka melakukan pengecekan, mereka mungkin merasa tidak ada gunanya menjualnya karena nilainya hanya sebagian kecil dari harga pembelian awal.

Degen

Slang untuk ‘merosot’, degen adalah tipe trader yang melakukan sedikit uji tuntas ketika melihat aset kripto yang potensial untuk dibeli atau ditahan. Biasanya, para degenerate mengabaikan sinyal trading, analisis fundamental, atau riset, dan lebih memilih menggunakan faktor lain, seperti apakah suatu aset terlihat lucu atau memiliki potensi meme yang kuat.

FOMO

FOMO adalah singkatan dari ‘fear of missing out’, FOMO mengacu pada ketakutan trader bahwa mereka akan kehilangan kesempatan yang berpotensi menguntungkan. Ketakutan ini dapat mendorong seseorang untuk bertindak impulsif dan membuat keputusan berdasarkan emosi daripada logika dan penalaran.

FOMO dapat sangat memengaruhi harga mata uang kripto dan menyebabkan volatilitas besar di pasar kripto. Hal ini telah dianggap sebagai salah satu kekuatan pendorong di balik naik turunnya harga Bitcoin yang cepat pada tahun 2017. Namun, hal ini juga dapat menyebabkan trader mengalami kerugian finansial yang jauh lebih besar.

FUD

FUD adalah istilah pemasaran dan komunikasi yang merupakan singkatan dari ‘ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan’. Ini adalah taktik psikologis yang digunakan untuk memengaruhi orang agar memiliki persepsi negatif terhadap sesuatu – seperti produk, pasar, atau merek – umumnya dengan menyebarkan informasi yang salah atau menghasut rasa takut.

Dalam kripto, FUD biasanya terbagi dalam dua kategori:

  1. Upaya yang disengaja untuk memicu ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan yang meluas tentang proyek tertentu untuk memanipulasi harga ke bawah.
  1. Skeptisisme umum tentang kripto sebagai kelas aset dapat mengakibatkan penyebaran hal negatif yang berlebihan atau ‘berita palsu’ tentang topik tersebut.

Entah disengaja atau tidak, FUD dapat memengaruhi nilai pasar koin, perusahaan, proyek, atau bahkan pasar. Hal ini dapat dianggap sebagai kebalikan dari FOMO: Ketika pasar naik, individu mungkin menyerah pada perasaan FOMO; ketika pasar mendingin, FUD dapat menyebar dengan lebih mudah.

HODL

Singkatan dari ‘hold on for dear life’, istilah HODL diduga berasal dari kesalahan ejaan ‘hold’, yang telah melekat dan sekarang berarti ‘menjaga’. Ini mengacu pada strategi beli dan tahan. Dengan demikian, seorang pedagang kripto yang membeli koin dan tidak berencana menjualnya di masa mendatang disebut sebagai ‘hodler’ koin.

Istilah ini dikatakan berasal dari sebuah posting online tahun 2013 di forum Bitcointalk, tempat pertama kali kesalahan ketik muncul. Pada dasarnya, tujuan seorang hodler adalah untuk menghadapi berbagai pasang surut pasar dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.

Pergerakan pasar jangka pendek tidak akan mempengaruhi seorang hodler, atau bahkan jika seluruh pasar jatuh atau menjadi sangat tidak stabil. Sebaliknya, para hodler akan mempertahankan posisi mereka terlepas dari harga karena percaya diri dengan nilai jangka panjang kripto.

NGMI

NGMI adalah singkatan dari ‘tidak akan berhasil’. Dalam kripto, ini sering digunakan untuk memprediksi kegagalan di masa depan karena keputusan yang buruk (seperti menjual bagian bawah meskipun semua indikasi pasar menunjukkan bahwa nilai token sedang dalam tren naik). Ini juga dapat digunakan sebagai label untuk mengejek orang-orang yang telah mengambil sikap menentang kripto atau yang gagal memahami konsep dasar kripto.

Tangan Kertas

Tangan kertas adalah sebuah ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan individu yang tidak memiliki kepercayaan diri untuk memegang mata uang kripto mereka. Mereka biasanya menjual dengan panik, khawatir mata uang kripto yang mereka pegang akan jatuh ke harga yang tidak diinginkan.

Pompa dan Pembuangan

Salah satu jenis penipuan, skema pump-and-dump melibatkan penggelembungan harga aset secara artifisial melalui informasi positif yang salah atau menyesatkan. Biasanya, sekelompok orang akan membeli aset tertentu dalam jumlah besar dengan harga murah, diikuti dengan menyebarkan informasi palsu untuk menaikkan permintaan dan harga aset tersebut.

Kenaikan harga yang tiba-tiba ini dimaksudkan untuk mendorong orang lain untuk ikut membeli, dan kelompok asli kemudian akan menjual (membuang) aset tersebut untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat, sehingga mereka yang terlambat membeli sering kali mengalami kerugian besar.

Rekt

Rekt adalah cara untuk mengeja kata ‘hancur’ dengan sengaja, dan biasanya digunakan untuk menggambarkan portofolio seseorang pada hari yang buruk atau situasi negatif yang dialami seseorang dengan mata uang kripto tertentu. Rekt sering digunakan di media sosial dan forum untuk menggambarkan orang-orang yang mengalami kerugian finansial yang signifikan dalam aset kripto tertentu. Kerugian ini tidak mengacu pada jenis kripto apa pun secara khusus; ini bisa berupa kerugian melalui perdagangan NFT atau melalui perdagangan mata uang kripto.

Individu sering digambarkan sebagai rekt ketika mereka mengalami kerugian perdagangan yang besar. Sebagai contoh, jika seseorang membeli token tertentu, yang kemudian mengalami pergerakan harga negatif yang signifikan, mereka akan dianggap ‘rekt’ karena mereka menghadapi kerugian besar, meskipun tidak direalisasikan, dengan melakukan perdagangan.

Tarik Karpet

Salah satu jenis penipuan kripto, rug pull adalah ketika tim pengembang meninggalkan sebuah proyek sebelum proyek tersebut selesai – menguras semua aset ke dompet mereka sendiri dan meninggalkan trader dengan aset kripto yang tidak berharga dari proyek yang ditinggalkan. Namanya berasal dari ungkapan ‘menarik karpet dari bawah seseorang’. Korban yang ditipu dengan cara ini mungkin akan mengatakan bahwa mereka ‘ditipu’.

Shill

Shilling melibatkan promosi aspek positif dari sebuah proyek dan menyebarkan berita tentang proyek tersebut untuk meyakinkan orang lain untuk membeli mata uang kripto. Shilling dapat dilakukan dengan cara yang jahat, karena orang yang melakukan shilling (dikenal sebagai ‘Shiller’) dapat mempromosikan proyek dengan tujuan untuk menggelembungkan harga token yang bersangkutan untuk menguntungkan diri mereka sendiri tanpa menghiraukan karakteristik token yang sebenarnya.

Paus

Paus dalam industri kripto mengacu pada sebuah entitas – individu, institusi, atau bursa – yang memiliki sejumlah besar mata uang kripto tertentu. Jumlah spesifik mata uang kripto yang membuat seorang pengguna dikategorikan sebagai whale tidak ditetapkan. Namun, intinya adalah bahwa yang disebut whale memiliki porsi yang signifikan dari total pasokan mata uang kripto, sehingga berpotensi memengaruhi harga aset dengan order beli atau jual mereka.

Karena besarnya order mereka, transaksi whale dapat meningkatkan volatilitas untuk sementara waktu, terutama pada aset dengan likuiditas rendah. Oleh karena itu, para pedagang yang waspada suka melacak paus yang dikenal dalam industri ini untuk mempersiapkan diri ketika mereka bergerak.

Kesimpulan

Pasar dapat berubah menjadi bearish dalam sekejap, jadi penting untuk mengetahui istilah-istilah kripto untuk memastikan Anda tetap mengikuti semua diskusi tentang kripto. Setelah Anda mengetahui istilah-istilah kripto yang umum digunakan untuk menggambarkan hari yang buruk, mari kita lihat istilah-istilah kripto yang dapat Anda gunakan untuk menggambarkan hari yang baik.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset digital apa pun. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset digital dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset digital dapat turun atau naik, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar dari harga pembelian Anda. Saat menilai aset digital, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas sendiri untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

crypto slang

crypto terms

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens