Apa Itu Token ERC-20? Semua Tentang Standar Token Terpenting Ethereum

ERC-20 adalah standar token untuk token yang dapat dipertukarkan di Ethereum. Pelajari apa itu Bitcoin dan bagaimana mata uang kripto dapat dicetak dengannya.

May 12, 2023
|

Apa itu Erc20 Otp

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • ERC-20 adalah standar teknis untuk membangun token yang dapat dipertukarkan pada blockchain Ethereum, menyediakan kerangka kerja tentang bagaimana token tersebut dibuat, diterbitkan, dan digunakan.
  • Tujuan dari standar token adalah untuk memfasilitasi interoperabilitas antara smart contract, memastikan token yang baru dicetak kompatibel dengan layanan pihak ketiga seperti bursa dan dompet.
  • Pengenalan ERC-20 memberdayakan para pengembang untuk membangun di atas Ethereum, menciptakan efek jaringan dan menjadi kekuatan pendorong di balik booming ICO pada tahun 2017 yang menciptakan ratusan token baru.

Apa yang dimaksud dengan ERC-20?

Dalam dunia standar token, ERC-20 adalah yang tertinggi. Diusulkan pada tahun 2015 oleh Fabian Vogelsteller, salah satu pendiri Ethereum, ini adalah standar teknis untuk membuat token yang dapat dipertukarkan pada blockchain Ethereum. ‘ERC’ adalah singkatan dari ‘Ethereum Request for Comments’ dan ’20’ adalah nomor yang ditetapkan untuk proposal khusus ini, yang mendefinisikan seperangkat aturan tentang bagaimana token harus dibuat, diterbitkan, dan digunakan.

Token yang dapat dipertukarkan tidak dapat dibedakan satu sama lain dan dapat dipertukarkan kapan saja. Banyak token yang menggunakan standar ERC-20, yang telah menjadi kekuatan pendorong seluruh ekosistem Ethereum, membentuk ratusan ribu kontrak di jaringan.

Apa Itu Standar Token?

Standar token adalah kategori parameter smart contract, yang menjabarkan panduan tingkat aplikasi tentang bagaimana smart contract berfungsi pada blockchain yang mendasarinya. Standar token secara lebih spesifik membahas parameter seperti pasokan token, persetujuan transaksi, dan aksesibilitas data token.

Tujuan dari standar token adalah untuk memfasilitasi interoperabilitas, memastikan bahwa token yang baru dicetak dapat ditukarkan dengan token lain yang memiliki standar yang sama dan kompatibel dengan layanan pihak ketiga seperti bursa dan dompet. Dengan kata lain, ERC-20 memastikan bahwa pengguna dapat membeli, menukar, dan HODL banyak mata uang kripto yang dibuat berdasarkan standar ini. Tanpa kerangka kerja ini, pengembang akan membuat token menggunakan basis kode dan toolkit unik yang tidak dapat berinteraksi satu sama lain atau protokol dengan cara yang dapat diprediksi.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang standar token lainnya, seperti ERC-721 untuk NFT, lihat Artikel Universitas.

10 Token ERC-20 Teratas yang Perlu Diketahui

Meskipun ada ratusan ribu token ERC-20, ada beberapa yang lebih menonjol dari yang lain. Berikut ini beberapa yang paling populer saat ini:

Menambatkan (USDT) USDT dipatok ke dolar AS dan saat ini merupakan stablecoin paling populer di pasar.
Koin USD (USDC)USDC adalah stablecoin dolar AS yang dijaminkan sepenuhnya dan didukung oleh Ethereum dan dibuat bersama oleh Circle dan Coinbase.
Poligon (MATIC) MATIC adalah platform penskalaan yang memungkinkan pengembang untuk membangun dapps yang aman, dapat diskalakan, dan mudah digunakan dengan biaya transaksi yang rendah.
Shiba Inu (SHIB)SHIB adalah sebuah eksperimen dalam pembangunan komunitas yang terdesentralisasi, di mana pasokan satu kuadriliun sengaja dibuat berlimpah.
Uniswap (UNI) UNI adalah token tata kelola untuk Uniswap, sebuah protokol untuk menukar token ERC-20 dengan cara penyediaan likuiditas otomatis.
Cronos (CRO) CRO adalah token asli dari Cronos, sebuah blockchain publik bersumber terbuka dan hemat energi dengan kecepatan transaksi yang tinggi dan biaya yang rendah.
Tautan Rantai (LINK) LINK mendukung Chainlink, salah satu jaringan pertama yang memungkinkan integrasi data off-chain ke dalam smart contract.
Dai (DAI)DAI adalah stablecoin terdesentralisasi yang didukung jaminan pada blockchain Ethereum yang dipatok ke dolar AS.
ApeCoin (APE) APE mendukung lapisan protokol terdesentralisasi untuk inisiatif yang dipimpin oleh komunitas yang mendorong budaya ke dalam Metaverse.
Bitcoin yang Dibungkus (WBTC)WBTC adalah token ERC-20 yang didukung 1:1 oleh Bitcoin, membawa likuiditas BTC ke dalam ekosistem Ethereum.
Menambatkan (USDT) Koin USD (USDC)
USDT dipatok ke dolar AS dan saat ini merupakan stablecoin paling populer di pasar.USDC adalah stablecoin dolar AS yang dijaminkan sepenuhnya dan didukung oleh Ethereum dan dibuat bersama oleh Circle dan Coinbase.
Menambatkan (USDT) Poligon (MATIC)
USDT dipatok ke dolar AS dan saat ini merupakan stablecoin paling populer di pasar.MATIC adalah platform penskalaan yang memungkinkan pengembang untuk membangun dapps yang aman, dapat diskalakan, dan mudah digunakan dengan biaya transaksi yang rendah.
Menambatkan (USDT) Shiba Inu (SHIB)
USDT dipatok ke dolar AS dan saat ini merupakan stablecoin paling populer di pasar.SHIB adalah sebuah eksperimen dalam pembangunan komunitas yang terdesentralisasi, di mana pasokan satu kuadriliun sengaja dibuat berlimpah.
Menambatkan (USDT) Uniswap (UNI)
USDT dipatok ke dolar AS dan saat ini merupakan stablecoin paling populer di pasar.UNI adalah token tata kelola untuk Uniswap, sebuah protokol untuk menukar token ERC-20 dengan cara penyediaan likuiditas otomatis.
Menambatkan (USDT) Cronos (CRO)
USDT dipatok ke dolar AS dan saat ini merupakan stablecoin paling populer di pasar.CRO adalah token asli dari Cronos, sebuah blockchain publik bersumber terbuka dan hemat energi dengan kecepatan transaksi yang tinggi dan biaya yang rendah.
Menambatkan (USDT) Tautan Rantai (LINK)
USDT dipatok ke dolar AS dan saat ini merupakan stablecoin paling populer di pasar.LINK mendukung Chainlink, salah satu jaringan pertama yang memungkinkan integrasi data off-chain ke dalam smart contract.
Menambatkan (USDT) Dai (DAI)
USDT dipatok ke dolar AS dan saat ini merupakan stablecoin paling populer di pasar.DAI adalah stablecoin terdesentralisasi yang didukung jaminan pada blockchain Ethereum yang dipatok ke dolar AS.
Menambatkan (USDT) ApeCoin (APE)
USDT dipatok ke dolar AS dan saat ini merupakan stablecoin paling populer di pasar.APE mendukung lapisan protokol terdesentralisasi untuk inisiatif yang dipimpin oleh komunitas yang mendorong budaya ke dalam Metaverse.
Menambatkan (USDT) Bitcoin yang Dibungkus (WBTC)
USDT dipatok ke dolar AS dan saat ini merupakan stablecoin paling populer di pasar.WBTC adalah token ERC-20 yang didukung 1:1 oleh Bitcoin, membawa likuiditas BTC ke dalam ekosistem Ethereum.

Pengguna dapat dengan mudah melacak semua token ERC-20 di Harga Crypto.com halaman Harga.

Bagaimana Cara Kerja Token ERC-20?

Untuk token ERC-20, interoperabilitas satu sama lain dan layanan pihak ketiga, seperti Aplikasi Crypto.com dan MetaMask, dicapai melalui implementasi antarmuka pemrograman aplikasi (API). Hal ini memungkinkan pengembang untuk mengambil data on-chain tentang token dan menggunakan data tersebut untuk memicu fungsi tertentu dalam smart contract mereka.

API menguraikan enam fitur utama yang harus dimiliki token ERC-20:

  1. Data tentang total persediaan token.
  2. Data saldo token dalam dompet Ethereum.
  3. Fungsionalitas yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer kepemilikan token ke pengguna lain.
  4. Fungsionalitas yang memungkinkan kontrak pintar untuk mentransfer token atas nama pemilik.
  5. Fungsionalitas yang menetapkan batas jumlah token yang dapat ditarik oleh smart contract.
  6. Fungsionalitas yang memberikan izin kepada alamat eksternal untuk membelanjakan token dari saldo tertentu.

Bagaimana ERC-20 Menjadi Standar Emas untuk Token Kripto

Sebelum standar ERC-20 diperkenalkan, tidak ada bahasa yang umum digunakan oleh para pengembang ketika membuat token di Ethereum. Ini berarti bahwa mereka perlu membangun proyek dari bawah ke atas, serta jembatan blockchain khusus untuk menukar token apa pun – keduanya membutuhkan pengetahuan teknis.

Dengan menurunkan penghalang masuk untuk membangun di atas Ethereum, ERC-20 memberdayakan para pengembang dan memberi mereka kepercayaan diri karena mengetahui bahwa proyek mereka akan dapat dioperasikan dengan ribuan token dan layanan, menciptakan efek jaringan.

Selain itu, dasar yang dapat dipertukarkan dari standar token ERC-20 sangat cocok untuk mata uang digital, yang merupakan kasus penggunaan teknologi blockchain yang menonjol. Token ERC-20 juga dapat disesuaikan untuk menyertakan utilitas bagi pemiliknya, seperti hak suara dan mekanisme penghargaan.

Faktor-faktor di atas telah membuat token ERC-20 melonjak dalam popularitas, membuka jalan bagi ledakan penawaran koin perdana (ICO) yang dimulai pada tahun 2017. Dengan miliaran dolar yang terkumpul, generasi baru proyek diluncurkan selama waktu itu – dengan banyak yang menjadi pilar ruang cryptocurrency.

Cara Membeli Token ERC-20 di Crypto.com

Di Aplikasi Crypto.com, pengguna dapat dengan mudah membeli token ERC-20 dan 250 lebih koin lainnya menggunakan kartu kredit/debit, Apple Pay, Google Pay, atau lebih dari 20 mata uang fiat yang ditransfer dari rekening bank mereka. Untuk melakukannya, ketuk ‘Beli’ dari Layar Beranda, lalu pilih token yang akan dibeli dan metode pembayaran.

Kunjungi Pusat Bantuan untuk informasi lebih lanjut, dan unduh Aplikasi Crypto.com di sini.

Kata Penutup – Akankah ERC-20 Mempertahankan Standar Emasnya?

Standar token asli Ethereum, ERC-20 telah memainkan peran integral dalam pertumbuhan proyek-proyek blockchain – tidak hanya untuk jaringan Ethereum, tetapi juga seluruh ekosistem kripto. Adopsi yang meluas telah membuka gerbang bagi para pengembang untuk membangun produk keuangan terdesentralisasi (DeFi), game, bursa, dan banyak lagi di sekitar standarnya, memperluas kemungkinan teknologi terdesentralisasi.

Sejak diperkenalkannya ERC-20, standar token lain telah dikembangkan sebagai alternatif atau perbaikan. Yang paling menonjol antara lain:

  • ERC-777: Mirip dengan ERC-20, standar token ini mendefinisikan parameter untuk token yang dapat dipertukarkan, dengan beberapa perbedaan. Khususnya, ‘kompatibilitas ke belakang’ memungkinkan token-token ini untuk terhubung dengan dompet yang lebih tua dan memanfaatkan ekosistem Ethereum yang lebih luas.
  • ERC-721: Berbeda dengan ERC-20, ERC-721 adalah standar untuk token unik yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) yang dibuat pada blockchain Ethereum. Kasus penggunaan mencakup aset yang tidak dapat dipertukarkan seperti karya seni digital, properti fisik, dan kunci akses.
  • ERC-1155: Standar multi-token ini menggabungkan fondasi ERC-20 dan ERC-721, yang berarti token ERC-1155 dapat berupa fungible, non-fungible, atau keduanya.

Bagi mereka yang tertarik untuk memahami standar token dari ekosistem blockchain lainnya, artikel Universitas ini memiliki semua informasinya.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

coins & tokens

Ethereum

token standards

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens