10 Indikator Perdagangan Kripto Bearish yang Perlu Diketahui

Temukan 10 indikator perdagangan kripto bearish populer yang, jika dikombinasikan dengan indikator lain, dapat membantu meningkatkan pengalaman perdagangan.

Aug 23, 2023
|

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Memahami indikator perdagangan kripto yang bearish dan cara penghitungannya membantu pedagang saat mengambil keputusan di pasar kripto.
  • Indikator bearish menandakan potensi tren turun atau peluang penjualan.
  • Menggabungkan beberapa indikator dapat memberikan analisis kondisi pasar yang lebih akurat.
  • Perdagangan di Bursa Crypto.com memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan berbagai alat dan indikator untuk pengalaman perdagangan yang lebih baik.

Pendahuluan

Dunia perdagangan mata uang kripto penuh dengan peluang, namun juga penuh dengan risiko. Dua faktor kunci keberhasilan perdagangan adalah memahami kondisi pasar dan menganalisis potensi tren.

Pada artikel ini, kami mengeksplorasi 10 indikator perdagangan kripto bearish populer yang dapat membantu pedagang mengidentifikasi dan bereaksi secara efektif terhadap tren pasar bearish. Indikator-indikator ini, bila digunakan dengan benar, dapat membantu memberikan wawasan selama penurunan pasar.

1. Rata-rata Bergerak (MA)

Rata-rata pergerakan (MA), salah satu indikator perdagangan kripto paling populer, membantu memperlancar data harga selama periode tertentu, sehingga lebih mudah untuk mengidentifikasi tren. Ada dua jenis MA: simple moving average (SMA) dan exponential moving average (EMA). Dalam pasar bearish, ketika MA jangka pendek melintasi di bawah MA jangka panjang, hal ini biasanya menandakan potensi tren turun.

Cara Menghitung dan Menafsirkan Rata-Rata Pergerakan

Perhitungan rata-rata pergerakan sederhana melibatkan penjumlahan harga penutupan untuk sejumlah periode tertentu dan membagi jumlahnya dengan jumlah periode. Untuk rata-rata pergerakan eksponensial, data harga terkini diberi bobot lebih, sehingga lebih responsif terhadap perubahan harga baru.

Di pasar yang bearish, carilah MA jangka pendek melintasi di bawah MA jangka panjang, yang mungkin menandakan potensi tren turun. Persilangan ini bertindak sebagai sinyal bearish.

2. Indeks Kekuatan Relatif (RSI)

Relative Strength Index (RSI) adalah osilator momentum yang banyak digunakan untuk mengukur kecepatan dan perubahan pergerakan harga. Hal ini dapat membantu trader mengidentifikasi kondisi jenuh beli atau jenuh jual di pasar, yang mungkin menandakan potensi pembalikan atau perubahan tren.

Cara Menghitung dan Menafsirkan RSI

RSI dihitung menggunakan rumus berikut:

RSI = 100 – (100 / (1 + RS))

Dimana RS (Relative Strength) adalah rata-rata keuntungan dibagi dengan rata-rata kerugian dalam jangka waktu tertentu, biasanya 14 hari.

Nilai RSI di atas 70 menunjukkan kondisi jenuh beli, sedangkan nilai di bawah 30 menandakan kondisi jenuh jual. Di pasar yang bearish, RSI yang melintasi di bawah 70 dapat mengindikasikan potensi peluang penjualan.

3. Bollinger Band

Bollinger Bands adalah serangkaian garis yang diplot di sekitar grafik harga, dengan satu garis mewakili rata-rata pergerakan dan dua garis lainnya mewakili deviasi standar di atas dan di bawah rata-rata pergerakan. Ini membantu pedagang mengidentifikasi periode volatilitas tinggi dan potensi pembalikan.

Cara Menghitung dan Menafsirkan Bollinger Bands

Bollinger Bands dihitung menggunakan rumus berikut:

Pita Atas = Rata-Rata Pergerakan + (Deviasi Standar * 2)

Pita Bawah = Rata-Rata Pergerakan – (Deviasi Standar * 2)

Di pasar yang bearish, penembusan harga di bawah Bollinger Band yang lebih rendah dapat menandakan potensi peluang penjualan.

4. Konvergensi/Divergensi Rata-Rata Bergerak (MACD)

Indikator Moving Average Convergence/Divergence (MACD) adalah alat populer lainnya yang digunakan untuk mengidentifikasi potensi perubahan tren dan pergeseran momentum. Ini terdiri dari dua garis: garis MACD dan garis Sinyal, yang dihitung menggunakan EMA pada periode berbeda.

Cara Menghitung dan Menafsirkan MACD

Garis MACD dihitung dengan mengurangkan EMA 26 hari dari EMA 12 hari; garis Sinyal adalah EMA 9 hari dari garis MACD. Ketika garis MACD melintasi di bawah garis Sinyal, ini menghasilkan sinyal bearish, yang mungkin merupakan indikasi potensi tren turun.

5. Osilator Stokastik

Osilator stokastik adalah indikator momentum yang membandingkan harga penutupan suatu aset dengan kisaran harganya selama periode tertentu. Hal ini dapat membantu trader mengidentifikasi kondisi jenuh beli dan jenuh jual, serta potensi pembalikan tren.

Cara Menghitung dan Menafsirkan Stochastic Oscillator

Osilator stokastik dihitung menggunakan rumus berikut:

%K = (Penutupan Saat Ini – Terendah Terendah) / (Tertinggi – Terendah Terendah) * 100

%D = SMA 3 hari %K

Di pasar yang bearish, carilah garis %K yang melintasi di bawah garis %D ketika osilator berada di atas 80, yang menandakan potensi peluang penjualan.

6. Awan Ichimoku

Ichimoku Cloud adalah indikator komprehensif yang memberikan wawasan tentang tren pasar, level support dan resistance, dan potensi sinyal perdagangan. Ini terdiri dari lima garis (beberapa berdasarkan konsep serupa dengan rata-rata bergerak): Tenkan-Sen, Kijun-Sen, Senkou Span A, Senkou Span B, dan Chikou Span.

Cara Menghitung dan Menafsirkan Awan Ichimoku

Ichimoku Cloud dihitung menggunakan beberapa rumus untuk masing-masing dari lima baris. Di pasar yang bearish, penembusan harga di bawah cloud mungkin menandakan potensi peluang penjualan.

7. Retracement Fibonacci

Fibonacci retracement adalah alat populer yang digunakan untuk mengidentifikasi potensi level support dan resistance berdasarkan deret Fibonacci . Ini dapat membantu pedagang mengidentifikasi titik pembalikan potensial selama tren pasar bearish.

Cara Menghitung dan Menafsirkan Level Fibonacci Retracement

Untuk menghitung level Fibonacci retracement, trader perlu mengidentifikasi titik tertinggi dan terendah yang signifikan pada grafik harga. Kemudian mereka dapat menerapkan rasio Fibonacci (23,6%, 38,2%, 50%, 61,8%, dan 78,6%) pada perbedaan antara titik tertinggi dan terendah untuk menentukan potensi level support dan resistance.

Di pasar yang bearish, carilah harga untuk menemukan resistensi di salah satu level retracement Fibonacci, yang menandakan potensi peluang penjualan.

8. Jilid

Volume perdagangan adalah indikator penting yang membantu pedagang mengukur kekuatan tren pasar. Di pasar bearish, peningkatan volume selama tren turun dapat menandakan tekanan jual yang kuat dan mengkonfirmasi tren bearish. Selain itu, ketika sinyal perdagangan lain disertai dengan volume yang kuat, biasanya sinyal tersebut dianggap lebih dapat diandalkan.

Bagaimana Menafsirkan Volume Perdagangan

Pengguna dapat memantau volume perdagangan di bursa, seperti Crypto.com Exchange , dan mencari peningkatan volume selama tren turun. Volume yang lebih tinggi selama tren turun dapat mengkonfirmasi tren turun.

9. Volume Saldo (OBV)

Indikator volume on-balance (OBV) adalah alat berbasis volume kumulatif yang membantu pedagang mengidentifikasi tren dengan mengukur tekanan beli dan jual. Ini bisa sangat berguna dalam pasar bearish untuk mengkonfirmasi tren turun atau melihat potensi pembalikan tren.

Cara Menghitung dan Menafsirkan OBV

OBV dihitung dengan menjumlahkan volume pada hari naik dan mengurangi volume pada hari turun. Di pasar bearish, carilah OBV bergerak searah dengan harga, yang mengkonfirmasi tren turun. Jika OBV mulai menyimpang dari harga, ini bisa menandakan potensi pembalikan tren.

10. Indeks Arah Rata-rata (ADX)

Indeks arah rata-rata (ADX) adalah indikator yang mengukur kekuatan tren pasar. Ini dapat membantu pedagang mengidentifikasi tren penurunan yang kuat dan potensi peluang perdagangan.

Cara Menghitung dan Menafsirkan ADX

ADX dihitung menggunakan rata-rata nilai indeks pergerakan terarah (DMI) (berdasarkan harga tertinggi dan terendah sebelumnya) selama periode tertentu, biasanya 14 hari. Nilai ADX di atas 25 menunjukkan tren kuat, sedangkan nilai di bawah 20 menunjukkan tren lemah.

Di pasar yang bearish, perkirakan ADX naik di atas 25, menandakan tren turun yang kuat dan potensi peluang penjualan.

Cara Berdagang di Bursa Crypto.com

Crypto.com Exchange menyediakan alat pembuatan grafik canggih dan berbagai indikator perdagangan kripto yang dapat digunakan untuk membuat keputusan perdagangan. Untuk memulai, cukup daftar akun, selesaikan proses KYC , dan danai akun dengan mata uang kripto atau mata uang fiat pilihan.

Kesimpulan

Indikator perdagangan kripto yang bearish dapat memberikan wawasan berharga tentang kondisi pasar. Dengan memahami indikator-indikator ini dan pengukuran lainnya, pengguna dapat mengambil keputusan yang lebih baik saat mengikuti pergerakan pasar. Ingat, selalu lakukan penelitian menyeluruh dan uji tuntas sebelum mengambil keputusan perdagangan apa pun.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dengan Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, harap pastikan bahwa Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis .

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

crypto

cryptocurrencies

Exchange

Market

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens