Apa yang dimaksud dengan Centralized Exchange (CEX)?

Bursa terpusat memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual mata uang kripto dengan fiat atau mata uang kripto. Pelajari cara kerjanya dalam artikel ini.

Feb 10, 2023
|

Apa itu Cex Otp

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Bursa terpusat (CEX) adalah sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual mata uang kripto dengan mata uang fiat atau mata uang kripto lainnya.
  • Manfaat CEX termasuk kemudahan penggunaan, berbagai macam aset, likuiditas yang dalam, dan dukungan pelanggan yang tersedia.
  • Tantangan dari bursa terpusat termasuk tuntutan keamanan tingkat lanjut, kepercayaan yang diperlukan dalam platform, dan potensi batasan peraturan tergantung pada yurisdiksi pengguna.

Apa yang dimaksud dengan Centralized Exchange (CEX)?

Bursa terpusat (CEX) adalah sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual mata uang kripto dengan mata uang fiat tradisional atau mata uang kripto lainnya. CEX bertindak sebagai perantara antara pembeli dan penjual, menampung dana pengguna dan memfasilitasi transaksi.

Bursa terpusat, seperti Crypto.com Exchange, sangat populer karena menawarkan berbagai macam produk dan fitur. Bursa ini juga biasanya memiliki likuiditas yang tinggi, yang berarti pengguna dapat membeli dan menjual mata uang kripto dengan cepat dan mudah. Selain itu, banyak bursa terpusat yang mengizinkan pengguna untuk membeli mata uang kripto menggunakan mata uang fiat, dan juga mengizinkan offramp fiat; fitur-fitur ini biasanya tidak ditawarkan oleh bursa terdesentralisasi(DEX) sebagai perbandingan.

Pelajari cara berdagang di Bursa Crypto.com di sini.

Manfaat CEX

Kemudahan Penggunaan

Bursa terpusat cenderung lebih mudah digunakan daripada bursa terdesentralisasi karena mereka menawarkan antarmuka yang mudah digunakan bersama dengan dukungan pelanggan, yang cenderung tidak ditawarkan oleh bursa terdesentralisasi.

Ragam Aset

Bursa tersentralisasi cenderung menawarkan variasi aset yang lebih luas daripada bursa terdesentralisasi, yang mencakup lebih banyak pasangan perdagangan. Hal ini dapat bermanfaat bagi para trader, karena memungkinkan mereka untuk mendiversifikasi portofolio mereka dan berpotensi menemukan peluang baru. Bursa terpusat juga lebih cepat dalam mendaftarkan koin dan token baru yang belum tersedia di bursa terdesentralisasi.

Likuiditas

Bursa terpusat umumnya memiliki likuiditas yang lebih tinggi daripada bursa terdesentralisasi. Ini sangat penting bagi para trader yang perlu melakukan trading dalam jumlah besar atau ingin memanfaatkan peluang arbitrase. Likuiditas yang lebih tinggi berarti bahwa spread minimal antara pasangan perdagangan, yang merupakan hal yang dicari oleh pengguna saat memilih bursa terpusat, karena memastikan bahwa perdagangan terjadi dengan cepat pada harga pasar yang adil.

Layanan Pelanggan

Bursa terpusat cenderung menawarkan dukungan pelanggan yang lebih baik daripada bursa terdesentralisasi, yang cenderung tidak menawarkan dukungan pelanggan secara individual. CEX membantu menjawab pertanyaan atau menyelesaikan masalah melalui obrolan atau email, selain halaman informasi dan FAQ.

Secara keseluruhan, memilih antara bursa terpusat dan bursa terdesentralisasi bergantung pada kebutuhan dan prioritas individu. Beberapa orang lebih memilih bursa terdesentralisasi tanpa kustodian, sementara yang lain menghargai kemudahan penggunaan dan likuiditas bursa terpusat.

Tantangan CEX

Tuntutan Keamanan Tingkat Lanjut

Banyak bursa terpusat yang menyimpan dana pengguna dalam satu dompet, menjadikannya target peretas. Jika sebuah bursa diretas, para penyerang mungkin dapat mencuri dana pengguna, yang dapat mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan. Saat memilih bursa, DYOR tentang bagaimana dan di mana bursa menyimpan dana.

Crypto.com menyimpan dana pengguna di berbagai lokasi, termasuk akun offline cold storage. Pelajari lebih lanjut tentang fitur keamanan terkemuka di industri Crypto.com di sini.

Kepercayaan

Tantangan lain bagi CEX adalah bursa yang mengalami hal serupa dengan bank run. Jika sebuah bursa tidak dapat membayar hutangnya atau bangkrut, pengguna dapat kehilangan akses ke dana mereka. Periksa apakah bursa mengungkapkan Proof of Reserves (PoR) publik yang membuktikan bahwa mereka masih menyimpan dana.

Crypto.com baru-baru ini menerbitkan PoR-nya, yang memungkinkan pengguna untuk memverifikasi bahwa semua setoran kripto pelanggan dipegang oleh Crypto.com dengan rasio 1:1.

Pembatasan Geografis

Bergantung pada undang-undang kripto, bursa mungkin tidak dapat beroperasi atau menawarkan layanan mereka secara penuh di semua yurisdiksi. Periksa apakah bursa dapat menawarkan layanan yang diinginkan untuk negara-negara terkait.

Temukan informasi lebih lanjut tentang di mana derivatif dan perdagangan spot di Bursa Crypto.com tersedia.

Berdagang di Bursa Crypto.com

Di Bursa Crypto.com, mata uang kripto dapat diperdagangkan dengan stablecoin dan mata uang kripto lainnya. Crypto.com Exchange menawarkan kepada para pengguna kemampuan untuk memperdagangkan lebih dari 200 mata uang kripto yang berbeda dengan biaya terkemuka di pasar, dengan diskon bagi mereka yang mengunci Cronos(CRO).

Untuk memulai perdagangan di Crypto.com Exchange, daftar akun Crypto.com Exchange dan selesaikan prosedur ‘Kenali Pelanggan Anda’(KYC). Setelah disetujui, pengguna dapat menyetor kripto melalui transfer bank (di beberapa yurisdiksi) atau dari platform lain, seperti Aplikasi Crypto.com.

Berikut ini adalah pengenalan tiga perdagangan dasar untuk pemula di Bursa Crypto.com.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset kripto apa pun. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dengan Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Bursa Crypto.com, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis untuk Perdagangan Spot.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Exchange

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens