Bagaimana Cara Kerja Penambangan Bitcoin? 

Bitcoin bisa ditambang untuk mendapatkan reward BTC – berikut ini cara kerja prosesnya secara detail.

Oct 27, 2023
|

Gambar 13

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Bitcoin dibuat melalui proses yang disebut ‘penambangan‘, di mana para penambang diharuskan untuk memecahkan teka-teki matematika yang rumit; sebagai imbalannya, mereka diberi imbalan bitcoin baru.
  • Dalam sistem ini, yang disebut Proof of Work (PoW), setiap orang yang memiliki komputer dan pengaturan yang tepat dapat menjadi penambang untuk memvalidasi dan mencatat transaksi dengan penambang lain.
  • Mining farm adalah gudang berskala industri yang penuh dengan peralatan pertambangan dengan tujuan untuk menambang mata uang kripto.
  • Setiap 210.000 blok, atau kira-kira setiap empat tahun, imbalan penambangan Bitcoin akan berkurang setengahnya.
  • Karena imbalan penambangan secara bertahap berkurang untuk Bitcoin, ada jenis insentif lain untuk penambang yang memverifikasi transaksi: biaya jaringan.
  • Karena Bitcoin semakin sulit ditambang, dan imbalan menambang berkurang setengahnya, banyak orang mungkin merasa kurang tertarik untuk mencoba menambang bitcoin.

Apa Itu Penambangan Bitcoin?

Bitcoin dibuat melalui proses yang disebut ‘penambangan‘, di mana para penambang diharuskan untuk memecahkan teka-teki matematika yang rumit sebelum mereka dapat menambahkan transaksi baru ke dalam blockchain. Sebagai imbalannya, mereka diberi hadiah bitcoin baru.

Dalam sistem ini, yang disebut Proof of Work (PoW), setiap orang yang memiliki komputer dan pengaturan yang tepat dapat menjadi penambang untuk memvalidasi dan mencatat transaksi dengan penambang lain.

Penyesuaian Waktu Blok dan Tingkat Kesulitan

Penting bagi sistem untuk menjaga kecepatan yang relatif konstan terlepas dari berapa banyak penambang yang aktif, tetapi sulit untuk memprediksi berapa banyak penambang yang akan bergabung.

Bitcoin menggunakan mekanisme yang disebut ‘penyesuaian kesulitan’ untuk menjaga kecepatan penambangan tetap konstan, sekitar 10 menit per blok. ‘Kesulitan’ disesuaikan setiap dua minggu, dengan mempertimbangkan kekuatan hash yang ada (jumlah penambang) di masa lalu. Jika kekuatan hash tidak mencukupi (yaitu, waktu blok rata-rata lebih lama dari 10 menit), tingkat kesulitan akan diturunkan. Sebaliknya, jika kekuatan hash terlalu tinggi (yaitu, waktu blok rata-rata lebih cepat dari 10 menit), tingkat kesulitannya akan meningkat.

Bagaimana Penyesuaian Tingkat Kesulitan Ditentukan?

Protokol Bitcoin mengharuskan para penambang untuk berkompetisi satu sama lain untuk memecahkan ‘teka-teki kriptografi’ (yang disebut Proof of Work), dan pemenangnya mengusulkan blok baru untuk blockchain.

Teka-teki kriptografi dipecahkan dengan menyesuaikan nonce (angka acak acak 32-bit) sehingga hash blok lebih kecil dari hash target (nilai yang lebih kecil dari 256 bit).

Teka-Teki Kriptografi 17 Mei

Penambang harus menemukan sebuah nonce sehingga hash dari blok tersebut kurang dari atau sama dengan hash target yang ditentukan oleh jaringan. Jika hash berada di bawah target, maka penambang menang dan mendapatkan hadiah penambangan. Jika tidak, penambang akan mengubah nonce dan mencoba lagi. Semakin banyak kekuatan hash dalam jaringan, semakin kecil hash target. Target hash yang lebih kecil berarti lebih sulit bagi penambang untuk menemukan nonce yang tepat untuk membuat blok hash yang lebih kecil dari target hash.

Sebagai contoh, bayangkan komputer secara acak memilih angka antara 1 dan 100. Probabilitas menemukan angka di bawah 10 adalah 10%, tetapi probabilitas menemukan angka di bawah 50 adalah 50%. Ini adalah bagaimana jaringan Bitcoin melakukan penyesuaian kesulitan.

Apa Itu Hashrates dalam Penambangan Bitcoin?

Dari bagian sebelumnya, kita telah melihat mengapa kekuatan hash penting dan bagaimana hal ini terkait dengan waktu blok dan penyesuaian tingkat kesulitan. Kekuatan hash diukur dengan hashrate.

Hashrate

Hash adalah ukuran jumlah operasi hash yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Hal ini bervariasi, tergantung pada perangkat keras yang terlibat.

Sebagai contoh, jika seorang penambang memiliki perangkat yang menghasilkan hashrate 30 MHz, maka ada 30 juta hash per detik (hash adalah satu konversi dari satu keadaan ke keadaan lainnya – atau, untuk menyederhanakan, satu perhitungan). Jadi, Graphics Processing Unit (GPU) yang menghasilkan hashrate 30MHz menghasilkan 30 juta perhitungan per detik.

Penghitungan hashrate

Semakin tinggi hashrate, semakin besar kemungkinan penambang akan memecahkan blok dan mendapatkan reward blok. Probabilitas seorang penambang untuk memecahkan blok dapat diperkirakan secara kasar dengan rumus berikut ini:

P = X / Y

Dimana:

P = probabilitas untuk memecahkan sebuah blok

X = tingkat hash penambang

Y = total hashrate jaringan, yang merupakan total hashrate dari semua penambang yang sedang menambang

Peternakan pertambangan

Mining farm adalah gudang berskala industri yang penuh dengan peralatan pertambangan dengan tujuan untuk menambang mata uang kripto. Dengan ribuan GPU dan Application-Specific Integrated Circuits (ASIC), kekuatan hashing secara keseluruhan jauh lebih besar dibandingkan dengan satu perangkat keras penambangan. Hal ini dirancang untuk meningkatkan kemungkinan blok akan terpecahkan dan hadiah diperoleh.

Bagaimana Cara Menghitung Imbalan Menambang Bitcoin?

Reward penambangan adalah kompensasi (dalam bentuk bitcoin yang baru dibuat) yang dihasilkan oleh sistem untuk membayar pekerjaan yang dilakukan oleh para penambang, yang bersaing satu sama lain dalam jaringan untuk memecahkan teka-teki kriptografi yang diperlukan untuk menambang blok baru untuk mendapatkan reward. Oleh karena itu, semakin besar hashrate, semakin tinggi peluang untuk menerima reward penambangan, yang saat ini adalah 6,25 BTC per blok untuk Bitcoin.

Untuk meningkatkan laba atas investasi (ROI), perusahaan tambang dan individu sering kali perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar di awal untuk membeli perangkat keras dan listrik guna meningkatkan peluang keberhasilan penambangan. Dengan peningkatan drastis pada total hashrate jaringan Bitcoin, hampir tidak mungkin bagi seseorang untuk menambang bitcoin sendirian karena sumber daya yang terbatas.

Namun, mining pool memungkinkan setiap orang untuk mengumpulkan sumber daya bersama dan berkontribusi pada penambangan yang dialihdayakan. Dengan cara ini, mining pool mendapatkan lebih banyak sumber daya untuk bersaing satu sama lain, dan setiap individu berbagi imbalan secara proporsional sesuai dengan hashrate mereka. Hal ini mengurangi probabilitas yang rendah dan biaya di muka yang tinggi yang mungkin mereka hadapi ketika menambang sendiri.

Pembagian Separuh Bitcoin: Setengah dari Imbalan Penambangan

Setiap 210.000 blok, atau kira-kira setiap empat tahun, imbalan penambangan Bitcoin akan berkurang setengahnya. Pada awalnya, hadiah blok Bitcoin adalah 50 BTC. Pada tahun 2012, nilai ini berkurang setengahnya menjadi 25 BTC, dan berkurang lagi pada tahun 2016 menjadi 12,5 BTC. Pada tahun 2020, hadiah blok berkurang setengahnya lagi, menjadi 6,25 BTC saat ini, dan akan terus berkurang setengahnya hingga semua 21 juta BTC ditambang.

Baca panduan mendalam kami Apa Itu Bitcoin Halving dan Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Harga BTC?

Pasokan Token Bitcoin

Saat ini, pada saat artikel ini ditulis, terdapat lebih dari 19 juta bitcoin yang telah ditambang (dari total pasokan token sebanyak 21 juta).

Total pasokan dan pasokan aktual bitcoin sedikit berbeda karena hilangnya kunci pribadi atau kerusakan perangkat keras. Selain itu, beberapa bitcoin hilang secara permanen dan tidak dapat dipulihkan, sehingga pasokan aktual lebih kecil daripada nilai teoretis. Penemu Bitcoin, Satoshi Nakamoto, juga memiliki sejumlah besar bitcoin yang tidak tersentuh setelah menambangnya bertahun-tahun yang lalu.

Bitcoin berikutnya diperkirakan akan terjadi pada tahun 2024, dan beberapa orang memperkirakan bahwa semua bitcoin akan ditambang beberapa tahun setelah tahun 2100.

Gambar 11

Cara Lain Penambang Bitcoin Dibayar: Biaya Transaksi

Karena upah penambangan secara bertahap berkurang untuk Bitcoin dan koin lainnya yang mengadopsi mekanisme PoW, ada jenis insentif lain bagi para penambang untuk memverifikasi transaksi: biaya jaringan. Untuk koin yang bekerja di bawah konsensus PoW, pengguna harus membayar biaya jaringan untuk setiap transaksi. Biaya transaksi ini dapat bervariasi dalam kondisi lalu lintas jaringan yang berbeda dan untuk koin yang berbeda. Biaya transaksi biasanya dihitung dalam satoshi (unit terkecil bitcoin) per byte.

Biaya transaksi adalah insentif bagi para penambang untuk memverifikasi transaksi pengguna. Harap diperhatikan bahwa Anda dapat membayar biaya transaksi tanpa biaya atau dengan biaya rendah, tetapi hal ini secara signifikan menurunkan peluang transaksi untuk dimasukkan ke dalam blok berikutnya.

Kata-kata Terakhir – Apakah Penambangan Bitcoin Masih Layak?

Karena Bitcoin semakin sulit ditambang, dan imbalan menambang berkurang setengahnya, banyak orang mungkin merasa kurang tertarik untuk mencoba menambang bitcoin. Selain itu, pendatang baru harus bersaing dengan pertambangan tingkat profesional dan berinvestasi dalam rig pertambangan yang mahal agar dapat bersaing. Opsi lain untuk menerima hadiah kripto termasuk penguncian, Crypto.com Earn, dan memegang mata uang kripto.

Pelaku pasar dapat mengunduh Aplikasi Crypto.com untuk membeli Bitcoin atau mata uang kripto lainnya, mulai dari US$1.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset digital apa pun. Pengembalian atas pembelian dan penjualan aset digital dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal dan/atau pajak penghasilan, di yurisdiksi Anda atau yurisdiksi tempat Anda menjadi penduduk untuk tujuan perpajakan. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset digital bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar dari harga pembelian Anda. Saat menilai aset digital, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas sendiri untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

bitcoin

proof of work

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens