Blockchain dan AI: Bagaimana Keduanya Dapat Bekerja Sama

Tantangan apa saja yang dihadapi oleh AI, dan bagaimana blockchain dapat membantu? Pelajari bagaimana kedua teknologi ini dapat bekerja sama.

Mar 06, 2023
|

Cara Kerja Blockchain Logo W Ai

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Tantangan utama kecerdasan buatan (AI) adalah keputusannya yang sering kali tidak transparan, yang dapat menimbulkan masalah kepercayaan dan etika. Blockchain dapat membantu AI dalam hal ini.
  • Fitur-fitur kunci tertentu dari blockchain, seperti catatan digital yang tidak dapat diubah, transparan, dan penyimpanan data yang terdesentralisasi, dapat membantu memberikan wawasan tentang AI yang biasanya tersentralisasi dan tidak jelas.
  • Selain membangun kepercayaan, dan meningkatkan keamanan dan integritas data, blockchain juga dapat meningkatkan AI di bidang augmentasi, otomatisasi, dan daya komputasi.
  • Ada banyak kasus penggunaan di dunia nyata tentang bagaimana blockchain dan AI dapat bekerja sama di berbagai industri.

Masalah dengan Kecerdasan Buatan

Keunggulan utama kecerdasan buatan (AI) adalah kemampuannya untuk mensimulasikan penalaran manusia dan bereaksi dengan cepat terhadap sejumlah besar input yang berbeda. Namun, ini juga merupakan kekurangannya, karena kompleksitas proses pengambilan keputusan AI sering kali tidak transparan. Model pembelajaran mesin yang kompleks dalam AI, seperti jaringan saraf tiruan, sering kali merupakan kotak hitam. Masalah ini dikenal sebagai “kemampuan menjelaskan,” atau ketiadaan kemampuan menjelaskan, dan dapat menyebabkan masalah kepercayaan dan etika.

Bagaimana Blockchain Dapat Meningkatkan AI?

Beberapa fitur utama blockchain – seperti catatan digital yang tidak dapat diubah, transparan, dan penyimpanan data yang terdesentralisasi – dapat membantu memberikan wawasan tentang AI yang biasanya tersentralisasi dan tidak jelas. Dengan kata lain, blockchain berpotensi memberikan kepercayaan, privasi, dan akuntabilitas pada AI.

Berikut ini adalah cara kerjanya secara lebih rinci:

Kepercayaan

Akuntabilitas adalah salah satu tantangan yang dihadapi AI, yang memengaruhi kepercayaan orang terhadap hasil kerjanya. Untuk mempercayai AI, cara kerja algoritmanya harus dapat dijelaskan. Pemahaman ini akan mengarah pada kepercayaan yang lebih besar pada akurasi keluaran AI.

Menggunakan catatan digital blockchain yang tidak dapat diubah dapat membantu untuk lebih memahami kerangka kerja di balik AI dan sumber data yang digunakannya, menjawab tantangan AI yang dapat dijelaskan. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan terhadap integritas data AI dan, lebih jauh lagi, terhadap rekomendasi yang diberikan oleh AI.

Keamanan dan Integritas Data

Penyimpanan data terdesentralisasi dari blockchain dapat bertindak sebagai sebuah jejak audit untuk menunjukkan kepada pengguna bagaimana data mereka digunakan oleh perusahaan dan organisasi terpusat lainnya. Jika model AI disimpan dan didistribusikan pada blockchain, keputusan mereka dapat menjadi lebih terdesentralisasi, akuntabel, dan transparan.

Augmentasi

Dengan menyediakan akses ke data baik internal maupun eksternal organisasi, blockchain dapat membantu AI untuk berkembang dengan memungkinkan wawasan yang lebih dapat ditindaklanjuti, manajemen konsumsi data yang lebih baik, dan berbagi model. Hal ini berpotensi menciptakan pasar data yang lebih tepercaya dan transparan.

Otomatisasi

Menggabungkan AI dan blockchain dapat memberikan nilai pada proses bisnis multi-pihak dengan mengurangi kebutuhan akan campur tangan manusia. Teknologi Blockchain dapat menghilangkan pihak ketiga yang berpotensi tidak perlu dari transaksi multi-pihak; yang secara teori dapat mempercepat kecepatan, dan meningkatkan efisiensi di seluruh transaksi tersebut. Mengurangi gesekan antara transaksi dapat memberdayakan individu untuk memiliki data mereka, sementara blockchain memastikan keamanan proses transaksi.

Daya Komputasi

AI sangat intensif sumber daya dan dapat membutuhkan daya komputasi dalam jumlah besar, yang mungkin tidak dapat diatasi oleh server data terpusat. Teknologi buku besar terdistribusi seperti blockchain dapat membantu dengan memanfaatkan kekuatan komputasi dari banyak mesin.

Sisi yang terbalik: Dapatkah AI Membantu Teknologi Blockchain?

AI juga dapat memberikan manfaat bagi blockchain. Sebagai contoh, AI dapat meningkatkan kecerdasan jaringan bisnis berbasis blockchain dan memberikan mereka keunggulan kompetitif, karena AI dapat dengan cepat dan komprehensif membaca, menganalisis, dan menemukan hubungan antar data.

Model AI yang tergabung dalam smart contract yang diimplementasikan pada blockchain dapat menggunakan ambang batas dan peristiwa yang telah ditentukan untuk mengeksekusi transaksi seperti pemesanan ulang, pembayaran, atau pembelian inventaris, serta menyarankan produk yang sudah kadaluarsa untuk ditarik kembali.

Selain itu, algoritma AI berpotensi membantu mendeteksi aktivitas penipuan pada blockchain.

Dengan demikian, AI dapat bekerja sama dengan blockchain untuk meningkatkan skala dan mengotomatiskan proses untuk mengevaluasi transaksi.

Apa Saja Kasus Penggunaan Potensial untuk Blockchain dan AI?

Ada banyak contoh bagaimana blockchain dan AI berpotensi untuk bekerja sama di berbagai industri. Bagan di bawah ini menguraikan beberapa hal penting.

Kata Penutup: Apakah AI dan Blockchain adalah Masa Depan?

AI mampu mensimulasikan penalaran manusia dan bereaksi dengan cepat terhadap sejumlah besar input, tetapi ini juga bisa menjadi kelemahan karena keputusan yang dibuat oleh AI sering kali tidak transparan.

Beberapa fitur utama blockchain – seperti catatan digital yang tidak dapat diubah, transparan, dan penyimpanan data yang terdesentralisasi – dapat membantu memberikan wawasan tentang AI yang biasanya tersentralisasi dan tidak jelas. Sejauh fitur-fitur ini layak dan diinginkan dalam konteks tertentu, blockchain berpotensi memberikan kepercayaan, privasi, dan akuntabilitas kepada AI.

Cara lain yang dapat dilakukan blockchain untuk meningkatkan AI adalah di bidang augmentasi, otomatisasi, dan daya komputasi. Saat ini, sudah ada banyak contoh bagaimana blockchain dan AI dapat bekerja sama di berbagai industri, termasuk perawatan kesehatan, ilmu hayati, layanan keuangan, dan rantai pasokan.

Laporan laporan lengkap tentang AI dan kasus penggunaannya, termasuk lebih banyak contoh dan referensitersedia secara eksklusif untuk anggota Privat kami.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Mendaftar sebagai Anggota pribadi untuk bergabung dengan Program VIP Bursa Crypto.com dan mendapatkan kesempatan untuk mengumpulkan NFT “Singa Terisi”.

Melacak Token AI di Aplikasi Crypto.com

Kemunculan teknologi AI telah menyebabkan munculnya token AI baru yang dengan cepat mendapatkan popularitas. Untuk memenuhi minat ini, Aplikasi Crypto.com telah menambahkan kategori baru di Track Coins sehingga pengguna dapat dengan mudah mengikuti token AI teratas.

Temukan semua kategori yang tercantum di sini.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Blockchain

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens